Terbit: 8 September 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Vitamin D umumnya dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat vitamin D untuk wanita tidak sebatas itu? Kenali sejumlah manfaatnya melalui ulasan berikut.

Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Vitamin D untuk Wanita

Manfaat Vitamin D bagi Kesehatan Wanita

Vitamin D memegang peran penting terhadap fungsi tubuh, terutama dalam membantu tubuh menyerap fosfor dan kalsium. Kedua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Tak hanya itu, manfaat vitamin D untuk wanita juga tidak bisa disepelekan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat tersebut, di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Kekurangan vitamin D berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Seperti dikutip dari WebMd, wanita yang memiliki kadar vitamin D dalam jumlah normal mengalami penurunan risiko terkena kanker payudara sebesar 63 persen.

Selain itu, penelitian yang dilakukan terhadap tikus menunjukkan bahwa kurang vitamin D dapat membantu sel kanker untuk tumbuh.

Kendati demikian, penelitian mengenai manfaat vitamin D untuk wanita yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker masih diperlukan.

Baca JugaSejumlah Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Hamil

2. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis rentan dialami oleh wanita daripada pria. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi saat menopause.

Perlu Anda ketahui, estrogen adalah hormon yang memegang peran penting terhadap kesehatan tulang. Nah, setelah menopause, kadar hormon ini turun sehingga kepadatan tulang menjadi berkurang.

Menurut penelitian, asupan vitamin D dan kalsium yang cukup dari makanan dapat membantu memperlambat kehilangan mineral tulang, mencegah osteoporosis, dan mengurangi kejadian patah tulang.

3. Menurunkan Berat Badan

Obesitas berhubungan dengan kekurangan vitamin D. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D harian.

Penelitian menunjukkan bahwa pria dan wanita dengan obesitas dapat mengalami penurunan badan secara signifikan karena mencukupi kebutuhan vitamin D harian.

Kendati demikian, asupan vitamin D dibarengi dengan program diet ketat, seperti rutin olahraga dan menjaga pola makan sehat.

Mengetahui fakta tersebut, Anda disarankan untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, baik lewat paparan matahari maupun makanan sehari-hari.

Berjemurlah selama 10 hingga 15 menit setiap pagi. Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, seperti ikan salmon, ikan tuna, dan susu rendah lemak.

4. Memperbaiki Suasana Hati

Menjelang menopause, seorang wanita bisa mengalami beberapa gejala seperti hot flashes, masalah tidur, menstruasi tidak lancar, hingga gangguan suasana hati.

Terdapat berbagai faktor yang bisa memengaruhi suasana hati memasuki menopause, salah satunya perubahan hormon.

Nah, vitamin D bermanfaat untuk menjaga mood Anda tetap stabil. Menurut penelitian meta analisis di tahun 2020, sebanyak lebih dari 7.500 orang dengan depresi melaporkan bahwa gejala membaik setelah mengonsumsi suplemen vitamin D.

Sebagai catatan, para peneliti menyimpulkan bahwa kekurangan vitamin D memegang peran dalam hal ini.

5. Menjaga Kehamilan yang Sehat

Manfaat vitamin D untuk wanita hamil berkaitan dengan kadar fosfor dan kalsium di dalam tubuh. Perlu Anda ketahui, vitamin D berperan penting untuk mempertahankan kadar kedua mineral tersebut.

Kekurangan vitamin D berhubungan dengan meningkatnya kondisi preeklampsia, diabetes, dan kehamilan yang berbahaya.

Baca Juga7 Vitamin yang Penting Dikonsumsi Agar Kulit Tetap Sehat

6. Meningkatkan Kesuburan

Wanita sebaiknya mencukupi kebutuhan vitamin D harian. Pasalnya, vitamin yang satu ini memegang peran penting untuk meningkatkan kesuburan.

Penelitian menemukan bahwa kadar vitamin D yang rendah pada wanita berhubungan dengan risiko endometriosis atau gangguan ovulasi. Kondisi ini menjadi salah satu faktor wanita sulit untuk hamil.

Tak hanya itu, vitamin ini juga dapat membantu memperbesar peluang keberhasilan program bayi tabung atau in vitro fertilisation (IVF).

Terkait dengan manfaat vitamin D untuk wanita yang satu ini, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Demikian sejumlah khasiat vitamin D bagi kesehatan wanita. Mengetahui manfaat tersebut, penuhi kebutuhan harian vitamin ini sesuai dengan kondisi masing-masing.

Perlu diketahui, wanita dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 14 hingga 70 mcg atau 600 IU vitamin D dalam sehari. Jumlah ini sama dengan saat wanita hamil dan menyusui.

 

  1. Anonim. Osteoporosis. https://www.nhs.uk/conditions/osteoporosis/causes/. (Diakses 8 September 2022).
  2. Anonim. 2021. Vitamin D. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-d/art-20363792. (Diakses 8 September 2022).
  3. Cristol, Hope. 2021. Myths and Facts about Cancer and Vitamin D. https://www.webmd.com/cancer/cancer-vitamin-d-myths-facts. (Diakses 8 September 2022).
  4. Johnson, Traci C. 2022. How Do I Know if I’m in Menopause? https://www.webmd.com/menopause/guide/understanding-menopause-symptoms. (Diakses 8 September 2022).
  5. Michos, Erin Donnelly. How Does Vitamin D Affect Women’s Health? https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/how-does-vitamin-d-affect-womens-health. (Diakses 8 September 2022).
  6. Miller, Korin. 2022. What Are The Benefits Of Vitamin D And How Much Do You Really Need Per Day? ttps://www.womenshealthmag.com/health/a40120300/vitamin-d-benefits/. (Diakses 8 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi