DokterSehat selalu memberikan info kesehatan yang akurat berdasarkan tren dan kebutuhan informasi masyarakat. Ini membuat DokterSehat bisa dijadikan sebagai sumber informasi kesehatan yang dapat diandalkan.

Kami paham jika ada banyak istilah kesehatan yang sulit dimengerti, sehingga tim editorial DokterSehat selalu berusaha menyajikan artikel kesehatan yang mudah dipahami dan berguna bagi pembaca.
Artikel kesehatan yang dimuat di situs DokterSehat telah melalui beberapa tahapan pemeriksaan isi konten untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan sudah akurat.

Perlu ditekankan bahwa semua informasi yang dimuat di situs DokterSehat hanya bersifat informasi dan tidak bisa digunakan sebagai acuan pengganti konsultasi atau tindakan medis. Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan berlisensi jika mengalami masalah kesehatan atau membutuhkan bantuan medis.

I. Kriteria Konten DokterSehat

Setiap informasi kesehatan yang dimuat di DokterSehat akan melalui proses pemeriksaan oleh tim dokter yang pastinya memiliki izin praktik. Langkah ini dilakukan untuk menyesuaikan bahasa medis hingga memastikan keakuratan data. Tahap selanjutnya, artikel kesehatan akan diperiksa oleh editor untuk mengoreksi tulisan, tanda baca, dan gaya bahasa.

Kriteria konten yang diproduksi dan dimuat oleh DokterSehat terdiri dari:

I.I. Relevan

Semua yang dimuat di situs DokterSehat adalah topik kesehatan yang mencakup berita kesehatan, pembahasan gejala hingga saran mengenai cara mengatasi kondisi medis, peluncuran hingga penarikan obat-obatan, pengobatan herbal, penerapan gaya hidup sehat, dan sejenisnya.

I.II. Akurat

Info kesehatan yang dimuat DokterSehat berasal dari berbagai literatur medis yang terpercaya. Tim editorial DokterSehat selalu menggunakan lebih dari satu sumber untuk memastikan akurasi informasi, bahkan melakukan wawancara kepada sumber terkait apabila diperlukan. Setelah berbagai sumber diolah menjadi artikel kesehatan, maka tim dokter kami akan mengecek isi informasinya.

I.III. Berimbang

Tim editorial DokterSehat tidak akan membuat konten yang berpihak kepada salah satu pihak. Setiap konten berasal dari berbagai sumber dan selalu dibuat berimbang. DokterSehat tidak pernah menyarankan untuk menggunakan sebuah produk atau menggiring opini pembaca untuk tidak menggunakan produk tertentu.

I.IV. Mengikuti Tren

DokterSehat selalu berupaya mengikuti tren atau isu yang sedang berkembang di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan info kesehatan terkini agar pembaca bisa mendapatkan sumber informasi yang akurat.

I.V. Mudah Dipahami

Semua info kesehatan yang dimuat DokterSehat menggunakan bahasa Indonesia dengan memerhatikan kaidah PUEBI dan EYD. Kami sadar bahwa ada banyak istilah kesehatan yang sulit dipahami, sehingga tim editorial kami selalu berusaha mengemas artikel kesehatan dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca.

II. Kebijakan untuk Tim Editorial DokterSehat

DokterSehat memiliki kebijakan untuk tim editorial agar setiap artikel kesehatan yang dimuat selalu berkualitas dan akurat, sehingga dapat diandalkan sebagai sumber informasi kesehatan.

Kebijakan untuk tim editorial DokterSehat terdiri dari:

  • Artikel kesehatan yang diproduksi menggunakan bahasa Indonesia dengan memerhatikan kaidah PUEBI dan EYD dan wajib diolah sedmikian rupa agar mudah dimengerti pembaca umum.
  • Tim editorial DokterSehat bertanggung jawab memberikan info kesehatan yang akurat, objektif, berimbang, dan dibutuhkan oleh pembaca.
  • Setiap artikel yang ditulis oleh tim editorial menggunakan berbagai sumber yaitu jurnal kesehatan, konferensi kesehatan, hasil wawancara dengan narasumber, hingga arahan dari tim dokter. Semua sumber wajib dicantumkan di bagian akhir artikel.
  • Setiap info kesehatan yang dibuat oleh tim editorial wajib ditinjau oleh tim dokter dan dilakukan pengeditan jika diperlukan. Nama dokter pun wajib dicantumkan di dalam artikel.
  • Tim editorial DokterSehat wajib menjaga idealisme, sehingga konten yang dibuat tidak memihak kepada siapapun.
  • Tim editorial DokterSehat wajib meninjau ulang setiap informasi kesehatan yang dibuat
    sebelum dan setelah dimuat.
  • Di dalam informasi kesehatan yang ditulis wajib memberikan link artikel kesehatan DokterSehat lainnya untuk menjadi referensi tambahan bagi pembaca.
  • Tim editorial DokterSehat tidak menyarankan pembaca untuk menggunakan produk tertentu dan mempromosikan suatu produk di dalam artikel kesehatan yang ditulis.

III. Konten Iklan (Advertorial)

DokterSehat menerima kerja sama dengan perusahaan lain untuk mempromosikan produk kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Konten iklan yang dimuat di DokterSehat tidak tunduk terhadap kebijakan editorial. Bahan promosi yang masuk hanya dilakukan peninjauan tata bahasa oleh tim editorial dan tidak melalui pengecekan oleh tim dokter. Berkaitan dengan isi konten promosi yang dimuat di DokterSehat, pembaca perlu melakukan verifikasi langsung kepada pihak pemasang iklan.

IV. Hak Cipta Konten

Semua konten orisinal yang diproduksi oleh tim Editorial DokterSehat memiliki hak cipta.

Apabila ditemukan kesamaan isi konten secara keseluruhan, maka tim Legal DokterSehat akan memberikan peringatan secara langsung kepada pihak tersebut untuk memberikan tautan kepada DokterSehat atau menghapus konten tersebut dalam jangka waktu maksimal 30 hari. Jika pihak tersebut tidak menanggapi atau melakukannya, maka akan ditempuh jalur hukum.

Kebijakan hak cipta ini tidak berlaku terhadap pihak atau media yang menjalin kerja sama atau memiliki kesepakatan dengan DokterSehat untuk menayangkan ulang konten DokterSehat.

V. Kebijakan Koreksi

DokterSehat akan mengoreksi konten yang sudah ditayangkan apabila ditemukan kesalahan. Kami akan segera memperbaiki semua kesalahan, termasuk kesalahan-kesalahan kecil yang terdiri dari kesalahan ejaan, tata bahasa, dan format penulisan.

Kebijakan koreksi ini hanya berlaku pada konten orisinal DokterSehat. Apabila ditemukan kesalahan pada konten yang berasal dari pihak ketiga, maka bukan tanggung jawab DokterSehat.

Apabila ditemukan kesalahan pada konten kami, segera informasikan melalui e-mail: [email protected].

 

*Kebijakan editorial ini terakhir diperbarui pada 16 Januari 2020 dan dapat berubah sewaktu-waktu.