Makanan Sehat

Makanan Sehat

Apa Itu Makanan Sehat?

Makanan sehat adalah makanan dengan jumlah nutrisi yang seimbang dengan kebutuhan tubuh. Makanan yang kita konsumsi mengandung sejumlah nutrisi yang mengandung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalori ini kemudian akan dibakar oleh tubuh menjadi energi.

Setiap aktivitas dalam tubuh membutuhkan energi. Tanpa energi, sel-sel dalam tubuh tidak akan dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Energi yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda, bergantung pada tingkat keaktifan orang tersebut.

Ketika kita mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka tubuh akan menyimpannya sebagai lemak. Hal ini lah yang dapat berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Sebaliknya jika kita mengonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibakar tubuh, maka kita dapat mengalami penurunan berat badan.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang setiap hari akan membantu Anda untuk menjaga berat badan ideal dan menghindarkan dari berbagai penyakit.

Menu Makanan Sehat

Makanan sehat sering kali diidentikkan dengan rasa yang tidak lezat. Hal ini tentu saja tidak benar. Anda juga dapat mendapatkan sarapan, makan malam, dan menu makan siang sehat apabila dapat memilih jenis makanan sehat dengan tepat.

Sebelum menentukan menu makanan sehat yang dibutuhkan, ketahui lebih dulu kriteria makanan sehat berikut ini:

Karbohidrat Berserat

Asupan karbohidrat yang disarankan adalah sepertiga dari keseluruhan jumlah makanan yang kita makan. Pilihan karbohidrat yang mangandung serat tinggi adalah yang terbaik karena serat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik.

Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Konsumsi 5 porsi buah sehari adalah jumlah yang disarankan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi.

Satu porsi buah setara dengan 80 gram buah segar atau 30 gram buah kering atau 150 ml jus buah/smoothie. Setiap porsi buah ini dapat dikonsumsi bersama dengan makanan utama atau dapat juga menjadi camilan sehat yang dikonsumsi di antara jam makan.

Ikan Berlemak

Ikan adalah salah satu menu makanan sehat paling direkomendasikan karena ikan merupakan sumber protein yang juga kaya vitamin dan mineral. Konsumsi dua porsi ikan dalam seminggu disarankan dan salah satu porsinya terdiri dari jenis ikan berlemak yang kaya akan omega-3.

Daging

Menu makanan sehat yang dapat dikonsumsi selanjutnya adalah daging-dagingan. Jenis daging yang paling umum dikonsumsi di Indonesia adalah daging sapi dan ayam. Daging merupakan sumber protein, vitamin B kompleks, dan mineral seperti zat besi dan zinc.

Telur

Menu makanan sehat yang juga direkomendasikan adalah telur. Kandungan telur meliputi protein, vitamin A, vitamin B12, selenium, kolin, asam folat, biotin, dan banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga dapat menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Beberapa jenis kacang memiliki kandungan serta tinggi, vitamin dan mineral. Keunggulan lain dari kacang-kacangan adalah kandungan lemaknya yang rendah.

Susu dan Olahan Susu

Susu dan olahan susu seperti keju dan yogurt adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain mengandung protein tinggi, makanan sehat ini juga dapat menjadi sumber kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Makanan Tidak Sehat

Ketika menerapkan pola makan sehat, Anda tidak hanya fokus pada konsumsi makanan sehat, tapi juga menghindari makanan tidak sehat. Sehat atau tidaknya makanan ini tentu bergantung pada kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Berikut adalah beberapa jenis kandungan makanan yang sebaiknya dihindari:

Lemak Jenuh 

Lemak adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh, tapi tidak semua jenis lemak baik untuk dikonsumsi. Secara umum lemak terbagi menjadi dua jenis yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Jenis lemak jenuh adalah yang perlu dibatasi konsumsinya karena lemak jenuh dapat menyebabkan jumlah kolesterol jahat dalam darah meningkat.

Konsumsi lemak jenuh berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Batasan lemak jenuh harian untuk pria rata-rata adalah 30 gram per hari, sedangkan untuk wanita hanya 20 gram lemak jenuh per hari.

Mengandung Terlalu Banyak Gula

Makanan tidak sehat yang perlu dihindari selanjutnya adalah makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko obesitas karena makanan dan minuman manis umumnya memiliki kalori tinggi.

Selain berpotensi meningkatkan berat badan, makanan dan minuman manis juga terbukti dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Mengandung Terlalu Banyak Garam

Makanan ketiga yang perlu dihindari adalah makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Konsumsi garam terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat menjadi pemicu penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Konsumsi garam yang disarankan per hari adalah 6 gram atau sekitar satu sendok teh. Asupan garam bukan hanya didapat dari garam yang dimasukkan ke masakan saja, tapi bisa juga berasal dari beberapa sumber makanan lain seperti sereal, roti, atau bahkan saus.

Makanan Sehat di DokterSehat

Menerapkan pola makan sehat seharusnya tidak menjadi hal yang sulit karena bahan untuk membuat menu makanan sehat juga mudah didapat. Selain itu, tersedia juga berbagai jasa jual makanan sehat atau catering sehat bagi Anda yang tidak sempat masak sendiri di rumah.

DokterSehat membantu Anda mendapatkan informasi untuk mendapatkan menu makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan makanan diet sehat Anda.