Terbit: 13 February 2022 | Diperbarui: 24 August 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Tak banyak orang yang menyadari bahwa bersin merupakan salah satu wujud mekanisme pertahanan tubuh yang berfungsi untuk membersihkan indra penciuman manusia dari berbagai partikel asing, seperti debu, asap, maupun kotoran. Saat hal tersebut terjadi, maka otak akan memerintahkan tubuh untuk bersin. Ini manfaat bersin bagi kesehatan!

Tidak Perlu Ditahan, Ini 11 Manfaat Bersin bagi Kesehatan!

Berbagai Manfaat Bersin bagi Kesehatan

Droplet atau cairan bisa keluar saat bersin dan batuk, menjadi salah satu cara penyebaran virus dan infeksi. Paparan droplet juga menjadi media penularan virus Corona dengan cepat.

Walaupun begitu, bersin adalah bentuk mekanisme tubuh untuk mengeluarkan patogen atau respon tubuh. Bersin ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan, lho!

Ini dia berbagai fungsi bersin untuk kesehatan:

1. Mekanisme pertahanan tubuh

Dikutip dari Healthline, bersin merupakan salah satu wujud mekanisme pertahanan tubuh terhadap partikel asing yang berasal dari asap, polusi, bakteri, jamur, dan bulu. Ketika partikel asing memasuki rongga hidung, maka akan terjadi interaksi dengan rambut-rambut kecil dan kulit halus yang melapisi rongga hidung.

Rambut-rambut kecil dan kulit halus inilah yang nantinya akan mendeteksi apakah partikel tersebut termasuk zat asing atau tidak. Jika iya, maka lapisan halus pada rongga hidung akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memberitahu bahwa rongga hidung perlu dibersihkan.

2. Mencegah partikel asing Masuk dalam paru-paru

Ketika partikel asing memasuki rongga hidung, maka rambut-rambut kecil dan kulit halus yang melapisi rongga hidung akan menahan partikel tersebut agar tidak masuk dalam paru-paru.

Hal ini dilakukan secara otomatis selagi memberitahu otak agar segera memberikan sinyal pada organ tubuh lainnya untuk mempersiapkan diri terhadap kontraksi. Umumnya hal ini ditandai dengan mata yang dipaksa menutup, lidah bergerak ke langit-langit mulut, dan otot-otot menahan bersin.

3. Menghilangkan bakteri berbahaya

Salah satu manfaat bersin bagi kesehatan adalah menghilangkan bakteri berbahaya. Hal ini berkaitan dengan fungsi membran mukosa yang melapisi sebagian besar area rongga hidung.

Ketika membran mukosa mendeteksi adanya bakteri, maka ia akan mengirimkan sinyal ke batang otak melalui saraf trigeminal untuk memerintahkan diafragma untuk mendorong ke atas secara bersamaan saat otot dada berkontraksi guna mendorong udara keluar dari paru-paru. Hasilnya, bakteri dapat dihilangkan dengan cara dikeluarkan dari dalam rongga hidung.

4. Mengeluarkan partikel asing dalam tubuh

Selain bakteri, bersin juga bermanfaat untuk mengeluarkan partikel asing, seperti debu dan polutan, yang masuk ke dalam tubuh melalui rongga hidung. Oleh sebab itu, menahan bersin dengan cara menutup hidung sangat tidak disarankan secara medis.

Sebab hal tersebut sama saja dengan menahan partikel asing untuk tetap berada dalam rongga hidung atau lebih parah, masuk ke dalam organ pernapasan yakni paru-paru. Selain itu, menahan bersin juga sama dengan mengalihkan aliran udara ke organ lain sehingga dapat berakibat fatal bagi tubuh.

5. Meredakan hidung tersumbat

Meski tak banyak disadari orang, ternyata salah satu manfaat bersin bagi kesehatan adalah mampu menghilangkan atau meredakan hidung yang tersumbat, khususnya bagi penderita flu atau pilek.

Hal tersebut dikarenakan udara yang dikeluarkan dari kontraksi otot dada dan dorongan diafragma memiliki kecepatan sekitar 100 meter per jam. Hasilnya, tentu saja tak hanya partikel asing dan bakteri yang keluar melainkan juga campuran ingus atau lendir yang mungkin menyumbat rongga hidung.

6. Menunjukkan reaksi alergi

Pada beberapa kasus, salah satu manfaat bersin di pagi hari ialah untuk memberi penanda munculnya reaksi alergi. Biasanya, bersin di pagi hari juga diikuti dengan tanda-tanda lain seperti hidung memerah, bengkak, dan berair, serta batuk.

Bersin di pagi hari yang dipicu oleh reaksi alergi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti serbuk bunga, tungau, jamur, dan bulu hewan. Selain itu, ada pula beberapa kasus yang disebabkan oleh asam lambung, penggunaan obat-obatan tertentu, aroma yang terlalu kuat, hingga perubahan hormon pada saat hamil dan menstruasi.

7. Memberi tanda tentang kondisi tubuh

Berikutnya, manfaat bersin bagi kesehatan adalah untuk memberi tanda tentang kondisi tubuh seseorang. Hal ini tak hanya mencakup tentang reaksi alergi. Pernahkah kalian mengalami bersin yang terjadi berulang-ulang dalam jeda waktu yang sangat singkat?

Dilansir dari Good Housekeeping, kondisi tersebut bisa jadi disebabkan oleh kondisi tubuh yang bekerja keras untuk menghilangkan virus, bakteri, maupun berbagai partikel asing lainnya yang masuk ke dalam rongga hidung.

8. Mengatur ulang kondisi tubuh

Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan bahwa salah satu manfaat bersin adalah mengatur ulang kondisi tubuh.

Hal ini didasarkan pada temuan bahwa silia, yakni sel-sel yang melapisi jaringan pada rongga hidung, ternyata dapat dihidupkan kembali dengan bersin. Dengan kata lain, bersin dapat mengatur kembali seluruh lingkungan pada rongga hidung.

9. Mencegah pecahnya gendang telinga

Poin manfaat bersin yang satu ini sebenarnya masih berkaitan dengan aliran udara yang dihasilkan dari dorongan diafragma dan kontraksi otot dada ,serta larangan untuk menahan bersin dengan cara menutup lubang hidung.

Sebab ketika hal tersebut dilakukan, maka aliran udara akan secara otomatis diarahkan ke organ lain sehingga dapat melukai organ-organ tersebut. Dampak paling fatal dari menahan bersin dengan cara menutup lubang hidung antara lain pecah atau kerusakan pada gendang telinga, mimisan, hingga pelebaran pembuluh darah.

10. Memberikan perasaan lega

Terakhir, manfaat bersin adalah memberikan perasaan lega pada tubuh. Beberapa orang mengaku bahwa setelah bersin, kondisi tubuh mereka menjadi lebih baik dan lega. Namun hingga kini belum ada penelitian relevan yang menjelaskan alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi.

Bersin punya banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun demikian, Anda sebaiknya menjaga kenyamanan orang di sekitar Anda ketika akan bersin, jangan sampai droplets Anda bertebaran ke sekitar. Harus memerhatikan etika batuk dan bersin, ya!

 

  1. Bend Bulletin. 2020. Sneezing kills brain cells. https://www.bendbulletin.com/lifestyle/health/sneezing-kills-brain-cells/article_3034c137-0b7e-523f-b527-f0bf5ecc09ff.html. (Diakses pada 02 Februari 2022).
  2. Holland, Kimberly. 2016. Why Do We Sneeze? https://www.healthline.com/health/why-do-we-sneeze. (Diakses pada 02 Februari 2022).
  3. Skolnik, Deborah. 2020. Why Sneezing Is Actually So Good for Your Health. https://www.goodhousekeeping.com/health/wellness/a30357054/what-happens-when-you-sneeze/. (Diakses pada 02 Februari 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi