Terbit: 27 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kita tentu sepakat bahwa olahraga merupakan aktivitas fisik yang wajib dilakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan olahraga memberikan segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Selama ini kita berolahraga hanya untuk membentuk tubuh menjadi lebih ideal, serta menjadikan tubuh agar tetap sehat dan bugar setiap saat.

Selain Membuat Tubuh Bugar, Olahrga Juga dapat Mencegah Kanker

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa olahraga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya bagi tubuh? Ya, Olahraga ternyata juga bisa mencegah kanker. Seperti yang kita tahu bahwa kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya di dunia karena sudah menewaskan banyak orang. Ada beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan berolahraga. Apa saja jenis kanker tersebut? Simak berikut ini.

1. Kanker Payudara

Jenis kanker ini umumnya lebih banyak menyerang kaum wanita. Penyebabnya adalah pola hidup yang kurang sehat. Dengan berolahraga, kanker payudara bisa dicegah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas fisik seperti olahraga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pada payudara dengan cara menurunkan kadar hormon dan mengatur kadar insulin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Kanker Prostat

Banyak pria yang mengeluh akibat terserang jenis kanker ini. Kanker prostat bisa menyerang pria yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan malas berolahraga. Sebuah studi menemukan fakta bahwa seorang pria yang rajin berolahraga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat ketimbang pria yang malas berolahraga. Jadi, bisa disimpulkan bahwa olahraga mampu mencegah adanya penyakit kanker prostat.

3. Kanker Paru-Paru

Seperti yang kita tahu bahwa paru-paru merupakan organ tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Jika tidak ada paru-paru maka manusia tidak akan bisa bernapas. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya hal itu sehingga tidak sedikit orang yang menderita kanker paru-paru. Padahal, kanker paru-paru bisa dicegah dengan cara rutin berolahraga. Sebab, hasil studi menunjukkan bahwa seseorang yang rajin berolahraga dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sebesar 20 persen.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi