Terbit: 24 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Pada umumnya, seseorang yang memiliki penyakit jantung atau sensitif terhadap kafein, jantungnya dapat berdebar-debar saat minum kopi. Meski begitu, kondisi tersebut juga bisa terjadi pada orang yang tidak memiliki dua kondisi tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasi jantung berdebar? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Jantung Berdebar setelah Minum Kopi? Ini 3 Cara Mengatasinya

Tips Meredakan Jantung Berdebar setelah Minum Kopi

Meski aman dikonsumsi oleh semua orang, minuman yang mengandung kafein ini juga memiliki efek samping. Salah satu efeknya adalah jantung berdebar kencang. Berikut adalah berbagai tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasinya, di antaranya:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat Anda mulai merasakan degup jantung berdetak lebih cepat, segera minum air putih untuk membantu mengeluarkan kafein yang berlebih dari tubuh. 

Kondisi ini dapat diperparah jika Anda mengalami dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, darah akan semakin kental. Hal inilah yang membuat jantung perlu bekerja lebih keras sehingga memicu detak jantung lebih cepat.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bawa Pengaruh Buruk bagi Kesehatan Jantung

2. Lakukan Manuver Valsava

Manuver valsava merupakan teknik pernapasan yang bisa membantu memulihkan detak jantung yang berdebar cepat menjadi normal lagi. Untuk melakukan teknik ini, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Jepit hidung.
  • Tutup mulut.
  • Cobalah untuk menghembuskan napas.
  • Mulailah mengejan seolah sedang buang air besar.
  • Lakukan teknik pernapasan ini selama 10 sampai 15 detik.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium setiap hari dapat membantu mengatasi masalah jantung berdebar cepat. Pilihan makanan yang bisa Anda pilih antara lain; pisang, bayam, dan yogurt. 

Nah, itulah beragam cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Jantung

Selain kafein pada kopi, ada banyak faktor lain yang dapat memicu detak jantung berdebar cepat. Untuk itu, Anda perlu menghindari atau membatasi zat stimulan lainnya seperti rokok, minuman beralkohol, obat penekan nafsu makan, hingga obat untuk mengatasi masalah mental. 

Selain menghindari hal-hal di atas, cobalah buat daftar hal-hal apa saja bisa menyebabkan jantung berdebar cepat. Jika Anda sudah melakukan beberapa cara di atas, namun detak jantung Anda masih belum normal, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

 

  1. Ashley Marcin. 2021. Heart Palpitations: 10 Home Remedies for Fast Heartbeat. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-heart-palpitations. (Diakses pada 23 November 2022)
  2. Jenna Fletcher. 2022. Ways to Stop Heart Palpitations. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321541. (Diakses pada 23 November 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi