Kalkulator Masa Subur Wanita – Kalkulator Penghitung Ovulasi

Banyak wanita penasaran dengan kalender masa subur mereka, terutama jika wanita tersebut bersama pasangannya merencanakan untuk memiliki keturunan. Anda tentunya tahu, bahwa tidak semua hubungan intim di setiap waktu dapat memberikan hasil yang diinginkan, yaitu membuat seorang wanita hamil atau memiliki keturunan. Maka dari itu, jika Anda adalah seorang wanita, Anda perlu untuk mengecek masa subur Anda dengan menggunakan kalender masa subur atau kalkulator masa subur wanita.

Sebenarnya, menghitung masa subur dengan menggunakan kalender masa subur manual bisa menjadi salah satu cara untuk menentukan kapan waktu berhubungan intim yang tepat agar mendapatkan keturunan. Namun, kalender masa subur manual memerlukan ketelitian dari seseorang yang sedang menghitung masa subur tersebut, serta harus rajin untuk menandai masa subur setiap bulannya.

Maka dari itu, salah satu alternatif untuk menggantikan fungsi kalender masa subur adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur wanita. Di bawah ini, Anda bisa menggunakan kalkulator masa subur wanita yang juga dilengkapi dengan kalender masa subur. Sangat lengkap bukan?

Cara penggunaan kalkulator masa subur di bawah ini juga sangat mudah. Maka dari itu, silakan untuk menggunakan kalkulator perkiraan masa subur wanita di bawah ini untuk merencanakan kehamilan.

Kalkulator Masa Subur Wanita

Apabila Anda ingin mempunyai anak, kalkulator masa subur ini akan sangat membantu Anda menentukan kapan saat tepat untuk anda berhubungan intim dengan suami. Selain itu dapat juga digunakan untuk sebaliknya apabila Anda belum ingin mempunyai anak dengan cara menghindari berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi karena kemungkinan hamil pada saat ovulasi terjadi sangat tinggi. Sebab kalkulator ini disertai dengan kalender masa subur.

Kondisi Anda akan sangat subur pada hari sebelum dan setelah ovulasi. Ovulasi adalah peristiwa pelepasan sel telur yang menandai bahwa wanita sedang berada dalam masa subur, serta memiliki kecenderungan yang tinggi untuk berpotensi memiliki keturunan.

Namun, yang perlu diingat sperma mempunyai daya tahan sampai dengan 7 hari. Sehingga terkadang kehamilan tidak terjadi secara langsung pada hari itu juga. Yang terpenting, jika Anda ingin memiliki keturunan, Anda dan pasangan harus merencanakan untuk berhubungan intim di saat sedang berada dalam masa subur.

Pada umumnya satu siklus menstruasi atau “datang bulan” adalah 28 hari. Sekalipun begitu pada beberapa wanita lamanya dapat bervariasi mulai dari 22 hari hingga 36 yang bergantung pada banyak variable (kegiatan, jenis makanan, kondisi fisik dan psikis).

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama terjadi hingga satu hari hari sebelum menstruasi berikutnya. Sebagai contohnya menstruasi terjadi pada tanggal 1 Oktober 2019 dan menstruasi bulan berikutnya adalah 29 Oktober 2019, maka berarti siklus menstruasi Anda selama 28 hari. Tetapi apabila menstruasi Anda tidak mempunyai lama siklus yang tepat ada baiknya Anda mencoba mengamati selama 3 bulan dan mengambil rata-rata siklus menstruasi Anda.

Kalkulator masa subur wanita ini juga dilengkapi dengan prediksi kapan Anda akan melahirkan apabila anda berhubungan intim pada saat ovulasi terjadi. Perencanaan kehamilan dengan menggunakan kalkulator masa subur ini memberikan hasil analisis yang lengkap.

Namun, bagaimana pun, perlu diingat kalkulator ini hanya saran dari perhitungan teknikal yang pada umumnya sehingga terkadang hasil yang ada berbeda dengan kenyataannya. Tidak ada salahnya Anda mencoba, tetapi hasil yang aktual bisa saja berbeda untuk masing-masing pengguna kalkulator masa subur wanita.

Di bawah ini adalah kalkulator masa subur wanita yang bisa Anda coba untuk mulai merencanakan kehamilan.