Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Katering untuk kebutuhan khusus pada kehamilan mengandung nutrisi dan zat-zat penting berikut ini:

  • Asam Folat
  • Hi-Calcium
  • Hi-Protein
  • Omega-3
  • Tidak mengandung pengawet
  • Rendah kadar garam
  • Rendah kadar gula
  • Rendah kadar lemak
  • Rendah Indeks glikemik
  • Bukan merupakan makanan proses
  • 99% bebas gluten

Paket katering dimulai dari harga Rp 890.000 – Rp 1.350.000 untuk 5 hari dan tersedia di 3 kota yaitu: Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Pentingnya Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan sehat adalah makanan yang nutrisinya seimbang dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan sehat untuk ibu hamil tentunya berbeda dengan ketika sebelum hamil karena saat kehamilan kebutuhan nutrisi akan meningkat.

Nutrisi yang didapatkan ibu hamil tidak digunakan sendiri, tapi juga dibagi dengan janin yang ada dalam kandungannya. Memerhatikan makanan yang baik untuk ibu hamil adalah hal yang wajib dilakukan karena pertumbuhan janin akan sangat bergantung pada apa yang dikonsumsi oleh ibu.

Nutrisi yang Dibutuhkan Selama Kehamilan

Selama masa kehamilan, kebutuhan setiap nutrisi meningkat selama masa kehamilan. Jika nutrisi ini tidak terpenuhi, maka perkembangan janin dapat terhambat. Berikut adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan:

Protein

Nutrisi untuk ibu hamil yang penting pertama adalah protein. Asupan protein dibutuhkan untuk membentuk sel-sel baru. Kebutuhan protein sangat penting terutama pada trimester awal kehamilan di mana sel, jaringan, dan organ janin mulai terbentuk dan berkembang.

Zat Besi

Nutrisi selanjutnya adalah zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Tanpa asupan zat besi yang cukup, ibu hamil berpotensi mengalami anemia defisiensi besi. Kondisi ini dapat memicu gangguan kehamilan dan kemungkinan kelahiran prematur.

Vitamin D dan Kalsium

Selanjutnya ibu hamil juga membutuhkan vitamin D dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga bekerja membantu melancarkan peredaran darah dan mendukung kerja sistem otot dan saraf.

Lemak

Nutrisi selanjutnya yang juga penting untuk ibu hamil adalah lemak. Lemak tak jenuh terutama omega 3 adalah jenis lemak yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Omega 3 membantu mendukung pertumbuhan otak janin.

Asam Folat

Salah satu vitamin untuk ibu hamil yang paling utama adalah asam folat. Konsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan sangat penting. Asam folat membantu mencegah cacat lahir pada saraf dan otak bayi.

Selain nutrisi yang sudah disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Hampir semua asupan vitamin dan mineral harus ditingkatkan selama kehamilan.

Jenis Makanan untuk Ibu Hamil

Makanan adalah sumber utama nutrisi untuk ibu hamil. Demi memenuhi kebutuhan nutrisi ini, pilihan jenis makanan yang dikonsumsi ibu hamil juga harus diperhatikan.

Jenis makanan yang paling direkomendasikan di konsumsi oleh ibu hamil antara lain seperti sayuran, hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, susu, produk olahan susu, ikan, daging, telur, dan sumber karbohidrat seperti nasi.

Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Selain makanan ibu hamil yang harus dikonsumsi, terdapat juga makanan-makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Umumnya makanan ini harus dihindari karena memang ibu hamil biasanya lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah seperti ikan yang tinggi merkuri, makanan mentah, makanan olahan yang tidak dimasak, kafein, dan susu yang tidak dipasteurisasi.

Diet Ibu Hamil

Diet untuk ibu hamil bukan merupakan diet untuk menurunkan berat tubuh. Kelebihan berat badan adalah hal yang sangat jarang terjadi pada masa kehamilan. Diet ibu hamil berfokus pada pemenuhan kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Menu diet untuk ibu hamil dapat dikombinasikan dari berbagai jenis makanan yang memang direkomendasikan untuk ibu hamil. Cara mengolah makanan untuk ibu hamil juga harus diperhatikan karena ibu hamil harus menghindari makanan mentah atau tidak dimasak sempurna seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil di DokterSehat

Memenuhi kebutuhan makanan sehat untuk ibu hamil adalah hal yang wajib dilakukan. DokterSehat membantu Anda mendapatkan informasi tentang makanan sehat ibu hamil dan catering ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Cari dan dapatkan layanan makanan sehat dengan praktis, cepat, dan mudah. Produk makanan sehat yang Anda dapatkan di DokterSehat adalah makanan sehat yang lezat, aman, terbuat dari bahan terbaik, bergizi seimbang, dan harganya terjangkau.