Terbit: 30 June 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Tahukah Anda jika quality time penting sebelum kelahiran sang Buah Hati? Hal ini umum disebut sebagai babymoon. Kenali manfaat dan tips menjalankannya dalam artikel berikut!

Kenali Apa itu Babymoon dan Manfaatnya bagi Ibu

Apa itu Babymoon?

Melansir Very Well Family, babymoon adalah istilah yang mulanya mengacu pada periode awal pasca persalinan. Periode ini adalah waktu bagi ibu baru untuk fokus pada bayinya, menikmati kehidupan barunya, dan menyembuhkan diri secara fisik.

Namun, kini babymoon mengalami pergeseran makna. Istilah ini menggambarkan waktu berkualitas yang bisa Anda nikmati bersama pasangan sebelum bayi lahir.

Serupa dengan honeymoon yang mengacu pada liburan sepasang suami istri yang baru menikah; babymoon dilakukan sebelum kelahiran si Kecil.

Mengapa Babymoon Penting?

Kelahiran sang Buah Hati merupakan momen yang dinanti-nantikan Anda dan pasangan, apalagi jika ini kelahiran anak pertama.

Namun, tidak dapat dimungkiri, setelah si Kecil lahir Anda dan pasangan kemungkinan besar akan jarang menikmati waktu berdua.

Nah, babymoon bisa menjadi waktu berharga yang bisa kalian nikmati sebelum kehadiran si Kecil di tengah-tengah keluarga. Berikut ini adalah sejumlah manfaat babymoon yang mungkin Anda tidak ketahui:

1. Membantu Mengurangi Stres

Selama kehamilan, Anda akan mengalami lonjakan hormon. Hal ini bisa memengaruhi mood. Pada gilirannya, bumil akan lebih rentan mengalami stres.

Jika stres terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama selama kehamilan, bukan tidak mungkin hal ini akan berimbas pada kesehatan ibu dan janin.

Oleh karena itu, kelola stres Anda dengan baik. Liburan bersama pasangan bisa menjadi salah satu pilihan ampuh untuk meredakan stres.

Baca JugaPusing saat Hamil: 11 Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Memberikan Waktu untuk Relaks

Manfaat melakukan babymoon salah satunya adalah membantu memberikan waktu bagi tubuh bumil agar lebih relaks. 

Perubahan hormon yang cepat dapat berakibat pada perubahan suasana hati. Bumil pun rentan mengalami mood swings.

Nah, babymoon bisa menjadi waktu yang tepat bagi bumil untuk meningkatkan mood selam kehamilan. Selain itu, cobalah untuk rutin berolahraga dan melakukan hal-hal yang disukai untuk mengembalikan mood Anda.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Babymoon dapat memicu perasaan bahagia dan memberikan efek relaksasi. Hal ini baik terhadap imunitas tubuh.

Sistem imun tubuh yang meningkat selama kehamilan akan membantu tubuh bumil kuat melawan berbagai infeksi sehingga tidak mudah sakit.

4. Memperoleh Waktu Berkualitas Bersama Pasangan

Salah satu manfaat babymoon yang sayang untuk Anda lewatkan adalah memperoleh waktu berkualitas dengan pasangan.

Sebelum Anda dan pasangan terlalu fokus mengurus anak, dapatkan waktu berkualitas bersama. Dengan begitu, hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih erat.

5. Mendapatkan Istirahat

Babymoon dapat menjadi kesempatan bagi calon ibu untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini dapat membantu bumil mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan.

Tips Aman Babymoon

Berlibur saat hamil tidak selalu mudah. Sebelum memutuskan untuk pergi bersama pasangan, ikuti tips-tips berikut ini agar babymoon berjalan lancar:

Sebelum memutuskan untuk bepergian kemana pun, jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter.

  • Pastikan Anda telah mengetahui fasilitas kesehatan terdekat dengan lokasi liburan.
  • Jangan lupa bawa kotak P3K dan obat-obatan yang sedang digunakan.
  • Pilih waktu yang tepat agar momen yang dinikmati bisa maksimal. Pilihlah sebelum masuk trimester ketiga atau ketika Anda merasa lebih nyaman.
  • Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup untuk menghindari kelelahan.
  • Jangan lupa untuk melakukan peregangan di jalan untuk mengurangi pembengkakan saat hamil.
  • Pilihlah destinasi sesuaikan dengan bujet.
  • Pastikan makanan yang Anda konsumsi bergizi lengkap dan seimbang. Hindari makanan mentah. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih.

Baca JugaCatat, Inilah 9 Aktivitas yang Harus Dihindari saat Hamil Tua

Selain beberapa tips di atas, Anda dan pasangan juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jika menggunakan pesawat, pastikan untuk memilih tujuan yang cukup dekat sehingga penerbangan Anda singkat.
  • Jika tujuan liburan Anda masih berada di dalam negeri, pastikan kelengkapan asuransi kesehatan medis.

Demikian pembahasan seputar babymoon, manfaat, dan tips yang bisa Anda terapkan. Liburan bersama pasangan ini bisa Anda jalani meskipun ini bukan kehamilan pertama Anda.

Namun, perlu diingat kembali bahwa tidak semua kondisi kehamilan aman untuk melakukan perjalanan. Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

 

  1. Higuera, Valencia. 2018. What Is a Babymoon and How Do You Plan One? https://www.healthline.com/health/pregnancy/babymoon. (Diakses pada 30 Juni 2022).
  2. Malik, Vani. 2019. Babymoon Benefits: Vacationing Before Having A Baby Is Essential to Rekindle Live In A Marriage. https://www.onlymyhealth.com/babymoon-benefits-vacationing-before-having-a-baby-is-essential-to-rekindle-live-in-a-marriage-1570794039. (Diakses pada 30 Juni 2022).
  3. Solis, Marisa. 2021. What Is A Babymoon? Do’s and Don’ts for A Perfect Trip. https://www.babycenter.com/pregnancy/relationships/babymoon_1472877. (Diakses pada 30 Juni 2022).
  4. Weiss, Robin. 2021. Baby Moon Vacation for Expecting Parents. https://www.verywellfamily.com/what-is-a-baby-moon-2760079. (Diakses pada 30 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi