Terbit: 20 Maret 2018 | Diperbarui: 27 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setelah melahirkan, Anda masih perlu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah infeksi. Kondisi tubuh yang sedang berada pada masa pemulihan membuat Anda rentan terhadap infeksi.

Waspada Infeksi yang Terjadi Setelah Melahirkan

Beberapa infeksi yang sering terjadi setelah melahirkan

Infeksi postpartum atau setelah kelahiran dapat terjadi ketika persalinan, atau beberapa minggu setelah melahirkan. Karena itu Anda perlu memerhatikan gejala infeksi yang timbul dengan cermat. Dikutip dari Baby Center, beberapa infeksi yang muncul setelah melahirkan antara lain:

1. Endometritis
Endometritis adalah infeksi yang terjadi pada endometrium atau lapisan pada uterus. Anda memiliki risiko untuk mengalami endometritis jika melahirkan dengan operasi caesar dan risikonya akan lebih tinggi jika Anda sudah pernah melahirkan sebelumnya. Selain itu, ibu hamil yang mengalami proses persalinan yang lama juga memiliki risiko tinggi mengalami endometritis dibanding dengan persalinan normal melalui vagina.

2. Mastitis
Salah satu infeksi atau peradangan yang terjadi setelah melahirkan adalah mastitis. Mastitis adalah infeksi pada satu atau lebih saluran payudara. Jika tidak diatasi, mastitis dapat menjadi semakin serius dan menurunkan produksi ASI.

3. Infeksi jahitan persalinan
Baik melahirkan secara normal maupun operasi caesar, Anda punya risiko untuk menglami infeksi pada jahitan saat melahirkan. Pada ibu yang melahirkan normal, ada kemungkinan untuk mengalami infeksi pada saat dilakukan episiotomi. Sedangkan pada ibu yang melahirkan dengan operasi, beberapa di antaranya mengalami infeksi sekitar seminggu setelah melahirkan.

4. Infeksi saluran kemih
Anda lebih rentan terkena infeksi saluran kemih setelah melahirkan, terutama jika memiliki kateter di kandung kemih atau epidural.

Gejala infeksi setelah melahirkan

Umumnya infeksi ditandai dengan demam, rasa tidak enak badan dan rasa nyeri di bagian yang terkena infeksi. Pada endometritis bisa juga ditandai dengan rasa sakit di perut bagian bawah dan munculnya cairan vagina yang berbau. Sedangkan payudara yang bengkak dapat menjadi gejala mastitis yang perlu Anda waspadai.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi