Terbit: 22 October 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Munculnya cegukan tidak bisa diprediksi. Meskipun tergolong tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya, cegukan bisa sangat mengganggu. Ketahui sejumlah cara menghilangkan cegukan yang ampuh berikut ini.

10 Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan

Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengatasi Cegukan

Cegukan terjadi ketika otot diafragma tidak sengaja mengalami kontraksi. Otot ini memegang peran penting dalam proses pernapasan. Jadi, ketika menegang, rasa tidak nyaman bisa muncul sebagai akibatnya.

Penyebab cegukan belum diketahui secara pasti. Namun, ada berbagai kemungkinan pemicu terjadinya cegukan, seperti makanan pedas, minuman bersoda, dan obat tertentu.

Biasanya, cegukan akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa menit. Jadi, tidak ada penanganan khusus yang perlu diberikan.

Namun, jika merasa terganggu dengan kehadirannya, berikut ini beberapa cara menghilangkan cegukan yang bisa Anda coba:

1. Menahan Napas Beberapa Saat

Bernapas dengan cara yang tidak biasa dianggap dapat membantu otot diafragma lebih relaks. Inilah yang akan membantu cegukan berhenti.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah menahan napas. Tentunya, Anda tidak hanya sekadar menahan napas hingga cegukan hilang, pastikan juga untuk mengatur napas selama beberapa saat.

Tarik napas dalam-dalam, tahan selama 10 sampai 20 detik. Setelah itu, embuskan napas perlahan. Lakukan cara ini hingga beberapa kali atau sampai cegukan benar-benar hilang.

2. Minum Air Dingin

Minum air putih dianggap mampu membantu menghilangkan cegukan yang mengganggu, terutama air es. Cara ini dipercaya dapat merangsang saraf vagus, saraf yang berada pada diafragma dan berkaitan dengan cegukan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan es batu. Isaplah es batu selama beberapa menit. Setelah menjadi bongkahan kecil, es batu dapat ditelan.

Cara lainnya adalah berkumur dengan menggunakan air es. Berkumurlah selama kurang lebih 30 detik. Ulangi langkah ini bila diperlukan.

Baca JugaMengenal Fungsi Kerongkongan dan Risiko Penyakitnya

3. Bernapas dengan Kantong Kertas

Cara menghilangkan cegukan berikutnya adalah bernapas dengan menggunakan kantong kertas. Cara ini juga dianggap dapat membantu relaksasi diafragma.

Caranya sangat sederhana. Cukup tempatkan kantong kertas di depan mulut dan hidung hingga menutupi dua indra ini.

Setelah itu, bernapaslah perlahan hingga kantong kertas mengembung dan mengempis. Cobalah beberapa kali atau sampai cegukan hilang.

Penting diingat, jangan menggunakan kantong plastik untuk menerapkan cara mengatasi cegukan yang satu ini, ya!

4. Menggigit Lemon

Menggigit atau mengisap lemon dipercaya dapat memberikan rangsangan pada saraf vagus dan saraf frenik yang berperan dalam kontraksi diafragma. Oleh sebab itu, mengisap buah lemon bisa menjadi cara menghilangkan cegukan yang patut dicoba.

Tambahan garam ke atas irisan lemon jika ingin, lalu gigit dan hisap irisan lemon tersebut.

Setelah selesai mengisap lemon, sebaiknya berkumurlah dengan air bersih untuk membilas mulut. Jika tidak dibilas, ditakutkan asam sitrat yang ada pada lemon akan merusak gigi.

5. Duduk dengan Memeluk Lutut

Cegukan disebabkan oleh kontraksi tidak sengaja pada diafragma. Oleh karena itu, menekan diafragma dipercaya dapat menghentikan kontraksi tersebut.

Penting diketahui, letak diafragma adalah di antara perut dan juga paru-paru. Jadi, cara menekan otot ini bisa dilakukan dengan duduk sembari memeluk lutut.

Duduklah di tempat yang nyaman. Setelah itu, posisikan tubuh ke depan, ke arah dada. Tahan hingga dua menit.

6. Menggunakan Cuka

Cara mengatasi cegukan selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Cara ini tujuannya tidak jauh berbeda dengan menggigit lemon, yaitu merangsang saraf vagus dan saraf frenik.

Teteskan cuka ke lidah Anda. Setelah itu, bilas mulut Anda. Cegukan pun diharapkan segera hilang.

Baca JugaTidak Perlu Ditahan, Ini 11 Manfaat Bersin bagi Kesehatan!

7. Menelan Gula

Bahan makanan lain yang dapat membantu mengatasi cegukan adalah gula. Tempatkan setengah sendok teh gula di belakang lidah. Diamkan selama 5 hingga 10 detik, kemudian telan.

Bila cegukan belum hilang, ulangi cara ini hingga tiga kali dengan jarak setiap dua menit.

Jika ingin mengatasi cegukan pada anak, lebih baik pilih sirup jagung dan hindari penggunaan gula pasir.

8. Menarik Lidah

Menarik lidah dipercaya dapat merangsang saraf dan otot di tenggorokan. Memegang dan menarik lidah menggunakan jari akan sulit. Jadi, Anda bisa mencoba menjulurkan lidah ke depan beberapa kali.

Cara menghilangkan cegukan yang satu ini memang tidak selalu berhasil. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

9. Memijat Arteri Karotis

Arteri karotis berada di kedua sisi leher. Keberadaannya bisa Anda rasakan ketika memeriksa denyut nadi dengan menyentuh leher.

Kabarnya, memijat perlahan area ini bisa membantu mengatasi cegukan yang mengganggu, lho.

Posisikan tubuh berbaring, lalu putar kepala ke sebelah kiri. Pijat arteri sisi kanan dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 5 sampai 10 detik. Anda bisa memberikan pijatan bergantian pada sisi kiri dengan melakukan cara serupa.

Baca JugaIni Bahaya yang Terjadi Jika Sering Menahan Kentut

10. Menggunakan Obat

Pada beberapa kondisi, cegukan bisa saja membutuhkan penanganan medis dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Anda harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan jika mengalami cegukan selama beberapa hari, atau ketika ada gejala penyerta, seperti sakit kepala, mati rasa, dan sulit menjaga keseimbangan.

Dokter kemungkinan akan meresepkan obat cegukan pada kasus cegukan kronis dan juga akut. Jenis obat cegukan yang mungkin diresepkan seperti chlorpromazine, metoclopramide, dan baclofen.

Obat-obatan lain yang kemungkinan diresepkan juga bermacam-macam, mulai dari pelemas otot, obat penenang, stimulan, hingga analgesik.

Penting diingat, penggunaan obat cegukan tentu saja harus berdasarkan saran dan di bawah pengawasan dokter, ya!

 

  1. Anonim. 2020. Hiccups. https://www.nhs.uk/conditions/hiccups/. (Diakses pada 21 Oktober 2022).
  2. Anonim. 2021. Hiccups. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17672-hiccups. (Diakses pada 21 Oktober 2022).
  3. Anonim. 2020. How Do I Get Rid of the Hiccups? https://www.webmd.com/digestive-disorders/hiccups-treatment. (Diakses pada 21 Oktober 2022).
  4. Newman, Tim. & De Pietro, MaryAnn. 2022. How to Get Rid of Hiccups. https://www.medicalnewstoday.com/articles/9896. (Diakses pada 21 Oktober 2022).
  5. Osborn, Corinne. 2017. How to Get Rid of Hiccups. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-hiccups. (Diakses pada 21 Oktober 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi