Terbit: 22 November 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang umum dihadapi oleh pria. Salah satu cara alami yang dipercaya membantu mengatasi gangguan ini adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja makanan untuk mengatasi ejakulasi dini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

8 Makanan yang Dipercaya Mampu Atasi Ejakulasi Dini

Makanan yang Dipercaya Mengatasi Ejakulasi Dini

Sebelum menjelaskan mengenai makanan untuk mengobati ejakulasi dini, hal penting yang harus Anda ketahui adalah kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, bisa bersifat biologis, psikologis, atau cedera.

Menurut penelitian, satu dari tiga pria mengalami kondisi ini pada tahap tertentu. Jika tidak diatasi, ejakulasi dini dapat menyebabkan rendahnya harga diri. Konsultasi dengan dokter spesialis andrologi mungkin diperlukan jika Anda menduga mengalami orgasme yang terlalu cepat.

Berikut ini adalah berbagai makanan yang dipercaya dapat membantu mengatasi ejakulasi dini, di antaranya:

1. Asparagus

Asparagus adalah makanan yang tinggi dengan kandungan vitamin A, vitamin yang berperan penting dalam mengontrol testosteron. Selain itu, asparagus juga tinggi vitamin C dan diduga dapat meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan tekanan darah.

Menambahkan susu dalam olahan asparagus dipercaya dapat membantu mengatur otot penis berfungsi lebih baik.

2. Wortel

Wortel mengandung antioksidan dan beta-karoten, kedua senyawa yang dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin. Makanan untuk mencegah ejakulasi dini ini bisa Anda olah dengan merebusnya, kemudian menambahkan madu atau telur.

Baca Juga: Berbagai Obat Ejakulasi Dini yang Bisa Anda Gunakan

3. Oatmeal

Saat Anda menambahkan oatmeal ke dalam diet, hal tersebut akan meningkatkan kadar testosteron dalam aliran darah. Tidak ada makanan ejakulasi dini yang lebih baik daripada oatmeal dalam menenangkan otot penis dan memberi tambahan energi bagi tubuh.

4. Semangka

Citrulline adalah salah satu asam amino yang ditemukan dalam semangka. Asam amino ini dipercaya dapat membantu meningkatkan libidio. Oleh karena itu, menambahkan semangka dalam asupan sehari-hari adalah sesuatu yang penting dalam meningkatkan aktivitas seksual.

Selain digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi, citrulline juga digunakan untuk penyakit Alzheimer, demensia, kelelahan, kelemahan otot, penyakit sel sabit, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Asam amino ini juga sering digunakan untuk penyakit jantung, meningkatkan energi, dan untuk meningkatkan kinerja atletik.

4. Jahe dan Madu

Jahe dan madu dikategorikan sebagai makanan afrodisiak. Keduanya dipercaya sebagai makanan untuk mengobati ejakulasi dini. Perlu diketahui juga, jenis makanan afrodisiak dapat berupa tumbuhan, rempah, ekstrak tanaman eksotis, organ hewan, atau serangga.

5. Pisang

Pisang kaya akan kalium, mineral yang berperan penting dalam manajemen aliran darah. Selain itu, pisang juga menghasilkan enzim yang disebut bromelain, enzim yang membantu meningkatkan libido dan meminimalkan ejakulasi dini.

6. Alpukat

Alpukat adalah buah dengan kandungan vitamin yang tinggi  sehingga dipercaya membantu kelancaran aliran darah dalam tubuh. Kandungan lemak sehat dan asam folat di dalamnya juga dapat memberi dorongan energi dan membantu proses metabolisme.

Bahkan, alpukat juga dipercaya membantu ejakulasi retrogade, ejakulasi tertunda, atau ejakulasi yang menyakitkan.

7. Kacang Kenari

Kacang kenari tinggi lemak, nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Kenari memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan omega-3 yang tinggi.

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat membantu meringankan infertilitas pria, disfungsi ereksi, dan masalah penis lainnya. Menjadikannya sebagai camilan juga dapat membantu meningkatkan kualitas dan motilitas sperma.

Baca Juga: 10 Penyebab Sakit saat Ejakulasi dan Cara Mengatasinya

8. Cokelat Hitam

Cokelat hitam atau dark cokelat dipenuhi dengan mikronutrien yang menjadikannya afrodisiak yang kuat. Mengunyah cokelat dapat membuat tubuh melepaskan endorfin sehingga menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Selain itu, cokelat juga mengandung arginine yang dapat meningkatkan gairah.

Cokelat hitam dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan karena makanan untuk ejakulasi dini ini adalah salah satu sumber antioksidan paling kuat.

Nah, itulah berbagai makanan untuk mengatasi ejakulasi dini. Meski begitu, berbagai makanan di atas belum didukung oleh penelitian yang kuat, sehingga belum diketahui dengan pasti efektivitas hingga efek sampingnya bagi tubuh.  Oleh karena itu, jangan menggunakannya sebagai terapi tunggal dalam mengatasi orgasme yang terjadi terlalu cepat.

 

  1. Anonim. 9 Best Premature Ejaculation Foods To Stop PE And Food To Avoid. https://iashindia.com/premature-ejaculation-foods/. (Diakses pada 22 November 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi