Terbit: 21 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Kolang-kaling merupakan biji dari pohon aren yang berwarna putih, lonjong, dan bertekstur kenyal. Camilan ini biasanya disajikan menjadi minuman atau makanan manis. Selain rasanya yang menyegarkan, makanan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

9 Manfaat Kolang-Kaling, Camilan Sehat yang Menyegarkan

Kandungan Nutrisi Kolang-kaling

Produk olahan yang berasal dari biji buah aren ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain air, kandungan lain yang terdapat di dalamnya, antara lain:

  • Protein: 0,69 gram.
  • Karbohidrat 4 gram.
  • Kalium.
  • Zat besi.
  • Kalsium.
  • Vitamin A
  • Vitamin B.
  • vitamin C.
  • Gelatin.

Baca Juga: 11 Pilihan Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Manfaat Kolang-Kaling bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah berbagai khasiat kolang-kaling yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Melancarkan Pencernaan

Konsumsi kolang-kaling dipercaya membantu mengatasi masalah sembelit dan beberapa masalah pencernaan lainnya. Hal tersebut dikarenakan makanan olahan ini mengandung serat dan air yang cukup tinggi. Mengonsumsi 5 hingga 10 butir kolang-kaling setiap hari dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

2. Menyehatkan Tulang

Banyak yang tidak menyangka bahwa camilan kenyal ini mengadung kalsium. Berkat kandungannya tersebut, kolang-kaling dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

Camilan ini bisa Anda jadikan sebagai makanan harian untuk memenuhi kebutuhan kalsium, terutama bagi Anda alergi terhadap susu sapi.

Mengonsumsi 100-200 gram kolang-kaling dalam sehari tanpa tambahan pemanis atau pewarna buatan, sangat berguna untuk mencegah dan mengobati masalah peradangan pada persendian.

Baca Juga: Meski Pahit, Ini 6 Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan

3. Menurunkan Berat Badan

Kolang-kaling juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Sebab, selain mengandung karbohidrat yang bisa diandalkan sebagai sumber energi bagi tubuh, camilan ini juga mengandung gelatin yang dapat menekan nafsu makan.

Dengan khasiat tersebut, kolang-kaling bisa dijadikan sebagai makanan yang tepat saat Anda menjalani program penurunan berat badan.

4. Menyehatkan Jantung

Kandungan serat yang tinggi pada kolang-kaling dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari kolesterol yang memicu penyakit aterosklerosis, kondisi yang mengganggu lancarnya aliran darah.

Kolang-kaling merupakan paket lengkap untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin K.

Selain itu, makanan ini juga mengandung mineral, serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi, yang semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam kolang-kaling dapat membantu mengatasi kekurangan sel darah merah. Zat besi adalah mineral yang berfungsi dalam pembentukan hemoglobin di dalam sel darah merah.

Hemoglobin penting untuk menyuplai oksigen ke berbagai jaringan tubuh. Untuk itu, kecukupan zat besi dalam tubuh membantu mencegah anemia.

6. Mencegah Dehidrasi

Dikarenakan kandungan airnya yang tinggi, hal tersebut menjadikan camilan ini berguna untuk mencegah dehidrasi sekaligus membantu memenuhi kebutuhnan cairan tubuh.

Baca Juga: 15 Buah Rendah Gula yang Membantu Menurunkan Berat Badan

7. Menjaga Metabolisme Tubuh

Kolang-kaling memiliki kandungan mineral seperti zat besi, zinc, kalium, dan kalsium, yang semuanya bermanfaat membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh. Dengan begitu, tubuh memiliki jumlah energi dan sehat secara keseluruhan.

8. Meremajakan Kulit

Kolang-kaling ternyata juga bermanfaat dalam peremajaan kulit karena kandungan kolagen di dalamnya yang cukup tinggi. Pada akhirnya, rutin mengonsumsinya menjadikan kulit tampak awet muda.

9. Mengatasi Radang Sendi

Kolang kaling memiliki kandungan zat galactomannan yang memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit radang sendi.

Jika dalam proses perawatan, Anda bisa konsumsi kolang-kaling sebanyak 100 gram. Untuk mengonsumsi kolang-kaling, disarankan direbus terlebih dahulu tanpa menggunakan pewarna dan pemanis.

Nah, itulah berbagai manfaat kolang-kaling untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Meski termasuk makanan sehat, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2021. Kolang Kaling: Si Komoditas Ekspor Superior Indonesia. https://kemlu.go.id/maputo/id/news/12582/kolang-kaling-si-komoditas-ekspor-superior-indonesia. (Diakses pada 20 Desember 2022)
  2. Anonim. 2021. Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan. http://dinkes.kukarkab.go.id/baca-berita-636-manfaat-kolangkaling-untuk-kesehatan.html. (Diakses pada 20 Desember 2022)
  3. Majeed, Muhammed et al. 2018. Galactomannan from Trigonella foenum?graecum L. seed: Prebiotic application and its fermentation by the probiotic Bacillus coagulans strain MTCC 5856. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5980318/. (Diakses pada 20 Desember 2022)
  4. Syahrin. 2017. Benefits of Kolang-Kaling for Health. https://steemit.com/health/@syahrin/benefits-of-kolang-kaling-for-health-9a0c6892f719f. (Diakses pada 20 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi