Terbit: 28 Desember 2021 | Diperbarui: 30 Desember 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak jenis kacang yang bagus untuk ibu hamil, karena kandungan nutrisinya yang sangat penting untuk pertumbuhan janin. Bunda, ketahui berbagai jenis kacang yang bagus dikonsumsi selama kehamilan berikut ini!

8 Jenis Kacang-kacangan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Jenis dan Manfaat Kacang yang Bagus untuk Ibu Hamil

Makan kacang selama kehamilan benar-benar menyehatkan, meskipun mengonsumsinya dalam porsi sedikit. Ahli gizi mengatakan bahwa sekitar 20-25 gram kacang dapat dikonsumsi per hari. Ada berbagai jenis kacang yang bagus selama kehamilan.

Berikut ini jenis kacang yang bagus untuk ibu hamil:

1. Almond

Almond adalah jenis kacang yang memiliki rasa yang enak, sehingga sering ditambahkan dalam berbagai makanan, terutama makanan manis. Selain enak, kacang memberikan manfaat kesehatan karena mengandung banyak lemak sehat, serat, protein, dan vitamin E.

Almond tinggi kandungan mineral seperti tembaga, mangan, dan fosfor, dan merupakan sumber vitamin E. Kandungan nutrisi ini dapat membantu mengatur gula darah, tekanan darah (yang penting untuk mengurangi risiko preeklamsia pada wanita hamil), dan pencernaan.

2. Kacang mete

Makan kacang mete selama kehamilan memberikan banyak manfaat. termasuk:

  • Memberikan vitamin esensial dan nutrisi lain yang dibutuhkan bayi selama fase pertumbuhannya.
  • Mencegah kerusakan gusi dan gigi selama kehamilan.
  • Membantu menjaga kadar profil lipid.
  • Bagus untuk wanita hamil yang rentan terhadap diabetes gestasional.

3. Walnuts

Bentuk walnuts menyerupai bentuk otak, yang cocok karena kaya akan omega-3, merupakan nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan otak.

Walnuts juga mengandung banyak arginin, asam amino untuk membantu mengendurkan pembuluh darah yang menyempit dan merangsang aliran darah. Oleh karena itu, menurunkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan juga mengelola kadar kolesterol dalam tubuh.

Khasiat tersebut menjadi alasan mengapa walnuts menjadi kacang yang bagus untuk ibu hamil.

4. Kacang macadamia

Kandungan protein yang tinggi dalam kacang macadamia memiliki manfaat untuk ibu hamil. Salah satunya mampu meningkatkan produksi darah yang dibutuhkan ibu hamil sebanyak dua kali selama kehamilan.

Susu macadamia juga tinggi serat, merupakan unsur penting yang dibutuhkan ibu hamil. Serat dalam susu macadamia dapat mencegah sembelit yang biasa dialami ibu hamil akibat masalah pergeseran organ selama kehamilan.

Selain itu, kandungan serat pada kacang macadamia juga mampu melindungi ibu hamil dari masalah usus yang mungkin terjadi.

5. Pistachio

Kandungan nutrisi yang ada dalam pistachio sangat bermanfaat selama kehamilan dan membantu perkembangan bayi yang sehat. Ini karena kandungan protein yang bagus untuk perkembangan jaringan dan otot janin, serta menjaga berat badan tetap terkendali dengan mengatur kadar gula darah.

Pistachio juga menyeimbangkan kadar lipid. Ini karena konsentrasi tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dalam pistachio dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga menyeimbangkan lipid.

kacang yang bagus untuk ibu hamil

6. Kacang pecan

Pecan adalah salah satu jenis kacang yang bagus untuk ibu hamil. Alasanya karena kacang ini mengandung vitamin B, termasuk folat, yang membantu mengurangi risiko cacat lahir.

Kandungan tembaga dari kacang pecan juga meningkatkan perkembangan otak janin yang sehat, membantu metabolisme tubuh, dan mengurangi peradangan.

7. Chestnut

Chestnut atau kacang kastanya, adalah kacang yang mengandung nutrisi yang penting bagi wanita hamil. Beberapa di antaranya adalah protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, zinc, dan vitamin yang membantu mengatur aliran darah dan memberikan nutrisi ke otot.

Mengonsumsi kastanye selama kehamilan secara teratur juga mampu membantu memiliki tulang yang lebih baik dan mengurangi kelelahan.

8. Kacang polong

Jenis kacang selanjutnya adalah kacang polong, yang diketahui sebagai sumber asam folat. Kandungan asam folat bagus untuk sintesis DNA sel. Dengan begitu, makan kacang polong selama hamil akan membantu menghindari cacat genetik pada tabung saraf bayi.

Kacang polong juga mengandung serat, likopen, dan lutein yang bekerja untuk fungsi jantung secara maksimal. Likopen adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel.

Tidak hanya itu, kacang polong mengandung nutrisi yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL  (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh. Ini dapat menurunkan kemampuan jantung memompa darah dengan baik. Jantung yang sehat sangat penting bagi ibu hamil.

Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil, Enak dan Kaya Nutrisi!

Kapan Harus Menghindari Kacang-Kacangan untuk Ibu Hamil?

Meskipun tidak ada jenis kacang yang harus dihindari selama kehamilan (kecuali jika memiliki alergi), kacang-kacangan adalah makanan yang disarankan para ahli agar Anda makan dalam jumlah sedang.

Daripada menghindari kacang tertentu karena kacang mengandung tinggi lemak, lebih baik makan kacang dalam jumlah sedang.

Hindari makan kacang asin terlalu banyak karena bisa membuat tubuh kelebihan garam, ada baiknya makan kacang tawar alami.

Baca Juga: 15 Makanan Bernutrisi untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Itu dia jenis kacang-kacangan untuk ibu hamil yang tidak hanya enak, tetapi sangat menyehatkan baik untuk ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, teman Sehat!

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. What are the benefits of having chestnuts during pregnancy?. https://www.pregnantplate.com/food/what-are-the-benefits-of-having-chestnuts-during-pregnancy/ (Diakses pada 28 Desember 2021)
  2. Anonim. 2016. A Guide to Nutritional Value and Health Benefits of Pecan Nuts. https://foodtolive.com/healthy-blog/guide-nutritional-value-health-benefits-pecan-nuts/ (Diakses pada 28 Desember 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. 6 nuts you SHOULD eat in pregnancy. https://www.madeformums.com/pregnancy/6-nuts-you-should-eat-in-pregnancy/ (Diakses pada 28 Desember 2021)
  4. Bhattacharjee, Deboshree. 2017. Eating Cashew Nuts During Pregnancy – Benefits & Side Effects. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-cashew-nuts-during-pregnancy-benefits-side-effects/ (Diakses pada 28 Desember 2021)
  5. Malachi, Rebecca. 2021. Walnuts During Pregnancy: Benefits And Side Effects. https://www.momjunction.com/pregnancy-health/safe-eat-walnuts-pregnancy_0081866/ (Diakses pada 28 Desember 2021)
  6. Patwal, Swati. 2021. Benefits Of Pistachios During Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/health-benefits-pistachios-pregnancy_0084902/ (Diakses pada 28 Desember 2021)
  7. Raina, Kanksha. 2018. Why Green Peas Are the Perfect Food During Pregnancy. https://parenting.firstcry.com/articles/why-green-peas-are-perfect-during-pregnancy/ (Diakses pada 28 Desember 2021)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi