Body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT) adalah parameter yang digunakan untuk menghitung berat badan seseorang. Melalui perhitungan ini, akan diketahui apakah berat badan Anda tergolong normal, kurang, atau berlebih.

Perlu diingat bahwa berat badan ideal setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, cara untuk tahu apakah berat badan tergolong ideal atau tidak yaitu dengan mengetahu IMT atau BMI. Selain berat badan, Anda juga harus mengetahui tinggi badan yang merupakan salah satu komponen pengukurannya.

Cara menghitung indeks massa tubuh yang praktis dan mudah salah satunya bisa menggunakan kalkulator BMI online. Anda bisa menggunakan fitur ini di manapun dan kapan pun.

Perlu menjadi catatan bahwa BMI bukanlah pengukuran yang akurat karena tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai masalah berat badan seseorang. Hasil perhitungan BMI juga tidak dapat memperhitungkan lemak dalam tubuh untuk mengukur risiko penyakit kronis.

Di sisi lain, Anda Anda dapat mengetahui informasi dasar mengenai masalah berat badan secara keseluruhan. Angka BMI bisa menjadi peringatan bagi Anda untuk menjaga berat badan normal agar hidup lebih sehat.

Cara menggunakan Kalkulator BMI DokterSehat:

  • Masukkan tinggi badan Anda (dalam satuan cm)
  • Masukkan berat badan Anda (dalam satuan kg)
  • Klik “Hitung!”
  • Hasil perhitungan BMI Anda akan muncul

Hasil perhitungan BMI akan disesuaikan dengan tinggi badan dan berat badan yang Anda masukkan ke dalam kalkulator. Selanjutnya, Anda bisa mengetahui apakah Anda tergolong kurus, ideal, gemuk, atau obesitas.

Kalkulator BMI