Terbit: 29 Oktober 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ngidam mangga muda ternyata memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Hal ini karena mangga yang masih belum matang memiliki nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Apa saja manfaatnya yang bisa didapatkan? Bunda, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

10 Manfaat Makan Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Kandungan Mangga Muda yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Mangga mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan, baik untuk ibu dan janin yang masih dalam kandungan.

Berikut ini nutrisi yang terkandung dalam mangga:

Buah mangga juga kaya akan kandungan serat yang dapat membantu mencegah sembelit, ini adalah gejala yang umum terjadi selama kehamilan. mangga juga merupakan sumber energi dan antioksidan yang baik.

Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Makan mangga muda aman untuk ibu hamil, asalkan dalam jumlah sedang. Tidak hanya aman dikonsumsi, mangga muda juga memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk ibu dan janin dalam kandungan.

Berikut ini sejumlah manfaat mangga muda untuk ibu hamil:

1. Memberikan nutrisi yang tinggi

Mangga mentah sering kali menjadi makanan yang diidamkan para ibu hamil karena rasanya yang asam dan menyegarkan. Bahkan ahli gizi menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi mangga karena nilai gizi yang telah disebutkan di atas dan antioksidannya yang tinggi.

2. Meningkatkan asupan kalsium

Makan mangga muda dapat akan mendapatkan banyak vitamin C yang bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh dan memperkuat tulang selama kehamilan.

Asupan nutrisi ini menjadi salah satu manfaat besar dari mangga muda selama kehamilan. Hal ini karena vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan juga membantu mengurangi timbulnya masalah peredaran darah.

3. Mengurangi morning sickness

Gejala ini sering kali terjadi selama kehamilan. Untungnya, manfaat mangga muda untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi gejala morning sickness. Hal ini karena mangga yang masih muda dapat membantu mengurangi keparahan mual dan muntah.

4. Memperkuat pembuluh darah

Biasanya ada banyak tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan. Jika ibu hamil mengalami kondisi demikian, makan mangga muda bisa membantu memperkuat pembuluh darah.

Kandungan vitamin C dalam mangga bisa membantu meningkatkan sel darah merah baru dan mengurangi kemungkinan tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan.

5. Meningkatkan sistem pencernaan

Asam lambung dan sembelit merupakan efek samping yang sering terjadi selama kehamilan. Sebagai solusinya, makan mangga mentah bisa membantu meringankan kedua gejala tersebut karena kandungan alkali yang tinggi dan serat yang kaya di dalam buah ini.

Ibu hamil bisa makan mangga muda dengan sedikit garam dan madu untuk membantu menangkal masalah pencernaan.

Baca Juga: 11 Manfaat Biji Mangga bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Dibuang!

6. Meningkatkan metabolisme

Tidak hanya meningkatkan sistem pencernaan dan membantu tubuh memproses makanan lebih mudah, mangga muda juga dapat meningkatkan metabolisme jika sering dikonsumsi. Ketika metabolisme meningkat, ini memastikan tubuh tidak menambah berat badan berlebih, yang berbahaya bagi kehamilan.

7. Mencegah gangguan medis tertentu

Vitamin B6 yang terkandung dalam mangga muda dibutuhkan untuk menghasilkan GABA (Gamma Amino Butyric Acid)—merupakan neurotransmitter inhibisi yang menghambat sinyal otak tertentu. Vitamin ini mengandung kadar homocysteine (asam amino) dalam darah dan ini mengurangi kemungkinan penyakit arteri koroner pada ibu hamil.

Manfaat mangga muda untuk ibu hamil juga memberikan nutrisi tanaman seperti karotenoid dan polifenol dan mengurangi terjadinya kerusakan radikal bebas dalam tubuh.

8. Mencegah penyakit jantung pada ibu hamil

Kandungan potasium (kalium) yang tinggi dalam mangga muda dapat membantu menangkal penyakit jantung. Potasium juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh ibu hamil.

9. Membantu perkembangan saraf janin

Vitamin A yang terkandung dalam mangga muda bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf si kecil, kesehatan mata, dan organ lainnya. Tidak hanya untuk janin, vitamin A sangat baik untuk ibu hamil.

10. Menangkal preeklamsia

Manfaat mangga muda untuk ibu hamil dapat membantu mencegah hipertensi dan mencegah kejang yang terjadi karena preeklamsia. Ini berkat kandungan magnesium yang tinggi di dalam mangga muda.

Preeklamsia adalah masalah kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lain, biasanya hati dan ginjal. Jika tidak diobati, preeklamsia dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan bisa fatal bagi ibu dan janin.

Baca Juga: 11 Manfaat Daun Mangga, Kandungan, Cara Membuat, dan Efek Samping

Adakah Efek Samping Mangga Muda untuk Ibu Hamil?

Mangga mentah adalah buah yang benar-benar tidak menimbulkan efek berbahaya pada tubuh ibu atau janin dalam kandungan. Meski begitu, konsumsilah dalam jumlah sedang karena makan mangga muda dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu banyak serat dan menyebabkan diare.

Namun, jika dokter secara khusus menyarankan untuk tidak mengonsumsinya mengingat kondisi kesehatan Anda, yang terbaik adalah menghindarinya sama sekali dan mencari alternatif bual lain yang tidak kalah bermanfaat.

Itulah beragam manfaat mangga muda yang bisa didapatkan ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Can I eat raw mangoes during pregnancy?. https://pregnancyfoodguide.com/raw-mango (Diakses pada 29 Oktober 2021)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Can Pregnant Women Eat Raw Mango?. https://babypublic.com/can-pregnant-women-eat-raw-mango/ (Diakses pada 29 Oktober 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Is it Safe to Eat Unripe Mangoes during Pregnancy?. https://www.indiaparenting.com/is-it-safe-to-eat-unripe-mangoes-during-pregnancy.html (Diakses pada 29 Oktober 2021)
  4. Anonim. 2020. 7 Amazing Benefits of raw mangoes during pregnancy: You must Know. https://esadhyam.com/benefits-of-raw-mangoes-during-pregnancy.html (Diakses pada 29 Oktober 2021)
  5. Mayo Clinic Staff. 2020. Preeclampsia. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/preeclampsia/symptoms-causes/syc-20355745 (Diakses pada 29 Oktober 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi