Terbit: 12 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Meski buah mengandung vitamin, serat, dan mineral penting untuk tubuh, namun seseorang yang memiliki penyakit diabetes sebaiknya menghindari beberapa buah tertentu karena kandungan gulanya yang tinggi. Yuk, kenali buah apa saja yang sebaiknya dihindari penderita diabetes dalam ulasan berikut ini. 

9 Buah yang Harus Dibatasi Konsumsinya oleh Penderita Diabetes

Buah Pantangan untuk Penderita Diabetes

Pada dasarnya setiap buah itu sehat untuk tubuh, yang membedakan buah itu lebih baik atau buruk bagi penderita diabetes hanya terletak pada jumlah gula yang terdapat pada buah tersebut. 

Pada penderita diabetes (diabetesi), indeks glikemik (IG) merupakan ukuran seberapa banyaknya makanan dapat memengaruhi gula darah. Angka ini dapat bervariasi bergantung pada tingkat kematangan buah. 

Semakin matang buah, maka semakin tinggi angka IG yang berarti buah tersebut dapat meningkatkan gula darah lebih cepat daripada makanan dengan IG rendah. 

Berikut adalah berbagai jenis buah dengan kadar gula tinggi yang sebaiknya dihindari penderita diabetes, di antaranya:

1. Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini termasuk buah dengan kandungan gula yang tinggi. Semangka memiliki skor indeks glikemik yang tinggi yaitu 76. 

Oleh karena itu, diabetesi perlu membatasi diri untuk mengonsumsi semangka dengan cara membaginya menjadi satu atau dua potong ukuran sedang setiap makan. 

Selain itu, Anda juga bisa mencampur semangka dengan makanan atau buah yang rendah IG agar kadar gula darah tetap stabil.

2. Pisang

Buah selanjutnya yang memiliki skor IG yang tinggi adalah pisang. Walaupun memiliki skor sebesar 62, namun Anda masih bisa mengonsumsi buah ini selama tidak dalam jumlah yang berlebihan. 

Bagi diabetesi tipe 2, Anda bisa menggabungkan pisang dengan yoghurt (sumber protein) atau kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan pistachio untuk mengurangi keinginan mengonsumsi makanan ringan sepanjang hari. 

Mengonsumsi pisang dengan cara tersebut dapat membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Baca JugaDiabetes Tipe 2: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

3. Mangga

Buah yang cukup populer di Indonesia ini adalah salah satu buah yang mengandung kadar gula yang tinggi. Pada umumnya, mangga mengandung gula sebanyak 14 gram untuk setiap porsinya (100 gram). Oleh karena itu, mangga menjadi salah satu buah yang perlu dihindari bagi penderita diabetes. 

4. Nanas

Buah nanas mengandung kadar gula yang tinggi sekitar 10 gram untuk setiap porsinya (100 g). Oleh karena itu, diabetesi sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan atau konsumsi satu potong untuk sekali makan.

5. Buah Kaleng

Jenis buah yang dikemas dalam bentuk kaleng biasanya mengandung sirup jagung atau gula yang tinggi. Bahan tambahan tersebut dapat meningkatkan gula sampai 33%. Untuk itu, hindari konsumsi buah kaleng atau cari yang tidak mengandung tambahan gula pada label kemasan.

6. Leci

Buah berair satu ini mengandung kadar gula yang tinggi yaitu sekitar 16 gram. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi buah atau konsumsi dalam jumlah sedang. 

7. Buah Kering

Menurut American Diabetes Association (ADA),  buah kering dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes asalkan tetap memperhatikan porsi makannya. 

Selain itu, seseorang dapat menambahkan buah kering ke dalam makanannya asal buah tersebut tidak dikeringkan dengan tambahan gula. 

8. Jus Buah

Sebuah studi mengungkapkan, cara seseorang mengonsumsi buah dapat memengaruhi seseorang dalam mengembangkan diabetes tipe 2. Temuan tersebut mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi buah utuh memiliki kemungkinan yang lebih kecil dalam menghidap diabetes tipe 2. 

Sementara itu, seseorang yang rutin minum jus buah kemasan lebih mungkin untuk menderita diabetes tipe 2. 

Baca Juga7 Cara Merawat Luka Diabetes agar Cepat Sembuh

9. Buah Beku

Berbeda dari buah segar, buah beku dipanen dan dibekukan dengan cepat untuk mempertahankan nutrisinya. Namun, beberapa produsen biasanya menambahkan gula ke dalam campuran buah sebelum dibekukan. 

Oleh karena itu, sebelum Anda mengonsumsi buah ini pastikan untuk periksa kembali labelnya. Carilah buah beku yang satu-satu bahannya adalah buah. 

Nah, itulah berbagai jenis buah yang sebaiknya dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes.

Selain membatasi konsumsi buah di atas, Anda bisa melakukan cara tertentu agar bisa menikmati buah tanpa takut kadar gula darah meningkat; seperti memilih buah segar, menambahkan kayu manis, dan makan buah dengan kacang-kacangan. 

 

  1. Anonim. 2019. Can You Eat Fruit If You Have Diabetes?. https://health.clevelandclinic.org/can-diabetics-eat-fruit/. (Diakses pada 12 Desember 2022)
  2. Hodgson, Lisa. 2021. What are the worst fruits for someone with diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/worst-fruits-for-diabetics. (Diakses pada 12 Desember 2022)
  3. Sharma, Pakhi. 2021. Fruits To Avoid In Diabetes. https://phablecare.com/health-guide/diabetes/worst-fruits-for-diabetics. (Diakses pada 12 Desember 2022)
  4. Sherry, Amelia. 2022. 9 Types of ‘Fruit’ to Avoid If You Have Diabetes. https://www.tasteofhome.com/collection/fruits-for-diabetics-to-avoid/. (Diakses pada 12 Desember 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi