Terbit: 26 April 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Saat hamil, seorang wanita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi, salah satunya adalah hati ayam. Lantas bagiamana aturan mengonsumsi hati ayam untuk ibu hamil? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini

Amankah Hati Ayam untuk Ibu Hamil? Cek Faktanya

Manfaat Hati Ayam untuk Ibu Hamil

Hati ayam memiliki banyak nutrisi yang dianggap penting untuk wanita hamil dan janin dalam kandungan. Mengonsumsinya hati ayam dapat menjadi sumber sejumlah nutrisi, seperti zat besi, vitamin A, protein, kalsium, dan asam folat.

Berikut ini manfaat hati ayam untuk ibu hamil dan janin:

1. Mencegah cacat lahir

Asam folat dalam hati ayam dapat membantu membentuk tabung saraf. Nutrisi ini sangat penting dikonsumsi ketika hamil karena dapat membantu mencegah beberapa cacat tabung saraf, termasuk:

  • Spina bifida. Cacat lahir yang menyebabkan perkembangan sumsum tulang belakang atau tulang belakang yang tidak lengkap. Bayi dengan kondisi ini dapat menjadi cacat permanen.
  • Anencephaly. Cacat lahir serius yang menyebabkan bayi lahir tanpa sebagian otak dan tengkorak. Bayi dengan kondisi ini biasanya tidak berumur panjang.

2. Membantu perkembangan mata dan imun

Hati adalah sumber vitamin A yang bagus untuk ibu dan janin. Vitamin ini tidak hanya memberikan nutrisi menyeluruh tetapi juga berdampak langsung pada perkembangan penglihatan dan kekebalan pada anak yang baru lahir.

Vitamin A juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh tubuh ibu hamil. Sementara untuk janin, vitamin A juga dapat mendukung pertumbuhan jaringan kulit, tulang, dan otot.

3. Membantu pertumbuhan janin

Makan hati ayam disarankan untuk ibu hamil karena hati ayam memiliki kandungan protein yang diperlukan untuk pembentukan atau kekuatan tubuh dan penting untuk pertumbuhan janin.

Ibu hamil bisa mendapatkan protein yang cukup dengan mengonsumsi hati dalam porsi sedang.

4. Mencegah anemia ibu hamil

Kandungan zat besi di dalam hati ayam adalah salah satu alasan utama mengapa wanita hamil dianjurkan makan hati karena mengurangi risiko anemia. Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin yang adekuat dalam darah.

5. Membantu membangun tulang dan gigi pada janin

Manfaat berikutnya adalah membantu membangun tulang dan gigi janin. Hal ini disebabkan karena kandungan kalsium yang ada dalam hati ayam. Kalsium hati ayam juga dapat membantu perkembangan fungsi otot dan jantung pada janin dalam kandungan.

Bolehkan Makan Hati Ayam untuk Ibu Hamil?

Mengonsumsi hati ayam sebenarnya tidak dilarang bagi wanita hamil. Hati ayam diketahui mengandung berbagai zat yang cukup bermanfaat bagi ibu dan juga tumbuh kembang anak.

Namun, hati juga memiliki komponen retinol yang meningkatkan risiko malformasi janin. Oleh karena itu, hindari terlalu banyak memakannya karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Bahaya Makan Hati Ayam untuk Ibu Hamil

Meskipun memberikan manfaat baik bagi ibu dan janin, makanan ini juga bisa memberikan dampak buruk pada janin jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Berikut ini dampak buruk yang bisa terjadi:

  1. Kandungan nutrisi dalam hati ayam bervariasi dibandingkan dengan hati sapi atau kambing. Itu artinya perlu diperhitungkan banyaknya hati ayam yang dapat dikonsumsi selama kehamilan.
  2. Kandungan vitamin A pada hati cukup tinggi. Meski bermanfaat, mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa berbahaya bagi bayi karena vitamin A pada hati dalam bentuk retinol, yang merupakan prekursor vitamin. Retinol, bila dikonsumsi dalam jumlah tinggi berisiko menyebabkan cacat perkembangan pada anak dan kanker pada ibu.
  3. Seiring dengan kandungan retinol, proporsi kolesterol yang lebih tinggi membuat hati ayam menjadi makanan yang buruk untuk wanita hamil yang memiliki masalah terkait dengan hipertensi.

Baca Juga: 20 Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai (Bahaya bagi Janin)

Berapa Banyak Hati Ayam yang Aman Dikonsumsi saat Hamil?

Mengonsumsi hati ayam sebanyak 65 sampai 75 gram per minggu bisa memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan. Namun, porsinya mungkin berbeda karena hati yang berasal dari sumber yang berbeda dapat memiliki kadar retinol yang berbeda.

Sebagian ibu hamil mungkin disarankan untuk mengurangi jumlah dan frekuensi makan hati ayam untuk menghindari komplikasi kesehatan.

Pastikan ibu hamil selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai konsumsi makanan tertentu termasuk hati ayam, hal ini berguna untuk mencegah dampak negatif atau risiko kesehatan tertentu.

 

  1. Anonim. 2021. Folic Acid. https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/about.html. (Diakses pada 26 April 2022)
  2. Mrunal. 2018. Eating Liver During Pregnancy – Is It Safe?. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-liver-during-pregnancy-is-it-safe/. (Diakses pada 26 April 2022)
  3. Qamar, Sadiya. 2022. Is It Safe To Eat Liver During Pregnancy?. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-liver-pregnancy_0078634/. (Diakses pada 26 April 2022)
  4. Watson, Stephanie. 2020. Folic Acid and Pregnancy. https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy. (Diakses pada 26 April 2022)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi