Terbit: 22 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Nangka adalah buah tropis yang umum ditemui di Indonesia. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukai buah ini. Sayangnya, hal ini menjadikan diabetesi (penderita diabetes) waswas untuk mengonsumsinya. Apakah nangka untuk diabetes tergolong aman? Simak penjelasannya berikut ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Nangka? Ini Penjelasannya

Penderita Diabetes Boleh Makan Nangka?

Konsumsi makanan manis tentu menjadi pantangan tersendiri bagi penyandang diabetes. Inilah yang kemudian membuat diabetesi ragu untuk makan buah nangka.

Padahal, buah yang satu ini menghadirkan sejumlah nutrisi penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Kandungan penting di dalamnya yakni antioksidan, vitamin C, serat, kalori, potasium, karbohidrat, dan vitamin B6.

Lantas, apakah makan buah nangka aman untuk penderita diabetes? Jawabannya adalah aman. Buah ini justru tergolong bermanfaat untuk pengidap diabetes.

Nangka memiliki kadar indeks glikemik (IG) yang rendah hingga sedang, yakni sekitar 50-60 dari skala 1-100. Oleh karena itu, konsumsinya tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis.

Indeks glikemik adalah indikator untuk mengukur cepat atau lambatnya suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Namun, bagaimana dengan kandungan gula di dalam buah ini? Meskipun berkontribusi terhadap peningkatan gula darah, nangka mengandung serat yang cukup.

Menurut penelitian, kandungan protein dan serat pada nangka akan memperlambat pencernaan sehingga kadar gula darah tidak meningkat dengan cepat.

Baca Juga10 Buah dengan Indeks Glikemik Rendah, Cocok untuk Diabetesi

Manfaat Nangka untuk Penderita Diabetes

Secara umum, berikut ini adalah sejumlah manfaat makan nangka bagi pengidap diabetes, di antaranya:

1. Mencegah Peradangan Kronis

Selain manfaat nangka untuk diabetesi, Anda juga perlu mengetahui bahwa nangka bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit ini. 

Penelitian mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan di dalamnya memegang peran penting untuk membentuk energi, meningkatkan imunitas tubuh, dan mencegah peradangan kronis.

Penting diketahui, peradangan yang berlangsung kronis bisa mengarah pada berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah nangka untuk diabetes yang utama adalah kemampuannya dalam mengontrol kadar gula darah.

Buah ini mengandung serat dan protein. Keduanya dapat memperlambat pencernaan sehingga buah ini tergolong makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

3. Mencegah Komplikasi Diabetes

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh diabetesi yang rutin makan buah nangka adalah mencegah terjadinya komplikasi. Khasiat ini diperoleh berkat kemampuan buah ini dalam mengontrol kadar gula darah.

Penting diketahui, gula darah yang tidak terkontrol akan membuat diabetesi rentan terhadap berbagai komplikasi berbahaya, seperti penyakit ginjal, penyakit jantung, kerusakan saraf, dan masalah pada mata.

4. Menurunkan Berat Badan

Tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang bisa memengaruhi organ tubuh, seperti hati dan pankreas. Kondisi tersebut dapat menyebabkan resistensi insulin, salah satu pemicu terjadinya diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda tetap ideal, terutama jika Anda sudah mengidap penyakit gula ini.

Nangka mengandung serat yang akan membantu Anda kenyang lebih lama. Hal ini tentunya bisa berdampak baik pada angka di timbangan.

Baca Juga11 Makanan Sehat Pengganti Nasi yang Aman untuk Penderita Diabetes

Diabetesi Harus Memperhatikan Ini

Meskipun makan nangka tidak berbahaya untuk penderita diabetes, tetap saja Anda Sebaiknya membatasi konsumsinya.

Nangka mengandung tinggi karbohidrat, tetapi rendah serat. Inilah yang akan memengaruhi kadar gula di dalam darah. Sebagai catatan, karbohidrat akan dipecah oleh tubuh menjadi gula di dalam tubuh.

Mengetahui hal tersebut, pastikan untuk memilih porsi buah nangka yang sesuai. Anda bisa mengonsumsi 1/2 cangkir atau setara dengan 75 gram buah nangka dalam satu hari. Jumlah ini hanya menyumbang sebanyak 18 gram karbohidrat.

Nah, itulah penjelasan mengenai boleh tidaknya diabetesi konsumsi nangka. . Jangan lupa kombinasikan makan buah ini bersama dengan makanan yang aman untuk penderita diabetes lainnya, ya!

Bila Anda ragu terkait jumlah yang aman untuk makan buah nangka, Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2022. Prevent Diabetes Complications. https://www.cdc.gov/diabetes/managing/problems.html. (Diakses pada 21 Desember 2022).
  2. Anonim. 2022. Health Benefits of Jackfruit. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-jackfruit. (Diakses pada 21 Desember 2022).
  3. Butler, Natalie. 2019. Can People with Diabetes Eat Jackfruit? https://www.healthline.com/nutrition/jackfruit-benefits-for-diabetes. (Diakses pada 21 Desember 2022).
  4. Patel, Hira;. 2022. Is Jackfruit Good for Diabetes? Find Out. https://www.healthifyme.com/blog/jackfruit-for-diabetes/. (Diakses pada 21 Desember 2022).
  5. Russell, Wendy R., dkk. 2016. Impact of Diet Composition on Blood Glucose Regulation. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24219323/. (Diakses pada 21 Desember 2022).
  6. Ueland, Per Magne, dkk. 2016. Inflammation, Vitamin B6 and Related Pathways. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27593095/. (Diakses pada 21 Desember 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi