Terbit: 13 June 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Minum kopi setelah makan memang bisa menambah kenikmatan sesi makan. Namun, bagaimana jika terlalu sering dilakukan? Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan? Simak di sini.

Amankah Minum Kopi Setelah Makan?

Dampak Minum Kopi Setelah Makan

Saat ini minum kopi seakan sudah menjadi kebutuhan. Tidak hanya menambah kenikmatan setelah makan, kopi juga kerap kali dikonsumsi untuk mengatasi rasa kantuk, menambah semangat, dan meningkatkan konsentrasi.

Sayangnya, menurut pakar kesehatan, minum kopi setelah makan sebaiknya tidak Anda lakukan, khususnya pada waktu makan siang. Pasalnya, kebiasaan ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, minum kopi bersamaan dengan makanan berlemak juga sebaiknya Anda hindari. Hal ini berdasarkan penelitian di University of Guelph, Kanada. Menurut penelitian tersebut, kebiasaan minum kopi setelah mengonsumsi makanan berlemak akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah hingga dua kali lebih banyak.

Hal tersebut dapat terjadi akibat kemampuan lemak dalam memengaruhi produksi insulin sekaligus mendistribusikannya ke otot. Kondisi ini akan ikut memengaruhi peningkatan kadar gula darah ke level yang berbahaya.

Marie-Soleil Beaudoin, salah seorang peneliti yang terlibat, menyebutkan bahwa kafein dan makanan berlemak bisa menyebabkan kerusakan komunikasi antara usus dengan pankreas. Kombinasi tersebut membuat tubuh tidak benar-benar membersihkan gula dengan maksimal.

Tak hanya itu, minum kopi setelah makan siang justru akan membuat Anda kesulitan untuk tidur dengan nyenyak di malam hari. Alhasil, kondisi ini akan berdampak terhadap aktivitas di siang hari.

Penelitian lain terkait dampak minum kopi setelah makan dilakukan oleh dr. Andrew Rochford. Menurut penelitian tersebut, orang-orang sering kali tidak menyadari dampak minum kopi di siang hari yang bisa berimbas pada menurunnya rasa kantuk saat waktu istirahat malam.

Penyebabnya adalah kafein yang terkandung di dalam kopi. Kafein akan menghambat kinerja kimia otak yang berkaitan dengan rasa kantuk atau jam tidur.

Baca Juga8 Cara Cepat Tidur Setelah Minum Kopi

Tips Minum Kopi Setelah Makan yang Aman

Minum kopi setelah makan bisa memberikan dampak yang diharapkan, misalnya membantu meningkatkan konsentrasi.

Kendati demikian, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan agar minum kopi tidak berdampak sebaliknya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Hindari konsumsi kopi berlebihan

Minum kopi setelah makan aman-aman saja untuk dilakukan. Namun dengan catatan, konsumsinya tidak berlebihan.

Pada orang normal yang tidak memiliki gangguan kesehatan, batasan kopi yang per hari adalah sebanyak 400 mg. Jumlah ini setara dengan empat cangkir kopi, atau sekitar 950 ml.

Sementara itu, bagi wanita hamil dan menyusui, konsumsi kafein yang dianjurkan adalah sebanyak 300 mg per hari. Para pakar bahkan menyarankan untuk membatasi kafein sebanyak 200 mg setiap harinya.

Jumlah kafein ini tidak hanya berasal dari kopi, melainkan juga dari sumber lain sepeti teh, minuman berenergi, dan cokelat hitam.

2. Jangan minum kopi mendekati waktu tidur

Minum kopi setelah makan malam bisa berakibat pada berkurangnya jam tidur di malam hari. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya Anda hindari.

Sementara itu, waktu terbaik yang dianjurkan untuk minum kopi adalah pada pagi menjelang siang hari atau sekitar pukul 9:30-11:30. Pada waktu tersebut kadar kortisol dalam tubuh sedang rendah. 

Kortisol sendiri adalah hormon yang berperan dalam meningkatkan kewaspadaan dan fokus seseorang. Selain itu, hormon ini juga ikut mengatur metabolisme tubuh, respons sistem kekebalan, dan tekanan darah.

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar kortisol. Peningkatan hormon ini dalam waktu lama dapat merusak kekebalan tubuh Anda dan berdampak pada masalah kesehatan.

Kendati demikian, penelitian terkait efek kafein terhadap peningkatan kortisol jangka panjang masih diperlukan.

3. Hindari konsumsi kopi bersamaan dengan makanan dan minuman tertentu

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin minum kopi setelah makan adalah jenis makanan yang dikonsumsi saat itu.

Perlu Anda ketahui, tidak semua makanan aman Anda konsumsi bersamaan dengan kopi. Jenis makanan dan minuman tersebut, antara lain:

  • Daging

Minum kopi setelah makan daging sebaiknya tidak dilakukan. Pasalnya, kopi akan membentuk ikatan dengan beberapa jenis mineral dalam makanan, salah satunya zinc.

Konsumsi kopi bisa membuat tubuh mengeluarkan zinc yang seharusnya terserap. 

Oleh karena itu, hindari minum kopi setelah makan makanan atau minuman yang mengandung seng, seperti daging merah, unggas, tiram, dan kacang-kacangan.

  • Susu

Meski jarang yang minum kopi berbarengan dengan susu, Anda tetap harus menghindarinya. Konsumsi keduanya tidak baik bagi kesehatan.

Perlu Anda ketahui, kopi bisa memengaruhi penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga kalsium akan banyak terbuang melalui urine.

Baca JugaMenjadi Sumber Antioksidan, Benarkah Kopi Bisa Mencegah Kanker?

  • Makanan yang digoreng

Makanan berlemak tinggi akan lemak jenuh dan kolesterol. Oleh sebab itu, makanan ini sebaiknya tidak Anda konsumsi dengan kopi.

Kombinasi kafein dengan makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh secara signifikan.

Kini Anda sudah mengetahui bahwa minum kopi setelah makan siang atau sore sebaiknya tidak sering-sering dilakukan. Bahkan, sebisa mungkin Anda harus menghindarinya. 

Sebaliknya, minumlah kopi pada waktu yang memang aman dan ikuti tips minum kopi di atas guna mencegah dampak negatif kopi bagi tubuh. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2019. 3 Foods You Shouldn’t Eat While Drinking Coffee, What Are They? https://voi.id/en/lifestyle/56940/3-foods-you-shouldnt-eat-while-drinking-coffee-what-are-they. (Diakses pada 13 Juni 2022).
  2. Walle, Gavin Van De. 2020. When Is the Best Time to Drink Coffee? https://www.healthline.com/nutrition/best-time-to-drink-coffee. (Diakses pada 13 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi