Terbit: 26 November 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Kamu pelajar atau mahasiswa? Jika ya, mungkin kamu perlu cara hidup hemat anak kost. Tips ini bisa membantu memudahkan hari-hari kamu selama hidup di tempat kost. Yuk, selengkapnya simak daftar tips irit ala anak kos berikut ini!

10 Cara Hidup Hemat dan Sehat ala Anak Kost

Cara Hidup Hemat Anak Kost

Hidup sendiri di tempat kost dengan alasan sedang menjadi pelajar, mahasiswa, atau pekerja, dibutuhkan kemandirian hampir dalam semua hal. Ini termasuk mengatur keuangan, makan, kesehatan, ongkos, dan keperluan lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu tips atau cara agar kamu bisa hemat dan tetap sehat.

Berikut ini cara hidup hemat anak kost yang bisa kamu terapkan:

1. Tentukan jumlah anggaran

Dalam mengelola keuangan, menyusun anggaran adalah salah satu langkah terpenting ketika menjadi anak kost. Karena itu, pastikan untuk membuat jumlah anggaran harian dan mingguan, termasuk untuk makan dan pengeluaran lainnya.

Perhitungkan semua pengeluaran kamu sehingga tidak ada kemungkinan pengeluaran yang bersifat mendadak.

2. Ambil langkah cerdas

Menuntut ilmu di sekolah atau universitas di luar kota atau luar negeri membutuhkan biaya yang besar, karena kost dan biaya hidup lainnya. Namun, dengan perencanaan yang cerdas, setiap pelajar dapat bertahan hidup dan belajar sekolah impian.

Pertama, perlu tahu apa yang kamu inginkan dan apa yang dibutuhkan. Kamu dapat melakukannya dengan membuat daftar yang paling prioritas.

Carilah cara untuk menghemat uang dan pastikan untuk menggunakannya dengan cerdas. Terlebih lagi, kamu dapat mengurangi pengeluaran harian kamu dengan berbelanja selama diskon, bergabung dengan perpustakaan, menggunakan salinan buku digital, dapatkan kartu diskon pelajar, dan berbagi akomodasi.

3. Menggunakan layanan komunikasi terjangkau

Jika belajar di luar negeri, saling berkabar dengan keluarga dan teman itu akan mengobati rindu dengan kampung halaman. Namun, tagihan biaya telepon bisa melambung dengan cepat.

Selain telepon, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Skype, Zoom, WhatsApp, dan Google Duo yang sudah tersedia secara online. Aplikasi ini tentu membutuhkan data seluler, sudah barang tentu membutuhkan biaya. Sebagai salah satu cara hidup hemat anak kost, carilah wifi gratis yang mungkin tersedia di tempat umum.

4. Masak sendiri

Membeli makanan cepat saji mungkin membuat kamu tidak sehat dan menguras dompet karena harga makanannya tergolong mahal. Jauh lebih sehat dan lebih murah sebaiknya masak sendiri di tempat kost kamu, dengan memilih bahan makanan yang sangat terjangkau tapi menyehatkan.

Kamu juga bisa memasak makanan bersama dengan teman samping kamar kost. Dengan begitu, ini menjadi cara hidup hemat anak kos, sehingga pengeluaran tidak akan membengkak.

Baca Juga: 11 Menu Makanan Sehat yang Praktis dan Hemat

5. Berbelanja dengan cerdas

Ada banyak tips agar bisa berbelanja lebih cerdas untuk keuntungan anggaran kamu. Cobalah berbelanja di pasar tradisonal untuk membeli bahan masakan yang tak bermerek tapi memiliki kualitas. Ini akan membuat kamu hemat dua kali lipat. Jika berbelanja di supermarket, cari produk yang diskon atau beli satu dapat satu gratis.

6. Tetap aktif secara fisik

Menjadi seorang pelajar yang hidup di tempat kos sangat penting untuk menjaga kesehatan. Untuk itu, usahakan untuk makan sehat dan rajin olahraga.

Tetap aktif secara fisik dengan anggaran siswa tidak sesulit yang kamu bayangkan. Rajin olahraga dapat bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan mental.

Untuk mencapai kebugaran fisik biasanya pergi ke gym, tapi ini membutuhkan biaya yang membuat anggaran membengkak. Sebagai tips hidup hemat anak kost, kamu bisa menggunakan fasilitas umum untuk berolahraga. Misalnya universitas yang memiliki tempat gym gratis atau tempat umum yang menyediakan alat gym sederhana.

7. Membawa bekal makan

Daripada makan di kantin, bawalah bekal makanan yang kamu masak sendiri di kost. Selain memastikan makanan higienis dan sehat, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk makan. Carilah menu yang praktis namun tetap mementingkan kesehatan, mengingat peralatan memasak di tempat kost tidak selengkap di rumah sendiri.

8. Membawa air minum ke mana pun

Biasakan membawa botol air minum ke mana pun kamu pergi dan hindari minuman ringan saat makan di sekolah atau kampus. Air putih mungkin bukan minuman pilihan kamu, tetapi air selalu merupakan pilihan yang paling sehat dan biasanya benar-benar hemat.

Baca Juga: 11 Cara Menerapkan Green Living yang Bikin Lingkungan Sehat

9. Menabung

Cobalah menyisihkan uang ke dalam celengan sebagai tabungan kamu. Ini adalah cara hidup hemat anak kos yang bisa diterapkan oleh siapa pun.

Tidak perlu memerlukan uang yang besar, cukup uang recehan dari kembalian, misal lima ribu atau sepuluh ribu rupiah sehari. Dalam sebulan kamu bisa mengumpulkan uang 150 ribu atau 300 ribu rupiah, lumayan bukan?

10. Mencari kerja sampingan

Jika masih memiliki sisa waktu setelah pelajaran, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Uang yang akan kamu dapatkan tentu membantu biaya sehari-hari, seperti untuk makan, bayar sewa kost, membeli materi akademik, dan bahkan bisa membayar uang sekolah. Langkah ini mungkin akan membantu diri sendiri dan orang tua kamu.

Itu dia tips hidup hemat anak kost yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. Money Management Tips for Students Studying Abroad. https://www.studyusa.com/en/a/2095/money-management-tips-for-students-studying-abroad. (Diakses pada 26 November 2021)
  2. Anonim. 2017. Student budgeting: how to stay healthy on a student budget. https://www.surrey.ac.uk/features/student-budgeting-how-stay-healthy-student-budget. (Diakses pada 26 November 2021)
  3. Jones, Ryan P. 2019. 21 money-saving tips and tricks for students. https://students.ubc.ca/ubclife/21-money-saving-tips-tricks. (Diakses pada 26 November 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi