Terbit: 13 June 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Manfaat minum kopi di pagi hari tidak hanya membuat Anda merasa segar dan bersemagat, lho! Memulai hari dengan secangkir kopi ternyata juga memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

10 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari dan Efek Sampingnya

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Kopi adalah minuman populer yang memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan hingga menurunkan risiko mengembangkan berbagai penyakit serius. Manfaat ini didapatkan karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

Apa saja manfaat minum kopi di pagi hari, berikut di antaranya:

1. Meningkatkan energi

Siapa pun yang minum setidaknya satu cangkir kopi akan merasa berenergi. Faktanya, beberapa penelitian menegaskan bahwa minum kopi akan membantu seseorang merasa lebih terjaga dan waspada daripada yang seharusnya.

Oleh karena itu, tidak heran banyak orang hampir di setiap negara mengonsumsi kopi di pagi hari, bahkan beberapa orang tidak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi.

2. Meningkatkan penurunan berat badan

Kopi mengandung kafein yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kafein saat menjalani diet mengalami peningkatan energi, yang pada gilirannya menyebabkan rasa lapar berkurang.

Sementara beberapa penelitian lain memperoleh hasil yang serupa, ada juga beberapa yang menemukan bahwa kafein menyebabkan penambahan berat badan (dan retensi air berlebih) jika dikonsumsi oleh orang yang kelebihan berat badan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Kopi memiliki antioksidan dan nutrisi lain yang telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak.  Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum kopi setiap hari bisa membantu melindungi otak dari penurunan terkait usia.

Selain itu, kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi. Dengan kata lain, manfaat minum kopi di pagi hari bisa membantu  untuk tetap fokus.

Tidak hanya itu, kopi juga dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan hati

Minum kopi di pagi hari dapat melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang minum kopi tanpa kafein.

Selain itu, penelitian secara klinis menemukan bahwa minum kopi bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit arteri koroner.

Bagaimana sebenarnya kopi bisa melindungi jantung masih belum dapat diketahui dengan jelas. Namun, para ahli percaya bahwa kopi mungkin bekerja dengan menurunkan volume darah. Dengan kata lain, kopi bisa bertanggung jawab untuk melindungi jantung karena menurunkan volume darah.

5. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa menjadi minuman yang bermanfaat dalam memerangi diabetes tipe 2.

Sebuah tinjauan dari 18 penelitian terpisah menentukan bahwa risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 berkurang tujuh persen untuk setiap cangkir kopi harian. Hal itu karena kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kopi terbukti mengurangi konsentrasi gula darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Kopi Hijau, Efek Samping, Cara Membuat, dll

6. Menurunkan risiko depresi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum secangkir kopi per hari terkait dengan risiko depresi yang lebih rendah.

Sementara penelitian lainnya menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari terkait dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah, daripada dengan minum hanya secangkir per hari.

7. Mencegah batu ginjal

Apabila memiliki batu ginjal, tidak ada salahnya mulai minum kopi di pagi hari. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang minum satu cangkir kopi atau lebih per hari 26 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan batu ginjal.

Khasiat tersebut karena kandungan kafein mampu meningkatkan buang air kecil, yang mengeluarkan kelebihan kalsium dan natrium yang menurut para peneliti menyebabkan batu ginjal.

8. Menurunkan risiko Parkinson

Rutin minum kopi di pagi hari juga dapat membantu mengurangi atau menunda perkembangan penyakit Parkinson. Parkinson adalah gangguan pada sistem saraf yang menghambat kemampuan tubuh mengontrol gerakan dan keseimbangan.

Kandungan kafein dalam kopi diyakini bisa membantu mengontrol gerakan atau gejala motorik bagi mereka yang sudah menderita penyakit ini.

9. Mencegah kanker

Selain mengurangi risiko terkena kanker hati, satu penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum empat hingga lima cangkir kopi per hari memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Sementara peneliti dari National Cancer Institute di AS meyakini bahwa orang yang minum empat cangkir atau lebih per hari memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk menderita melanoma.

10. Memperpanjang usia

Sebuah ulasan dari 40 penelitian menyimpulkan bahwa minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor-faktor seperti usia, berat badan, dan konsumsi alkohol.

Demikian juga penelitian lain pada 1.567 orang menemukan bahwa minum kopi yang berkafein dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah setelah 12 dan 18 tahun masa tindak lanjut.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna memastikan manfaatnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Rambut dan Kulit Kepala

Berbagai Efek Samping Minum Kopi di Pagi Hari

Meskipun memberikan banyak manfaat, minum kopi dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi sebelum sarapan.

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi:

  • Kecemasan. Kopi dapat menyebabkan rasa cemas akibat kemampuan kafein dalam membuat seseorang lebih waspada. Sensasi cemas ini tentu akan menyebabkan rasa tidak nyaman.
  • Menyebabkan sakit perut. Bagi sebagian orang, minum kopi bisa menyebabkan efek sakit perut dan keinginan untuk buang air besar. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam minuman ini yang bisa memicu kontraksi pada usus. Kafein juga mengakibatkan peningkatan produksi asam lambung yang memicu asam lambung naik.
  • Membuat jantung berdebar-debar. Sebagian orang mengalami gejala jantung berdebar-debar setelah minum kopi. Jika mengalaminya, sebaiknya mengurangi asupan kopi atau bahkan benar-benar menghindarinya untuk sementara waktu.
  • Diare. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kandungan dalam kopi dapat menyebabkan keinginan buang air besar. Bahkan, ada yang sampai terkena diare akibat hal ini.

Itulah penjelasan tentang manfaat minum kopi di pagi hari secara rutin dan efek sampingnya yang perlu Anda waspadai. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2022. 5 Surprising Benefits of Your Morning Cup of Coffee. https://scitechdaily.com/5-surprising-benefits-of-your-morning-cup-of-coffee/. (Diakses pada 13 Juni 2022)
  2. Anonim. 2019. Does coffee actually dehydrate you?. timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/does-coffee-actually-dehydrate-you/articleshow/71479020.cms. (Diakses pada 10 Oktober 2019).
  3. Conroy, Shane. 7 Health Benefits of Your Morning Coffee. https://jamaicablue.com.au/news/7-health-benefits-morning-coffee/. (Diakses pada 13 Juni 2022)
  4. Link, Rachael. 2022. 9 Unique Benefits of Coffee. https://www.healthline.com/nutrition/top-evidence-based-health-benefits-of-coffee#3.-Could-support-brain-health. (Diakses pada 13 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi