Terbit: 15 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kacang dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi penderita diabetes karena rendah karbohidrat serta tinggi protein, serat, dan lemak baik. Lantas, apa saja jenis kacang yang bagus untuk penderita diabetes? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

8 Jenis Kacang yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Jenis Kacang Terbaik untuk Penderita Diabetes

Jika Anda sedang mencari camilan yang aman untuk penderita diabetes, maka kacang bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Berikut adalah beberapa jenis kacang yang bisa Anda jadikan pilihan, di antaranya:

1. Kacang Almond

Almond dapat mengurangi kenaikan gula darah dan jumlah insulin setelah makan. Alasan utamanya terletak pada jumlah magnesium yang tinggi. 

Banyak penderita diabetes yang kekurangan magnesium. Ketika jumlah magnesium dalam tubuh tercukupi, maka kadar gula darah juga akan lebih terkontrol. 

Konsumsi 28 gram almond sebelum makan dapat menurunkan 30% kadar glukosa dalam darah pada penderita diabetes tipe 2. 

Baca JugaMakan Kacang Bikin Kulit Wajah Jerawatan, Mitos atau Fakta?

2. Kacang Kenari

Konsumsi kacang kenari dapat memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh, seperti menurunkan kolesterol dan meningkatkan sensitivitas insulin. 

Ketika insulin dalam tubuh lebih sensitif, maka gula dalam darah bisa dipakai oleh sel dengan lebih optimal. Kondisi ini akan menyebabkan penurunan gula darah dan risiko diabetes tipe 2 juga akan menurun.

Selain itu, kacang kenari juga kaya akan serat pangan yang sulit untuk dicerna. Dengan demikian, penyerapan gula ke dalam darah juga akan menjadi lebih lambat.

3. Kacang Mete

Kacang mete mengandung lemak tidak jenuh yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Lemak ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, mengurangi inflamasi, dan menjaga kadar gula dalam darah sehingga memiliki efek mencegah diabetes tipe 2

Sebuah penelitian menyatakan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang menjalani pola makan yang ditambah dengan kacang mete memiliki tekanan darah yang lebih rendah, serta tidak memiliki dampak pada gula darah dan berat badan. 

4. Kacang Pistachio

Kacang ini memiliki jumlah energi yang tinggi serta mengandung protein, serat, dan lemak yang dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tidak menjadi terlalu tinggi.

Pistachio diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga memiliki sedikit dampak pada gula darah. Selain itu, magnesium dalam kacang ini dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. 

5. Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung serat dan protein dalam jumlah yang tinggi. Kacang ini diketahui tidak cepat membuat gula darah naik, sehingga bisa membuat kenyang tanpa takut terjadi lonjakan gula darah. 

Kacang ini juga efektif untuk menurunkan kolesterol LDL sehingga kadar gula darah bisa lebih terjaga.

6. Kacang Merah

Kacang merah memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Namun, kacang ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. 

Pati dalam kacang merah memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga kenaikan gula darah akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan pati lainnya. Inilah yang membuat kacang merah baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Selai Kacang? 

7. Kacang Hitam

Salah satu alasan mengapa kacang hitam baik untuk penderita diabetes adalah karena indeks glikemiknya yang rendah. Karbohidrat kompleks di dalamnya membuat kacang ini sulit untuk dicerna sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara signifikan. 

Selain itu, kacang hitam juga mengandung serat pangan, protein, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh.

8. Kacang Arab

Kacang arab atau chickpeas memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Selain itu, nutrisi makro lain seperti vitamin C, vitamin E, beta karoten, dan mangan juga banyak ditemukan dalam kacang ini. 

Kacang arab bisa menjadi sumber protein dan serat yang sangat baik. Oleh karena kandungan seratnya, kacang ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. 

Nah, itulah berbagai jenis kacang yang baik untuk penderita diabetes. Meskipun memiliki khasiat, sebaiknya tetap batasi jumlahnya karena kacang mengandung kalori yang tinggi.

Selain itu, hindari konsumsi kacang yang sudah mendapatkan tambahan garam atau gula. Sebaiknya konsumsi dalam bentuk utuh atau dipanggang tanpa tambahan apa pun untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

 

  1. Anonim. Chickpeas. https://defeatdiabetes.org/resources/healthful-eating/legumes/chickpeas/. (Diakses pada 13 Desember 2022).
  2. Anonim. Fat – A Necessary Part of Any Human Diet. https://defeatdiabetes.org/resources/healthful-eating/fats-and-oils/. (Diakses pada 13 Desember 2022).
  3. Anonim. 2014. Walnuts Could Increase Insulin Sensitivity And Counter Prostate Cancer Development. https://www.diabetes.co.uk/news/2014/nov/walnuts-could-increase-insulin-sensitivity-and-counter-prostate-cancer-development-91768115.html. (Diakses pada 13 Desember 2022). 
  4. Anonim. 2019. Walnut For Diabetes: Here’s How Walnuts May Help Manage Blood Sugar Levels. https://www.ndtv.com/food/walnut-for-diabetes-heres-how-walnuts-may-help-manage-blood-sugar-levels-1983130. (Diakses pada 13 Desember 2022). 
  5. Fletcher, Jenna. 2019. Are Beans Good For Diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325001. (Diakses pada 13 Desember 2022).
  6. Kandola, Aaron. 2019. What Are The Best Nuts For Diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324141. (Diakses pada 13 Desember 2022). 
  7. Kaplan, Kim. 2022. Black Beans Help Fix Insulin Resistance and Gut Bacteria Balance. https://www.ars.usda.gov/news-events/news/research-news/2021/black-beans-help-fix-insulin-resistance-and-gut-bacteria-balance/. (Diakses pada 13 Desember 2022). 
  8. Laguaite, Madeline. 2022. Health Benefits of Pistachios. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-pistachios. (Diakses pada 13 Desember 2022).
  9. Lawler, Moira. 2021. The Best Nuts for Diabetes: Walnuts, Almonds, and More. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/best-nuts-diabetes-walnuts-almonds-more/. (Diakses pada 13 Desember 2022).
  10. Schaefer, Juliann. 2019. Diabetes and Almonds: What You Need to Know. https://www.healthline.com/health/diabetes/almonds. (Diakses pada 13 Desember 2022). 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi