Terbit: 8 May 2023
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Mengetahui berbagai pantangan makanan untuk pasien kanker serviks adalah sesuatu yang penting untuk mendukung keberhasilan perawatan yang sedang dijalani. Lantas, makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

6 Pantangan Makanan bagi Penderita Kanker Serviks

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Kanker Serviks

Sebenarnya tidak ada pantangan makanan khusus bagi penderita kanker serviks. Namun, menjalani pola makan sehat dapat membantu meringankan gejala yang dialami.

Pada kasus kanker stadium lanjut, menerapkan diet hingga gaya hidup diperlukan untuk mencegah kerusakan organ lebih lanjut.

Berikut beberapa pantangan penderita kanker serviks yang penting diketahui, di antaranya:

1. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Menurut American Cancer Society, salah satu pantangan makanan bagi penderita kanker serviks adalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Jenis makanan ini diketahui dapat meningkatkan risiko kekambuhan kanker atau kondisi bertambah parah.

Selain itu, lemak tinggi akan kalori sehingga dapat memperbesar risiko kelebihan berat badan. Penting diketahui, berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko kanker kembali.

Bahkan, kondisi tersebut juga berkaitan dengan kematian pada penderita kanker endometrium, payudara, dan kandung kemih.

Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jenuh yaitu jeroan, makanan cepat saji, biskuit, kue, keju, dan cokelat.

Baca JugaGynpad, Cara Baru untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

2. Sayuran Mentah

Sayuran mengandung serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Maka tidak heran jika konsumsinya dianggap mendatangkan kebaikan bagi pasien kanker serviks.

Namun faktanya, sayuran mentah dianggap mendatangkan dampak yang sebaliknya. Hal ini berkaitan dengan bakteri yang berisiko masih terdapat di dalam sayuran tersebut, misalnya bakteri Salmonella, Campylobacter, dan E. coli.

Saat menjalankan kemoterapi, pasien akan kehilangan sel darah putih. Padahal, fungsinya sangat penting dalam sistem imun tubuh.

Berkurangnya jumlah sel darah putih di tubuh akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Kondisi ini akan memperbesar risiko Anda terkena infeksi.

3. Makanan Tinggi Gula

Makanan manis menjadi salah satu pantangan bagi penderita kanker serviks. Jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko peradangan yang berperan dalam perkembangan kanker.

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan selama 10 tahun pada lebih dari 100.000 partisipan.

Makanan dan minuman manis dapat memicu obesitas, salah satu faktor risiko terjadinya kanker.

Oleh karena itu, batasi asupan makanan dan minuman manis harian. Anda juga bisa mulai mengurangi tambahan gula berlebihan ke dalam makanan atau minuman.

4. Daging Merah

Konsumsi daging merah secara berlebihan tidak direkomendasikan bagi penderita kanker serviks dan merupakan pantangan yang sebaiknya dijauhi.

Menurut penelitian, konsumsi daging merah sebanyak 101-200 gram per hari berkaitan dengan risiko berkembangnya kanker pada wanita perimenopause dan setelah menopause.

Makanan yang termasuk daging merah mengacu pada semua daging dari hewan, termasuk di antaranya sapi, domba, dan kambing.

Baca Juga12 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Mencegah Kanker Serviks

5. Daging Olahan

Pantangan bagi penderita kanker serviks berikutnya adalah konsumsi daging olahan. Jenis daging ini sudah melalui proses pengawetan, fermentasi, dan proses pengolahan lainnya untuk menambah rasa suatu makanan.

Menurut World Health Organization (WHO), makanan olahan termasuk ke dalam kelompok 1 makanan yang bersifat karsinogenik. Ini artinya, makanan ini terbukti dapat menyebabkan kanker.

Beberapa contoh daging olahan yang sebaiknya dihindari, yaitu sosis, kornet, dan daging kalengan.

6. Makanan yang Diasinkan

Bukan hanya daging olahan, makanan yang telah melalui proses pengawetan dengan diasinkan seperti ikan asin menjadi pantangan makanan bagi penderita kanker serviks.

Makanan jenis ini menyimpan alergen di dalamnya sehingga bersiko mengganggu kekebalan tubuh.

Menurut American Institute for Cancer Research, semakin banyak ikan asin yang dikonsumsi, risiko berbagai jenis kanker juga semakin meningkat.

Pantangan Pasien Kanker Serviks Lainnya

Selain makanan, beberapa kebiasaan tidak sehat juga dapat menjadi pantangan tersendiri bagi penderita kanker serviks. Beberapa pantangan yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Merokok

Merokok sebenarnya bukan hanya pantangan bagi penderita kanker serviks, tetapi juga pada seseorang yang tidak memiliki penyakit ini. Selain kanker serviks, merokok juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker.

Bahkan, jika Anda adalah seorang perokok pasif, paparan asap rokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk berhenti merokok, tanyakan pada dokter tentang strategi yang diperlukan untuk menghentikan kebiasaan ini.

Baca Juga11 Cara Mencegah Kanker Serviks yang Wajib Wanita Ketahui

2. Menjalani Gaya Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang banyak bisa meningkatkan risiko kanker payudara, usus besar, paru-paru, ginjal, dan hati. Peningkatan risiko tergantung jumlah dan sudah berapa lama Anda meminumnya.

3. Jarang Melakukan Aktivitas Fisik

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal. Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya adalah dengan berolahraga rutin.

Selain membantu Anda mengontrol berat badan, rutin melakukan aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

Rutin berolahraga juga dapat membantu penderita kanker serviks untuk mengurangi rasa lelah akibat pengobatan yang sedang dijalani.

Pada akhirnya, memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan baik dapat membuat sistem imun tubuh lebih optimal. Kondisi ini tentunya bisa membantu tubuh dalam melawan infeksi human papillomavirus (HPV), penyebab umum kanker serviks.

 

  1. Anonim. 2021. If You Have Cervical Cancer. https://www.cancer.org/treatment/survivorship-during-and-after-treatment/be-healthy-after-treatment/nutrition-and-physical-activity-during-and-after-cancer-treatment.html. (Diakses pada 1 Marer 2023).
  2. Anonim. 2022. Nutrition and Physical Activity During and After Cancer Treatment: Answers to Common Questions. https://www.cancer.org/cancer/cervical-cancer/if-you-have-cervical-cancer.html. (Diakses pada 1 Maret 2023).
  3. Anonim. 2015. Cancer: Carcinogenicity of the Consumption of Red Meat and Processed Meat. https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/cancer-carcinogenicity-of-the-consumption-of-red-meat-and-processed-meat. (Diakses pada 1 Maret 2023).
  4. Anonim. 2020. How to Eat Less Saturated Fat. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/how-to-eat-a-balanced-diet/eat-less-saturated-fat/. (Diakses pada 1 Maret 2023).
  5. Anonim. 2022. Exercise During Cancer Treatment. https://www.cancer.net/survivorship/healthy-living/exercise-during-cancer-treatment. (Diakses pada 1 Maret 2023).
  6. Alexis, Amber Charles. 2022. Does Diet Influence Cervical Cancer Risk? https://www.medicalnewstoday.com/articles/does-diet-influence-cervical-cancer-risk. (Diakses pada 1 Maret 2023).
  7. Chapman, Adam. 2022. Cancer: The Fish Associated With A ‘higher Risk’ of Some Cancers – ‘best Not to Consume’. https://www.express.co.uk/life-style/health/1573987/cancer-symptoms-diet-cantonese-style-salted-fish-nasopharyngeal-cancer-risk. (Diakses pada 1 Marer 2023).
  8. Greger, Michael. 2017. Should Cancer Patients Avoid Raw Fruits and Vegetables? https://nutritionfacts.org/2017/06/13/should-cancer-patients-avoid-raw-fruits-and-vegetables/. (Diakses pada 1 Maret 2023).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi