Terbit: 21 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Green coffee atau kopi hijau adalah jenis kopi yang tidak melewati proses pemanggangan. Biji kopi yang belum dipanggang ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja khasiat yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut.

14 Manfaat Green Coffee, Turunkan Tekanan Darah hingga Kolestrol Jahat

Kandungan Green Coffee

Dalam 1 sendok (5 gram) green coffee mengandung:

  • Kalori: 20 kkal.
  • Karbohidrat: 1 gram.
  • Serat: 3 gram.
  • Kalsium: 50 miligram.
  • Kalium: 71 mg.
  • Kafein: 20 mg.

Kopi hijau juga mengandung asam klorogenat, senyawa yang memiliki sifat:

  • Antioksidan.
  • Antiinflamasi.
  • Antihipertensi.
  • Antiobesitas.
  • Antidiabetes.
  • Antikarsinogenik.

Baca Juga: Amankah Minum Kopi Setelah Makan?

Berbagai Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya mendukung program diet yang sedang Anda jalankan, manfaat lain dari dari green coffee yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengonsumsi kopi hijau bagi Anda penderita hipertensi sepertinya adalah pilihan yang tepat. Kandungan asam klorogenat yang ada di dalamnya dapat menurunkan tekanan darah

2. Mencegah Kanker

Biji kopi hijau mengandung nutrisi penting dan antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas diketahui dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit kronis lainnya. Penelitian juga mengungkapkan bahwa asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah pembentukan sel tumor dan risiko beberapa jenis kanker.

3. Sumber Antioksidan

Green coffee mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan di dalam kopi hijau memiliki banyak efek positif bagi kesehatan tubuh. Berbagai radikal bebas akan mampu dihalau masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Khasiat ini didapatkan berkat kandungan antioksidannya juga bisa memperlambat penuaan dini hingga mencegah kanker.

4. Mencegah Diabetes

Terdapat zat yang terkandung di dalam kopi hijau membantu menurunkan kadar gula darah. Tubuh yang memiliki kadar glukosa normal cenderung akan terhindar dari penyakit diabetes. Agar manfaatnya lebih maksimal, hindari menambahkan gula pada kopi hijau.

5. Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam klorogenat di dalam green coffee dapat membantu membakar lemak di tubuh. Selain itu, kopi jenis ini juga menekan rasa lapar sehingga membuat Anda tidak makan terlalu banyak. Tentu, program penurunan berat badan akan lebih baik jika Anda memadukan kegiatan olahraga bersama pola diet yang sehat.

6. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kandungan kafein yang terdapat di dalamnya memiliki manfaat yang baik untuk kognitif asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Zat alami tersebut dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam bekerja.

Meski bermanfaat, tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat ini. Beberapa orang bisa sakit kepala karena kandungan kafein di dalamnya.

Baca Juga: Jantung Berdebar setelah Minum Kopi? Ini 3 Cara Mengatasinya

7. Memperbaiki Mood

Tidak hanya baik untuk kemampuan kognitif, kandungan kafein pada green coffee dapat memperbaiki mood. Banyak orang akan merasakan tenang dan rileks setelah meminumnya

Jadi, jangan heran bila banyak orang yang sering minum kopi saat bekerja. Daya kognitif yang meningkat dan suasana hati yang baik merupakan perpaduan yang cocok untuk mendukung produktivitas.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Mengonsumsi kopi hijau dengan dosis yang tepat akan membantu peningkatan metabolisme tubuh. Hal ini membuat metabolisme karbohidrat, glukosa, protein, lemak, vitamin, mineral, dan lainnya akan menjadi lebih baik. Tentunya, hal ini akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

9. Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit Anda bisa menjadi lebih sehat jika rutin mengonsumsi green coffee. Pasalnya, kopi ini tidak hanya mengandung antioksidan yang mampu menjaga elastisitas kulit dan mencegah sel-sel kulit dari stres oksidatif; tetapi juga mengandung beberapa jenis senyawa asam lemak yang membantu menjaga kelembapan kulit.

10. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit. Nah, jika Anda sering terserang flu atau infeksi, minum kopi hijau tampaknya menjadi salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi.

11. Meningkatkan Energi

Manfaat ini berkaitan dengan kafein dalam biji kopi hijau. Khasiat kafein dapat meningkatkan energi hingga meningkatkan kinerja atletik. Namun, belum diketahui dengan pasti seberapa efektif green coffee dalam meningkatkan energi.

12. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Senyawa klorogenat dalam kopi hijau bermanfaat tidak hanya dalam menjaga berat badan hingga menurunkan kolesterol, tetapi juga dipercaya mengurangi otensi risiko beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga diabetes.

Baca Juga: 10 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari dan Efek Sampingnya

13. Detoksifikasi

Biji kopi hijau berfungsi sebagai detoksifikasi alami dan membantu membuang racun, kotoran, kelebihan lemak, dan kolesterol dari tubuh.

Mengonsumsinya akan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya melawan berbagai penyakit, sistem imun bisa menghilangkan kulit kusam dan berjerawat.

14. Menurunkan Kolesterol Jahat

Tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah tinggi saja, green coffee juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Asam klorogenat di dalam kopi hijau bisa mengurangi kadar kolesterol LDL di dalam tubuh

Kadar kolesterol LDL yang berkurang akan membuat jantung dan pembuluh darah lebih sehat. Hal ini juga berarti risiko Anda terhadap penyakit jantung dan penyakit terkait kolesterol lainnya akan berkurang.

Nah, itulah berbagai manfaat green coffee yang bisa Anda dapatkan. Namun, sebelum Anda membuktikan khasiatnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang dosis hingga kemungkinan efek sampingnya.

 

  1. Anonim. 2022. Carbs in Navitas Naturals Green Coffee Powder. https://www.carbmanager.com/food-detail/md:a6014e55af11d6fe76b0a8231fed1f79/green-coffee-powder. (Diakses 20 Desember 2022)
  2. Hill, Ansley. 2019. What Is Green Coffee? All You Need to Know. https://www.carbmanager.com/food-detail/md:a6014e55af11d6fe76b0a8231fed1f79/green-coffee-powder. (Diakses 20 Desember 2022)
  3. Leech, Joe. 2020. How does green coffee bean extract work?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318611. (Diakses 20 Desember 2022)
  4. Levy, Jillian. 2017. Green Coffee Beans: Do Benefits Outweigh Risks of This Weight Loss Supplement?. https://draxe.com/nutrition/green-coffee-bean/. (Diakses 20 Desember 2022)
  5. Tadimalla, Ravi T. 2022. 6 Powerful Ways Green Coffee Beans Can Benefit Your Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-green-coffee-beans-for-skin-hair-and-health/. (Diakses 20 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi