Terbit: 10 Februari 2022 | Diperbarui: 15 Maret 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Self love adalah prinsip menghargai diri sendiri dengan memperlakukan yang terbaik untuk diri pribadi. Prinsip ini ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan fisik maupun mental. Selengkapnya simak manfaat dan cara menerapkannya  di bawah ini!

Manfaat Self Love (Cinta Diri Sendiri) dan Cara Menerapkannya

Apa Itu Self Love?

Self love adalah mencintai diri sendiri sepenuhnya, memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan dan rasa hormat, serta memelihara pertumbuhan dan kebahagiaan. Namun, mencintai diri sendiri tidak hanya mencakup bagaimana memperlakukan diri sendiri, tetapi juga pikiran dan perasaan tentang diri sendiri.

Jadi, ketika mengonsepkan self love, Anda dapat membayangkan apa yang akan dilakukan untuk diri sendiri, bagaimana berbicara dengan diri sendiri, dan bagaimana perasaan tentang diri sendiri yang mencerminkan cinta dan perhatian.

Apabila mencintai diri sendiri, Anda memiliki pandangan positif secara keseluruhan tentang diri. Hal ini tidak berarti Anda merasa positif tentang diri sendiri sepanjang waktu. Misalnya, untuk sementara Anda bisa merasa kesal, marah, atau kecewa dengan diri sendiri, tetapi masih mencintai diri sendiri.

Jenis Self Love

Mencintai diri sendiri terbagi menjadi tiga jenis, berikut di antaranya:

  • Fisik. Mengacu pada bagaimana seseorang melihat diri sendiri.
  • Mental. Bagaimana seseorang memikirkan diri sendiri (penerimaan diri).
  • Psikologis. Mengacu pada bagaimana seseorang memperlakukan diri sendiri (harga diri).

Baca Juga: God Complex, Sifat Berlebihan Mencintai Diri Sendiri

Manfaat Self Love untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Agar mencapai mencintai diri sendiri, penting untuk memprioritaskan diri Anda. Mengembangkan cinta diri membutuhkan waktu, jadi harus melatihnya setiap hari.

Berikut ini beberapa manfaat self love:

1. Mendapatkan kepuasan hidup

Ketika benar-benar mencintai diri sendiri, Anda membuat pola pikir penerimaan. Pribadi menjadi bersedia untuk menerima tahapan dan kondisi hidup, dan bertanggung jawab atas tindakan yang Anda lakukan.

Diri pribadi juga dapat mengenali dari mana datangnya cinta, kebahagiaan, gairah, dan kebenaran. Ketika mengakui kekuatan yang dimiliki atas hidup Anda, ini akan membuat diri puas dengan bagaimana menjalaninya.

Cukup puas dengan hidup memiliki dampak pada mental yang besar, yang membantu mengurangi stres secara keseluruhan.

2. Menjalani gaya hidup sehat

Selama proses dalam mencintai diri sendiri, Anda pasti ingin memberikan semua yang dibutuhkan diri sendiri, seperti tidur yang cukup, makanan sehat, cukup minum air, dan olahraga.

Menjalani gaya hidup sehat mungkin sulit bagi kebanyakan orang, tetapi ini dapat dilakukan untuk membantu mencapai self love. Mencintai diri sendiri akan memberi pribadi motivasi untuk memasukkan tujuan ke dalam rutinitas harian.

Hasil positif dari gaya hidup akan segera terlihat ketika mewujudkan kepercayaan diri untuk memulai tantangan baru. Manfaat mengembangkan kebiasaan sehat, termasuk bersyukur, menghabiskan waktu sendirian, melatih kesadaran, memaafkan, dan bangga dengan kepercayaan diri.

3. Mengembangkan harga diri yang sehat

Self love adalah prinsip untuk mengembangkan harga diri yang sehat, yang membuat merasa baik tentang diri, pendapat Anda, dan kemampuan. Memiliki harga diri yang sehat berarti memahami kegagalan adalah kesempatan untuk belajar, bukan tanda kekalahan yang mengecewakan.

Kebanggaan dan kepercayaan diri tidak akan mudah berkurang ketika menghargai pendapat dan kemampuan diri. Dalam aktivitas dan tugas sehari-hari, Anda akan menyelesaikan berbagai hal tanpa merasa ragu.

Harga diri berperan besar dalam kesehatan mental. Apabila memiliki harga diri yang tinggi, akan cenderung tidak mengalami kesepian, penyalahgunaan obat atau alkohol, atau kecemasan.

4. Belajar menghadapi kesulitan

Manfaat mencintai diri sendiri akan merasa kurang stres atau tidak nyaman ketika menghadapi peristiwa atau situasi yang sulit. Terkait menghadapi kesulitan, berikut ini manfaat lain mencintai diri sendiri:

  • Tidak akan bersaing dengan atau membandingkan diri dengan orang lain.
  • Mampu menerima kesulitan.
  • Menjadi pemikir yang optimis.
  • Siap untuk menjadi kreatif dan mencoba hal-hal baru.

Baca Juga: Cara Melakukan Self Healing agar Pikiran Lebih Tenang

Cara Mempraktikkan Self Love

Ketika menghargai diri sendiri, Anda cenderung memilih hal-hal yang memelihara kebahagiaan dan melayani diri sendiri dengan baik. Misalnya makan makanan sehat, rajin berolahraga, atau memiliki hubungan yang sehat.

Berikut ini cara mempraktikkan self love yang bisa Anda terapkan:

1. Merawat diri dengan baik

Ketika lebih memerhatikan kebutuhan dasar, Anda akan lebih mencintai diri sendiri. Orang yang memiliki rasa cinta diri sendiri yang tinggi akan merawat dirinya setiap hari melalui aktivitas yang sehat, seperti asupan nutrisi yang baik, olahraga, tidur yang cukup, keakraban, dan interaksi sosial yang sehat.

2. Mengambil tindakan berdasarkan kebutuhan daripada keinginan

Tetap fokus pada apa yang dibutuhkan daripada keinginan, Anda akan berpaling dari pola perilaku otomatis yang membawa diri ke dalam masalah, membuat diri terjebak di masa lalu, dan mengurangi cinta diri.

3. Memberi ruang untuk kebiasaan yang sehat

Mulailah untuk merawat diri sendiri dengan mencerminkan hal itu dalam apa yang Anda makan, bagaimana berolahraga, dan apa yang kamu lakukan untuk menghabiskan waktu.

Melakukan sesuatu, bukan untuk menyelesaikannya atau karena suatu keharusan, tetapi karena peduli diri sendiri.

4. Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dalam lingkungan sudah biasa untuk menjadi kompetitif, jadi membandingkan diri diri dengan orang lain adalah wajar. Namun, ini sebenarnya bisa berbahaya.

Tidak ada gunanya membandingkan diri dengan orang karena Anda hanya satu-satunya. Jadi, fokuslah pada diri sendiri dan proses Anda untuk mencapai self love alias mencintai diri sendiri.

5. Jangan hiraukan pendapat orang lain

Sebaiknya jangan khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan atau harapkan dari diri Anda. Anda tidak harus bisa membuat semua orang bahagia, karena ini hanya akan buang-buang waktu dan hanya akan memperlambat proses untuk menjadi diri yang lebih baik.

Baca Juga: Self-Deprecation, Sikap Rendah Diri Berselubung Candaan yang Berdampak Buruk!

6. Percaya diri mengambil keputusan

Mungkin kita begitu sering meragukan diri sendiri dan kemampuan untuk melakukan apa yang benar, ketika kita tahu apa yang terbaik. Penting untuk diingat bahwa perasaan Anda benar.

Sebenarnya Anda tidak kehilangan kontak dengan realita. Sesungguhnya Anda mengenal diri sendiri lebih baik daripada orang lain. Maka dari itu, jadilah penasihat terbaik bagi Anda sendiri

7. Jangan takut menghindari orang berpengaruh buruk

Tidak semua orang bertanggung jawab atas perbuatan yang mereka lakukan. Jika dekat dengan seseorang yang memberi pengaruh buruk (misalnya toxic friend) ke dalam hidup Anda dan mereka tidak mau bertanggung jawab, itu artinya harus dijauhi.

Jangan takut untuk melakukan hal tersebut, karena keputusan Anda tepat meskipun mungkin menyakitkan.

8. Mengatasi ketakutan

Merasa takut itu wajar dan manusiawi ketika melakukan kesalahan. Untuk itu, biarkan rasa takut muncul dalam diri Anda.

Anggap saja rasa takut untuk melatih diri yang benar-benar dapat membantu kesehatan mental. Menyelidiki dan mengevaluasi ketakutan dapat membantu mendapatkan kejelasan dan mengungkap masalah dalam hidup yang menyebabkan kecemasan.

Hal tersebut pada gilirannya dapat membantu meringankan sebagian kecemasan.

9. Berani tampil di depan umum

Cobalah untuk membiasakan mengungkapkan pikiran Anda di hadapan banyak orang. Keberanian itu akan tumbuh semakin banyak ketika melatihnya.

Jangan menunggu intruksi, sebaiknya inisiatif dangan memerikan pemikiran untuk sesuatu dan kemudian ambil tindakan. Ketahuilah bahwa suara Anda sama pentingnya dengan suara orang lain.

10. Berbaik hati pada diri sendiri

Lingkungan nyata maupun di dunia maya penuh dengan kata-kata kasar dan kritik, untuk itu jangan tambahkan kata-kata itu dari Anda. Sebaliknya, bicaralah dengan baik pada diri sendiri, dan jangan menyebut diri sendiri jahat.

Butuh proses untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik. Maka dari itu, beri penghargaan untuk diri sendiri dengan merayakannya selain ulang tahun.

Baca Juga: Self-Loathing (Benci Diri Sendiri): Ciri-Ciri, Dampak Buruk, dan Cara Mengatasi

Itulah penjelasan tentang self love mencintai diri sendiri yang penting untuk setiap orang, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2018. 4 Benefits of Self-Love and Why It’s Important. https://www.healthymepa.com/2018/05/15/4-benefits-self-love-important/ (Diakses pada 10 Februari 2022)
  2. Borenstein, Jeffrey. 2020. Self-Love and What It Means. https://www.bbrfoundation.org/blog/self-love-and-what-it-means (Diakses pada 10 Februari 2022)
  3. Martin, Sharon. 2019. What is Self-Love and Why Is It So Important?. https://psychcentral.com/blog/imperfect/2019/05/what-is-self-love-and-why-is-it-so-important#What-is-self-love? (Diakses pada 10 Februari 2022)
  4. Stewart, Alison R. 2018. 13 Steps to Achieving Total Self-Love. https://www.healthline.com/health/13-self-love-habits-every-woman-needs-to-have (Diakses pada 10 Februari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi