Terbit: 8 September 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Berenuk (crescentia cujete) adalah buah yang sering digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Simak penjelasan mengenai kandungan, manfaat, hingga cara mengolahnya di bawah ini.

Meski Pahit, Ini 6 Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan

Kandungan Buah Berenuk

Berikut adalah berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya, antara lain:

  • Kalsium
  • Zat besi
  • Natrium
  • Kalium
  • Saponin
  • Polifenol
  • Flavonoid
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Serat
  • Protein
  • Folat
  • Vitamin A, B1, dan C

Berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, buah berenuk dipercaya bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan Tubuh

Buah berenuk berukuran besar (seperti jeruk bali), kulitnya keras, dan dagingnya terasa pahit. Meski begitu, buah ini memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Meredakan Demam

Meskipun rasa daging buahnya pahit, buah ini dipercaya untuk penurun panas (antipiretik) dan antirematik pada penderita demam. Ini berkat senyawa antibakteri yang terdapat di dalamnya.

Demam merupakan pertanda tubuh sedang melawan bakteri, termasuk infeksi bakteri dan infeksi saluran pernafasan akut.

2. Mengobati Diare

Buah ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat pencahar hingga diare. Cara membuatnya dengan memeras buah serta bijinya dan air perasannya dapat Anda gunakan untuk mengatasi diare atau sakit perut yang melilit.

3. Mengobati Gangguan Pernapasan

Buah berenuk dipercaya mampu meredakan flu dan pilek; serta mengobati bronkitis dan asma. Air rendaman daun, akar, dan daging buahnya bisa membantu melancarkan pernapasan bagi seseorang yang mengalami gangguan pernapasan

4. Menurunkan Gula Darah

Menurut penelitian, mengonsumsi air rebusan buah berenuk berpotensi menurunkan kadar gula darah puasa. Oleh karenanya, buah ini menjadi alternatif herbal sebagai pengobatan pradiabetes dan diabetes.

Hal tersebut karena kandungan dalam buah berenuk berpotensi membantu menurunkan glukosa. Ini termasuk cyanhindric acid, alkaloids, iridoids, citric acid, dan pectin. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menguatkan temuan ini.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Berkat kandungan mineral seperti natrium dan potasium, buah berenuk dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Ini karena kedua mineral tersebut telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat kalium dan natrium juga dapat mengendalikan gejala tekanan darah tinggi, kondisi yang memicu komplikasi kesehatan pada jantung.

6. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan flavonoid seperti quercetin dan antrakuinon bekerja sebagai anti-angiogenesis, suatu proses yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru dalam tubuh.

Proses ini dapat mengontrol penyebaran sel tumor dalam tubuh dengan menonaktifkan asupan nutrisi ke sel kanker. Pertumbuhan sel-sel ganas akan tergantung pada asupan nutrisi tertentu yang diangkut oleh pembuluh darah. Dengan begitu, perkembangan sel kanker ikut terhambat.

Peneliti mengklaim bahwa ekstrak berenuk memiliki khasiat mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Cara Mengolah Buah Berenuk

Supaya khasiat dari buah ini dapat Anda rasakan dengan maksimal, penting untuk mengetahui cara mengolahnya dengan tepat.

Tidak hanya buahnya saja yang bisa Anda manfaatkan, bagian lain dari pohonnya juga sama berkhasiat, seperti akar, kulit pohon, dan daunnya.

Berikut ini beberapa cara mengolah buah berenuk:

1. Air Rebusan

Potongan daging buah, akar, kulit pohon berenuk direbus selama 20 menit sampai benar-benar mendidih. Setelah itu, air rebusan dituangkan ke dalam bak air dan kemudian ditambahkan madu atau gula aren. Berendam dalam di dalam air rebusan ini dapat membantu meredakan demam, flu, pilek, bronkitis, dan asma.

2. Dibuat Menjadi Pasta

Selain buahnya, daun berenuk (bisa dicampur dengan kulit pohon dan akar) ditumbuk sampai halus sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan ke kulit  hingga kering.

3. Pengusir Tikus, Kecoak, dan Semut

Tidak hanya berguna untuk masalah kesehatan, khasiat buah ini juga bisa mengusir tikus, kecoak, dan semut di rumah Anda.

Cara menggunakannya, potong daging buah berenuk menjadi potongan kecil-kecil kemudian keringkan. Tempatkan potongan tersebut di beberapa tempat yang sering dilewati serangga atau hewan pengerat. Bau buah yang tajam efektif untuk mengusir hewan tersebut.

 

  1. Anonim. Benefit Crescentia Cujete for Hypertension. https://www.herbs-medicine.com/2016/02/benefit-crescentia-cujete-to-evict-rats.html. (Diakses pada 8 September 2021)
  2. Anonim. Calabash Fruit. https://www.fruitsinfo.com/calabash-fruit.php. (Diakses pada 8 September 2021)
  3. Anonim. Calabash contains active ingredients potential for cancer treatment. https://www.pchrd.dost.gov.ph/index.php/14-r-d-updates/3132-calabash-contains-active-ingredients-potential-for-cancer-treatment. (Diakses pada 8 September 2021)
  4. Anonim. Crescentia cujete. https://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Crescentia+cujete. (Diakses pada 8 September 2021)
  5. Tupas, Genevieve. 2018. Effect of ED90 dose of Calabash (Crescentia cujete) Decoction on the Blood Sugar Levels of Pre-Diabetic Individuals. https://www.researchgate.net/publication/326689976_Effect_of_ED90_dose_of_Calabash_Crescentia_cujete_Decoction_on_the_Blood_Sugar_Levels_of_Pre-Diabetic_Individuals. (Diakses pada 8 September 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi