Terbit: 19 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Menu makanan sehat untuk anak kos tidak perlu mahal kok, membuatnya juga mudah sekali. Ini beberapa menu makanan sehat anak kos yang praktis dan murah!

10 Ide Menu Makanan Sehat untuk Anak Kos yang Enak dan Murah

10 Ide Menu Makanan Sehat untuk Anak Kos yang Murah

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak kos adalah mengatur anggaran belanja dan memasak makanan sederhana yang enak serta sehat. Itu akan menjamin hidup anak kos tetap nyaman walau jauh dari orang tua dengan keuangan terbatas.

Makanan anak kos sehat ternyata tidak perlu mahal. Dengan sedikit kreativitas, bahan-bahan lokal sederhana juga bisa menjadi menu bernutrisi yang enak.

Tidak percaya? Simak 10 resep makanan sehat anak kos di bawah ini!

Olahan Telur Anti-Bosan

Telur sepertinya sudah menjadi bahan makanan wajib selain mie instan bagi anak kos. Jangan hanya diceplok atau direbus, coba variasi berikut!

1. Omelet Mie

Campurkan sebungkus mie telur matang (agar lebih sehat) dengan satu atau dua butir telur. Tambahkan sayuran, seperti wortel, kol, buncis, atau tauge.  Jangan lupa beri bumbu seperti garam, lada, dan kecap asin. Aduk rata.

Selanjutnya cukup dimasak dengan sedikit minyak seperti telur dadar. Tambahkan saus tomat atau sambal. Bisa menjadi menu sarapan atau lauk makan malam yang lengkap.

2. Telur Orak-Arik Sayur

Nah, kalau resep ini lebih dominan ke sayurnya. Cacah kol, wortel, sawi, atau tauge. Tambahkan jenis sayuran lain sesuai kesukaan atau yang tersedia.

Tumis bawang dan cabai hingga harum, masukkan telur dan buat orak-arik. Saat telur setengah kering, masukkan sayuran dan masak hingga matang. Jangan tambahkan terlalu banyak air, cukup 50 ml saja. Mudah dan sehat!

3. Telur Plus Sambal Bawang

Telur rebus atau mata sapi akan jauh lebih enak jika dimasak dengan sambal bawang. Jenis sambal juga bisa diganti sesuai selera dan anggaran. Jika suka, tambahkan tempe, tahu, dan petai agar lebih lezat.

Menu Tempe Rasa Restoran

Tempe tidak hanya dijadikan mendoan atau digoreng. Tambahkan sedikit kreativitas untuk menciptakan menu ala internasional dari bahan lokal tempe.

Ini menu makanan sehat untuk anak kos:

1. Burger Tempe

  • Haluskan satu papan tempe, lalu campurkan dengan terigu, garam, merica, sedikit penyedap, dan aduk dengan satu butir telur.
  • Bentuk bulat pipih dan goreng hingga matang dengan sedikit minyak atau margarin.
  • Tambahkan diberi selada, potongan tomat, dan mayones lalu ditumpuk dengan roti bun.
  • Jadilah burger tempe yang enak untuk sarapan.

2. Steak Tempe

Cara membuat steaknya sama seperti membuat burger tempe, namun dimasak dengan cara grill atau dipanggang dengan teflon.

Hidangkan dengan kentang dan sayuran rebus lalu siram dengan brown sauce yang bisa dibeli di minimarket.

Jika tidak menemukan brown sauce, bisa diganti dengan saus bolognese. Satu pouch bisa untuk dua hingga tiga porsi dan harganya tidak lebih dari Rp10.000.  Bisa juga menggunakan saus cabai yang lebih terjangkau.

Baca Juga: 8 Jenis Bahan Alat Masak yang Aman bagi Kesehatan

3. Black Pepper Tempe

Menu ini tidak jauh berbeda dengan tumis tempe namun ditambahkan saus lada hitam yang bisa dibeli dalam jumlah sachet di warung terdekat.

Agar lebih harum, tumis dahulu bawang bombay atau bawang putih lalu masukkan saus lada hitam. Masukan tempe yang sudah dipotong kecil dan sayuran. Tambahkan sedikit air dan garam lalu tumis hingga matang.

Singkong Si Roti Sumbu

Singkong dapat menjadi menu cemilan sehat ataupun pengganti nasi. Indeks glikemiknya rendah, loh. Relatif lebih sehat terutama untuk mereka yang berisiko diabetes.

Berikut beberapa makanan anak kos sehat yang mudah dan murah:

1. Singkong Rebus Gula Merah

  • Siapkan singkong yang telah dikupas dipotong kecil-kecil.
  • Rebus atau kukus singkong sampai matang.
  • Bila sudah matang, angkat dan taburi kelapa parut.
  • Siramkan gula merah cair.

Hmm, yummy! Jika tidak ada gula merah, taburan kelapa dan gula palem juga enak.

2. Singkong Goreng Gurih

Sebelumnya rebus dulu dengan campuran air, bawang putih giling, garam, dan merica agar singkong lebih gurih. Setelah itu, goreng singkong seperti biasa. Dijamin rasanya pasti lebih enak.

Baca Juga: 10 Cara Hidup Hemat dan Sehat ala Anak Kost

Cemilan Murah Rasa Mewah

Daripada jajan cemilan yang mahal dan kurang sehat, lebih baik membuatnya sendiri. Makanan sehat untuk anak kos yang dijamin lebih sehat, bersih, dan hemat.

1. Sandwich Bolognese

Punya roti tawar? Ayo jadikan sandwich ala restoran. Bahan yang dibutuhkan hanya sebutir telur, dua lembar roti tawar.

Siapkan bahan tambahan seperti sosis, mayones, saus bolognese instan, ketimun, dan daun bawang jika suka. Sosis eceran bisa dibeli di warung atau toko dengan harga terjangkau.

Cara makanan anak kos sehat:

  • Buat adonan telur dadar seperti biasa.
  • Masak ½ adonan telur dadar, lalu taruh roti di atasnya.
  • Bungkus roti dengan dadar, lalu balik dan masak hingga matang.
  • Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan.
  • Oleskan margarin, mayones, dan saus bolognese di atas masing-masing roti.
  • Tambahkan tomat dan mentimun.

Hindangan siap dinikmati. Mudah sekali bukan?

2. Bola-Bola Biskuit untuk Cemilan

Punya sisa biskuit atau cracker? Hancurkan biskuit atau cracker itu. Tambahkan satu sachet susu kental manis coklat, susu kental manis putih, lalu aduk rata.

Bisa juga ditambahkan sereal instan, oatmeal, kismis, kacang tanah, dan bahan lainnya sesuai selera. Bola-bola biskuit ini bisa ditaruh di dalam toples kedap udara dan simpan di kulkas supaya lebih renyah dan tahan lama.

Ada banyak lagi jenis makanan anak kos sehat seperti sayur bayam, sayur kangkung, sayur asem, tempe dan tahu goreng, sayur sop, kacang panjang, sawi putih, nasi goreng, dan lainnya. Berbagai jenis sayuran dijual dengan harga cukup terjangkau di tukang sayur atau pasar.

Demikian 10 menu makanan sehat untuk anak kos yang mudah dibuat dan ringan di kantong. Beberapa bahan untuk makanan anak kos sehat di atas juga bisa diganti sesuai dengan selera dan kondisi keuangan. Selamat mencoba!

 

  1. Blog Unik, 2018. Menu Makanan Sehat Untuk Anak Kos. https://blogunik.com/menu-makanan-sehat-untuk-anak-kos/. (Diakses tanggal 14 Desember 2021).
  2. Hardian, Nur Luthfiana. 2020. 15 Resep menu makan siang untuk anak kos, praktis, enak, dan sehat. https://www.briliofood.net/resep/15-resep-menu-makan-siang-untuk-anak-kos-praktis-enak-dan-sehat-201201e.html. (Diakses tanggal 14 Desember 2021).
  3. Lolita, Lola. 2019. 20 Resep masakan sederhana anak kos, murah, mudah, & praktis. https://www.briliofood.net/resep/20-resep-masakan-sederhana-anak-kos-murah-mudah-praktis-1912188.html. (Diakses tanggal 14 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi