Terbit: 23 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Cita rasa manis yang melekat pada buah mangga sering membuat penderita diabetes khawatir untuk mengonsumsinya. Lantas, apakah pengidap diabetes sama sekali tidak boleh mengonsumsinya? Simak penjelasannya dalam ulasan di bawah ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Mangga? Cek Aturannya

Penderita Diabetes Makan Buah Mangga, Amankah?

Buah mangga memiliki lebih dari 90% kalori yang berasal dari gula alami, hal itulah mengapa mangga berperan pada peningkatan gula darah bagi penderita diabetes.

Namun, buah mangga juga mengandung serat dan berbagai antioksidan. Kedua kandungan ini berfungsi dalam meminimalkan dampak gula darah secara keseluruhan.

Serat memperlambat laju tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah, sementara kandungan antioksidannya dapat membantu mengurangi respons stres apa pun yang terkait dengan kenaikan kadar gula darah.

Hal tersebut memudahkan tubuh untuk mengelola masuknya karbohidrat dan menstabilkan kadar gula darah.

Perlu diketahui, penelitian telah membuktikan bahwa mangga memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih rendah. Oleh karena itu, penderita diabetes harus memilih diet seimbang yang mencakup protein, karbohidrat, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Nangka? Ini Penjelasannya

Jadi, terkait pertanyaan bolehkah penderita diabetes makan buah mangga atau tidak, jawabannya adalah boleh. Namun, Anda dianjurkan konsumsi mangga dalam jumlah yang tidak terlalu banyak

Jika penderita diabetes mengonsumsi mangga dalam porsi sedikit dan menghindari makanan lain yang tinggi karbohidrat pada saat itu juga, makan buah mangga tidaklah berbahaya bagi kesehatan.

Nilai gizi mangga sering kali diabaikan karena tingginya kadar gula yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, ahli gizi merekomendasikan asupan mangga dalam jumlah sedikit.

Berapa Indeks Glikemik Mangga?

Salah satu indikator yang digunakan untuk mengelola diet bagi penderita diabetes adalah indeks glikemik. Indikator ini berguna untuk mengukur seberapa cepat makanan tertentu menyebabkan kenaikan gula darah.

Dalam skala 0-100, 0 mewakili tidak ada efek dan 100 mewakili dampak yang diantisipasi dari mengonsumsi gula murni. Makanan apa pun yang memiliki jumlah IG di bawah 55 dianggap rendah  dan mungkin merupakan pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes.

Mengonsumsi makanan dengan jumlah IG yang rendah, kemungkinan memiliki dampak yang lebih kecil terhadap gula darah daripada makanan dengan jumlah yang tinggi.

Buah mangga diketahui memiliki IG rendah yaitu sebanyak 51. Jumlah ini jauh di bawah buah-buahan tropis yang sebanding seperti nanas atau pepaya. Dengan kata lain, porsi mangga yang aman kira-kira seperempat buah atau sekitar 1/2 cangkir buah mangga yang dipotong dadu.

Baca Juga: 9 Buah yang Harus Dibatasi Konsumsinya oleh Penderita Diabetes

Manfaat Buah Mangga untuk Diabetes 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Federation of American Societies for Experimental Biology, menemukan fakta bahwa, rutin mengonsumsi mangga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan—asalkan konsumsi dalam jumlah sedang.

Berikut ini manfaat potensial mangga untuk diabetes, di antaranya:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Buah mangga bisa membantu mengendalikan dan menurunkan kadar gula dalam darah meskipun di dalam buah ini terdapat kandungan gula alami. Jadi, buah mangga bagi penderita diabetes aman untuk dikonsumsi.

2. Menurunkan Resistensi Insulin

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin konsumsi mangga bisa menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

3. Pengganti Karbohidrat

Mangga bisa dijadikan pengganti karbohidrat atau produk susu dalam diet harian. Bahkan, American Diabetes Association memasukkan mangga dalam daftar buah yang bisa dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Baca Juga: 10 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, Cocok untuk Diabetesi

Tips Aman Konsumsi Mangga untuk Penderita Diabetes

Jika Anda menderita diabetes dan ingin mengonsumsi mangga, Anda dapat menggunakan beberapa tips untuk mengurangi kemungkinan peningkatan kadar gula darah.

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Dipadukan dengan Protein

Seperti serat, mengonsumsi protein dapat membantu menurunkan lonjakan gula darah saat mengonsumsinya bersama dengan buah-buahan berkarbohidrat tinggi seperti mangga. Oleh karena itu, cobalah memadukan mangga dengan telur atau kacang rebus.

2. Porsi Sedikit

Cara terbaik untuk mengurangi efek peningkatan gula darah dari mangga adalah dengan jangan terlalu banyak mengonsumsinya dalam satu waktu.

Untuk penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsi mangga sebanyak 1/2 cangkir (82,5 gram) untuk melihat bagaimana respons gula darah Anda.

3. Hindari Karbohidrat Lain saat Makan Mangga

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat lainnya saat konsumsi mangga. Anda bisa mencampurkan irisan mangga ke dalam salad untuk menyeimbangkan efeknya.

4. Periksa Gula Darah

Sebelum mengonsumsi buah mangga dengan makanan lainnya, alangkah baiknya periksa kadar gula darah. Langkah ini penting untuk membantu menentukan dampaknya terhadap kesehatan tubuh.

Pastikan menjalani tips ini dengan disiplin untuk mencegah lonjakan kadar gula darah dengan cepat.

 

  1. Diakiw, Adriana. 2018. How mangoes affect blood sugar and obesity. https://www.medicalnewstoday.com/articles/259753 (Diakses pada 21 Desember 2022)
  2. Dube, Parul. 2022. Is Mango Good for Diabetes?. https://www.healthifyme.com/blog/mango-diabetes/ (Diakses pada 21 Desember 2022)
  3. Hill, Ansley. 2020. Can People with Diabetes Eat Mango?. https://www.healthline.com/nutrition/mango-is-good-for-diabetes (Diakses pada 21 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi