Terbit: 9 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kehamilan bisa membuat banyak perubahan pada tubuh pada wanita, salah satu bagian yang bisa mengalami perubahan bentuk adalah payudara. Biasanya, perubahan ini terjadi saat usia kehamilan mencapai 6 minggu, di mana ukuran payudara sudah lebih besar daripada ukuran normal.

Mengenali Tahapan Perubahan Bentuk Payudara saat Hamil

Perubahan Bentuk Payudara saat Hamil

Meski perubahan payudara pada ibu hamil normal terjadi, namun terkadang kondisi ini bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tahapan perubahan payudara berdasarkan usia kehamilan, di antaranya:

  • Terasa Berat dan Muncul Garis Halus pada Payudara  (1-12 minggu)

Saat hamil, terjadi peningkatan aliran darah dan jaringan kelenjar pada payudara. Hal ini membuat payudara pada ibu hamil akan terasa geli, bengkak, lebih nyeri, serta sensitif ketika disentuh. Kondisi ini biasanya terjadi saat usia kehamilan sekitar 4 sampai 6 minggu.

Tak hanya itu, saat usia 6-8 minggu pertama kehamilan, perubahan bentuk payudara saat hamil semakin signifikan, ditandai dengan payudara terlihat membesar. Membesarnya payudara ini bisa menimbulkan rasa gatal dan kemunculan garis-garis halus atau stretch mark.

Baca Juga: Mastalgia (Nyeri Payudara): Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

  • Puting Payudara Semakin Gelap dan Lebar  (13-26 minggu)

Pada trimester kedua kehamilan, tingginya kadar hormon esterogen membuat payudara semakin bertambah berat dan besar, dengan begitu pembuluh darah yang berada di bawah kulit menjadi tampak lebih jelas.

Begitu pula dengan warna puting dan area di sekitar puting (areola) yang ikut berubah menjadi lebih gelap. Menggelapnya areola ini akan memudahkan bayi saat lahir nanti untuk mengenali puting ibu.

Selain itu daerah areola juga akan muncul montgomery tubercles, benjolan-benjolan kecil yang berfungsi sebagai pelumas pada puting ibu saat bayi menyusui nanti.

  • Puting Mengeluarkan Cairan Kolostrum (27 Minggu hingga Masa Persalinan)

Perubahan bentuk payudara saat hamil di trimester ketiga, terutama minggu-minggu akhir masa kehamilan; puting dan payudara biasanya akan terus membesar.

Di masa ini, ibu hamil tidak perlu kaget apabila melihat cairan berwarna kekuningan keluar dari puting. Cairan  yang disebut dengan kolostrum ini menjadi sumber nutrisi bagi anak.

Meski begitu, tidak semua ibu hamil mengalami perubahan bentuk payudara sesuai tahapan di atas. Ada wanita yang mengeluarkan cairan kolostrum dari putingnya, tetapi ada juga yang tidak.

Kondisi perubahan payudara di atas bisa bertahan hingga ibu selesai menyapih. Setelah itu, ukuran payudara cenderung kembali ke sebelum hamil—meskipun payudara memang bisa lebih kendur.

Baca Juga: 11 Penyebab Payudara Kendur yang Harus Diketahui

Tips Mengatasi Payudara Sakit saat Hamil

Selain perubahan bentuk payudara, kehamilan juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada payudara. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Pakailah bra yang menyokong dengan kuat. Pilih bra katun atau  yang terbuat dari serat alami.
  • Beli bra yang lebih besar dari ukuran sebelum hamil.
  • Bra tidak mengganggu puting susu.
  • Cobalah bra khusus untuk ibu hamil atau menyusui.
  • Coba kenakan bra di malam hari. Sisipkan saputangan katun atau kain kasa ke dalam setiap cup bra untuk menyerap cairan bocor yang sewaktu-waktu dapat keluar dari puting. Anda juga bisa membeli bantalan menyusui di apotek atau toko bayi yang sesuai dengan ukuran Anda.
  • Pastikan mengganti bantalan ini agar kulit tidak teriritasi.
  • Cuci payudara dengan air hangat dan sabun ringan agar tidak menimbulkan kekeringan pada kulit.

Tetapi, jika perubahan bentuk payudara saat hamil menimbulkan keluhan serius yang cukup mengganggu, sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

  1. Anonim. Breast Changes During Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/changes-in-your-body/breast-changes-during-pregnancy/. (Diakses pada 9 November 2022)
  2. Anonim. A Week-by-Week Pregnancy Calendar. https://kidshealth.org/en/parents/pregnancy-calendar-intro.html. (Diakses pada 9 November 2022)
  3. Bryant, Joy dan Jennifer Thistle. Anatomy, Colostrum. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK513256/. (Diakses pada 9 November 2022)
  4. Whelan , Corey. 2017. Breast Changes in Pregnancy: What to Expect. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnant-breast/. (Diakses pada 9 November 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi