Terbit: 20 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Susu sering dianggap makanan yang wajib untuk ibu saat hamil. Selain dianggap makanan yang memiliki banyak kandungan zat gizi, konsistensi susu yang cair dianggap mudah dan lebih praktis untuk dikonsumsi. Namun ada beberapa orang yang kesulitan dalam minum susu karena saat hamil ibu cenderung sensitif pada bau dan juga sering merasakan mual saat minum susu.

Ini Makanan untuk Ibu Hamil Jika Sulit Minum Susu

Susu merupakan makanan yang kaya akan sumber kalsium. Satu gelas susu sudah dapat memenuhi kebutuhan kalsium tambahan ibu dalam satu hari. Kebutuhan kalsium tambahan ibu selama hamil adalah 200 mg. Namun sebenarnya kebutuhan tersebut tidak selalu dapat dipenuhi dari susu. Ada cukup banyak akanan lain yang juga memiliki kandungan kalsium yang juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium tambahan ibu hamil.

Berdasarkan Kementerian Kesehatan RI makanan yang tinggi kalsium selain susu adalah beberapa jenis ikan, sayur berdaun hijau gelap dan golongan kacang-kacangan. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Ikan teri

Kandungan kalsium 15 gram ikan teri tawar kering memimilik kandungan kalsium lebih tinggi daripada satu gelas susu sapi segar yaitu 255 mg. Kandungan kalsium tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 3-4 sendok makan ikan teri tawar kering.

  • Bayam

100 gram daun bayam memiliki 211 mg kalsium yang juga mampu memenuhi kebutuhan kalsium tambahan pada ibu hamil. Angka tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 5-6 sendok sayur bayam yang direbus atau dibuat masakan berkuah.

  • Kacang kedelai

Kacang kedelai memiliki 278 mg kalsium pada 100 gramnya. Untuk memenuhi angka tersebut kita perlu mengonsumi cukup banyak kacang kedelai yaitu 9-10 sendok makan kacang kedelai. Kacang kedelai yang dimaksud di sini adalah kacang kedelai utuh dan bukan olahan (bukan dalam bentuk tempe kacang kedelai).

Bahan makanan di atas merupakan alternatif bagi ibu hamil yang sulit minum susu. Sehingga meskipun tanpa minum susu, ibu hamil akan tetap tercukupi kebutuhan kalsiumnya ya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi