Terbit: 10 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika bangun tidur tenggorokan sakit, kemungkinan Anda memiliki masalah kesehatan yang ringan hingga serius. Yuk kenali penyebab dan cara mengatasinya berikut ini!

9 Penyebab Bangun Tidur Tenggorokan Sakit dan Cara Mengobatinya

Penyebab Bangun Tidur Tenggorokan Sakit?

Jika tenggorokan terasa kering, gatal, atau sakit saat menelan, kemungkinan besar ini adalah gejala sakit tenggorokan. Anda mungkin menduga telah terinfeksi virus atau bahkan COVID-19.

Namun, jika tidak merasa sakit dan tidak demam, tetapi sering sakit tenggorokan saat bangun tidur, mungkin ada faktor lain yang yang menjadi penyebabnya.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur:

1. Dehidrasi

Tubuh tidak akan bekerja dengan baik jika kehilangan cairan tubuh (dehidrasi) melalui keringat. Dehidrasi juga disebabkan mengonsumsi obat yang membuat buang air kecil lebih banyak atau menurunkan berat badan.

Ketika tidur malam tanpa minum air, mungkin terbangun dengan kondisi mulut kering dan tenggorokan sakit dan gatal yang membuat kesulitan menelan. Ciri dehidrasi lainnya, termasuk sakit kepala, pusing, kelelahan, sembelit, dan urin berwarna gelap.

2. Refluks asam lambung

Refluks asam lambung adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Dalam istilah medis kondisi ini adalah gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD terjadi karena lower esophageal sphincter (LES) atau cincin otot kerongkongan dalam keadaan lemah. Dalam keadaan normal, LES terbuka yang memungkinkan makanan masuk ke perut. Kemudian menutup untuk menghentikan makanan dan cairan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Asam lambung dapat mengiritasi tenggorokan, sehingga menyebabkan beberapa gejala, termasuk suara serak, mulas, atau bangun tidur tenggorokan sakit.

3. Mendengkur

Hampir semua orang mungkin pernah mendengkur ketika tidur. Dengkuran yang terdengar keras terjadi ketika otot-otot tenggorokan rileks dan udara yang mengalir melalui tenggorokan menggetarkan jaringan di sekitarnya.

Getaran konstan di saluran napas ketika mendengkur adalah penyebab sakit tenggorokan. Mendengkur juga erat kaitannya dengan pernapasan mulut, yang dapat membuat mulut kering dan tenggorokan gatal saat bangun tidur.

4. Sleep apnea

Meskipun mendengkur adalah kondisi yang umum terjadi, tetapi mendengkur kronis bisa menjadi tanda sleep apnea, gangguan tidur serius di mana pernapasan Anda bisa mulai dan berhenti beberapa kali di malam hari.

Terdapat beberapa jenis sleep apnea, tetapi jenis yang paling sering terjadi adalah obstructive sleep apnea (OSA).

Ketika mengalami OSA, otot-otot tenggorokan rileks dan menghambat jalan napas ketika berbaring. Kondisi ini membuat kesulitan bernapas. Bangun tidur tenggorokan sakit atau mulut kering adalah salah satu gejalanya.

5. Alergi

Jika memiliki alergi terhadap alergen (pemicu alergi) lingkungan seperti serbuk sari, jamur, bulu binatang, atau tungau debu, dapat mengiritasi hidung dan saluran pernapasan. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang disertai gatal.

Baca Juga: Sakit Tenggorokan: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati

6. Infeksi virus

Virus dapat menyebabkan infeksi seperti pilek atau flu, sering kali menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Gejala infeksi virus lainnya, termasuk batuk, pilek, bersin, demam, suara serak, pembengkakan kelenjar di leher atau rahang, pegal-pegal, sakit kepala, mual atau muntah. Infeksi virus biasanya akan hilang dalam 5-7 hari tanpa pengobatan.

7. Radang tenggorokan

Infeksi bakteri juga dapat dengan cepat menyebabkan tenggorokan sakit saat bangun tidur. Penyebab radang tenggorokan yang paling umum adalah bakteri yang disebut Streptococcus pyogenes.

Selain radang tenggorokan, gejala lainnya adalah kesulitan menelan dan
demam, amandel bengkak dan merah, bintik di langit-langit mulut, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Jika mengalami radang tenggorokan, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik.

8. Infeksi HIV

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah jenis infeksi virus, yang juga menyebabkan sakit tenggorokan atau gejala seperti flu pada tahap awal.

Jika positif HIV, Anda mungkin sering mengalami sakit tenggorokan yang berat. Kondisi ini mungkin akibat infeksi jamur (disebut sariawan) yang dapat terjadi karena kekebalan tubuh lemah.

Virus cytomegalovirus (CMV) juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Ini dapat menjadi kondisi serius jika tubuh tidak memiliki kemampuan untuk melawan virus.

9. Tumor

Jika muncul benjolan atau tumor kanker di dekat atau di tenggorokan, di lidah, atau di dekat kotak suara (laring), mungkin mengalami sakit tenggorokan.

Gejala lain dari tumor di tenggorokan yang mungkin terjadi, termasuk:

  • Suara serak.
  • Kesulitan menelan.
  • Mengi.
  • Bercak darah di air liur.

Jika mengalami gejala-gejala ini, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: 10 Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan dan Pengobatannya

Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit saat Bangun Tidur

Perawatan untuk pengobatan sakit tenggorokan dapat dilakukan dengan cara alami maupun medis. Berikut ini beberapa pengobatannya:

1. Minum cairan yang banyak

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh dehidrasi. Nah, cara ampuh untuk mengatasi dehidrasi dan tenggorokan kering adalah perbanyak minum air putih.

Jumlah air yang dibutuhkan setiap hari tergantung pada usia, tinggi badan, berat badan, dan cuaca setempat. Jumlah air minum yang dianjurkan adalah delapan gelas air per hari. Anda juga dapat menggunakan pelembap udara (humidifier)

2. Perubahan pola makan

Jika mengalami refluks asam, Anda dapat meringankan gejalanya dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Mengangkat meninggikan posisi kepala dengan beberapa bantal di bawah bahu dan kepala juga akan membantu.

Anda juga dapat minum obat yang dijual bebas untuk meringankan masalah pencernaan ini, seperti antasida. Namun, beberapa orang mungkin memerlukan pembedahan.

Perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan, olahraga teratur, atau mengurangi merokok dan alkohol, juga dapat mengatasi sleep apnea.

3. Mengubah posisi tidur untuk obati mendengkur

Jika sering mendengkur ketika tidur, cobalah mengubah posisi dengan tidur miring, karena tidur terlentang akan memperburuk keadaan. Cobalah cara mengatasi tenggorokan sakit saat bangun tidur ini secara rutin, terutama ketika kambuh.

Dokter mungkin juga akan meresepkan obat untuk mengatasi  alergi atau obat tidur agar bisa tidur nyenyak.

4. Obat pereda nyeri

Jika infeksi virus menyebabkan nyeri atau demam tinggi, obat pereda nyeri ringan seperti acetaminophen bisa membantu meringankan gejalanya. Namun, jika sakit tenggorokan berat dan berlangsung lebih dari seminggu, segera hubungi dokter.

5. Antihistamin

Sebagian besar obat alergi, seperti antihistamin, tersedia tanpa resep dokter dan dapat mengurangi efek alergi dan meredakan beberapa iritasi. Jika tidak yakin dengan gejala yang Anda rasakan karena alergi atau bukan, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

6. Obat Spray untuk Radang Tenggorokan

Betadine Sore Throat Spray adalah obat semprot sakit tenggorokan dengan kandungan Povidone-Iodine 0.45%w/v yang efektif untuk membunuh bakteri, virus, atau fungi penyebab radang tenggorokan. 

Penyebab Bangun Tidur Tenggorokan Sakit dan Cara Mengobatinya doktersehat

Cara pakai obat ini sangat mudah dan praktis dengan menyemprotkan cairan ke bagian belakang tenggorokan setiap 3 sampai 4 jam sesuai kebutuhan, maksimal 3 kali spray per hari.

Gunakan setelah Anda mulai mendeteksi gejala sakit dan radang tenggorokan. Obat ini mampu bekerja dalam waktu 30 detik untuk meredakan gejala sakit tenggorokan.

Dapatkan Betadine Sore Throat Spray 50 ml di apotek online Farmaku dan nikmati diskon besar setiap hari!

Itulah berbagai faktor kenapa bangun tidur tenggorokan sakit dan kiat-kiat bagaimana mengatasinya yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim 2020. GERD. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/reflux-disease-gerd-1 (Diakses pada Januari 2022)
  2. Boland, Bobby. 2021. Why Does My Throat Hurt When I Wake Up?. https://www.bannerhealth.com/healthcareblog/teach-me/why-does-my-throat-hurt-when-i-wake-up (Diakses pada Januari 2022)
  3. Purves, Robbie. 2021. Why do I wake up with a sore throat?. https://www.birminghammail.co.uk/news/health/wake-up-sore-throat-21710964 (Diakses pada Januari 2022)
  4. Sreenivas, Shishira. 2021. Waking Up With Sore Throat: What to Know. https://www.webmd.com/sleep-disorders/sleep-apnea/waking-with-sore-throat (Diakses pada Januari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi