Terbit: 4 January 2022
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Susu adalah bagian penting dari diet seimbang, terutama selama kehamilan. Susu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu serta janin yang sedang berkembang. Meski memiliki sejumlah manfaat, beberapa orang masih menyimpan kekhawatiran mengenai susu kambing untuk ibu hamil.

Apa Saja Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil? Cek di Sini

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Kambing?

Pada dasarnya, susu kambing boleh dikonsumsi di segala usia kehamilan karena tidak mengandung senyawa yang berbahaya untuk janin. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah Anda tidak boleh mengonsumsi susu yang baru diperah (baik susu kambing atau susu sapi).

Susu yang Anda konsumsi harus melalui proses pasteurisasi agar semua mikroorganisme berbahaya yang mungkin terkandung di dalamnya tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin.

Lantas, apa saja manfaat susu kambing untuk ibu hamil? Meski tidak sepopuler susu lainnya, susu kambing memiliki nilai gizi yang tinggi.

Dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan protein, lemak, kalori, dan vitamin B2 yang lebih tinggi. Vitamin B2 dalam jumlah yang cukup dapat merangsang produksi antibodi sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain itu, susu kambing memiliki lebih banyak asam lemak esensial seperti asam linoleat, asam arakidonat, dan asam lemak rantai sedang dibandingkan susu sapi. Kandungan vitamin A yang tinggi membuatnya dapat langsung diserap oleh tubuh.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Tauge Mentah dan Apa Bahayanya?

Aturan Minum Susu Selama Hamil

Meskipun minum susu bermanfaat selama kehamilan, terdapat beberapa hal yang harus diingat saat mengonsumsi susu atau produk olahan susu, yaitu hindari susu dan produk olahannya yang tidak dipasteurisasi.

Berikut adalah aturan minum susu saat hamil, antara lain:

  • Susu diserap dengan baik saat diencerkan dengan air dengan perbandingan 2 banding 1. Jadi, Anda bisa minum teh susu atau milkshake.
  • Minum susu hangat dengan menyesapnya sedikit demi dikit.
  • Hindari mengonsumsi susu setelah makan berat.
  • Pertahankan minimal konsumsi 3 cangkir sehari pada waktu yang berbeda.

Berapa Banyak Susu yang Harus Anda Minum Selama Kehamilan?

Minum terlalu banyak susu selama kehamilan dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan. Jadi, Anda harus minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu lainnya dalam jumlah sedang.

Minum tiga cangkir susu per hari selama kehamilan dapat memberi Anda semua nutrisi yang diperlukan. Namun, jika Anda meminum susu jenis lain selain susu sapi, hitung tingkat nutrisinya dan variasikan jumlahnya.

Perlu Anda ketahui, jika Anda mengidam susu, hal itu bisa menunjukkan bahwa tubuh kekurangan kalsium, protein, atau lemak. Konsumsi susu secara teratur memberi nutrisi penting bagi ibu serta janin dan mungkin membantu mengatasi keinginan mengidam.

Baca Juga: 8 Jenis Kacang-kacangan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Mengonsumsi Susu Selama Hamil?

Wanita hamil yang mengonsumsi kurang dari satu cangkir susu sehari mungkin memiliki bayi yang lebih kecil dibandingkan dengan Bumil yang mengonsumsi lebih dari satu cangkir.

Ibu hamil yang kekurangan kalsium karena rendahnya konsumsi susu mengalami kehilangan massa tulang selama kehamilan, hal itu disebabkan karena janin menyerap kalsium dari ibu untuk perkembangannya.

Lantas, apakah minum susu saat hamil membuat janin lebih besar? Minum susu selama kehamilan dapat menghasilkan bayi yang sehat, karena susu memasok sejumlah besar lemak, kalsium, protein, dan kalori yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Namun, susu saja tidak dapat dijadikan petunjuk untuk berat janin dan ukuran keseluruhan.

 

  1. C, Tian. 2017. Drinking Milk During Pregnancy – Is It Good?. https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-milk-during-pregnancy-is-it-good-for-you/. (Diakses pada 4 Januari 2022).
  2. Malachi, Rebecca. 2021. Milk During Pregnancy: Which Type Is Best For You And Why?. https://www.momjunction.com/articles/types-milk-can-consumed-pregnancy_0076537/. (Diakses pada 4 Januari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi