Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bagi Anda ibu hamil yang juga pekerja kantoran, menjelang kelahiran bayi tentu sudah saatnya bersiap untuk menjalani cuti hamil.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Calon Ibu Saat Cuti Hamil?

Di Indonesia, cuti hamil umumnya diberikan 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 setelah melahirkan. Jika Anda berpikir 1,5 bulan akan terasa lama dan membosankan untuk menantikan kelahiran bayi, berikut ini beberapa ide kegiatan yang bisa Anda lakukan selama cuti hamil:

1. Menyiapkan keperluan bayi

Jika saat aktif bekerja Anda tidak punya waktu untuk belanja keperluan bayi, masa cuti hamil adalah saat yang tepat untuk berbelanja.

Beberapa kebutuhan dasar bayi yang perlu Anda siapkan antara lain baju, popok, tempat tidur bayi, kain bedong dan beberapa produk perawatan bayi. Anda juga mungkin perlu menyiapkan beberapa perlengkapan menyusu seperti pompa ASI, botol atau plastik ASI dan lemari pendingin khusus untuk ASI.

2. Mencari pengasuh
Sudahkah Anda mempertimbangkan pola pengasuhan anak ketika nanti Anda kembali bekerja? Kalau Anda memutuskan untuk menggunakan pengasuh anak, maka cuti hamil bisa Anda manfaatkan untuk mencari pengasuh. Jika Anda memilih menggunakan jasa penitipan anak, maka Anda bisa melakukan survey jasa penitipan anak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Me time
Saat cuti, sempatkan untuk menikmati me time. Bisa dilakukan dengan menyelesaikan buku-buku yang ingin Anda baca, menonton film favorit, atau melakukan perawatan diri ke salon. Lakukan apa pun yang membuat Anda lebih rileks sehingga Anda lebih siap menghadapi proses persalinan.

4. Berolahraga
Semakin dekat dengan hari kelahiran bayi bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga. Olahraga di masa akhir kehamilan dapat membantu melatih otot-otot yang digunakan saat persalinan. Beberapa olahraga yang disarankan bagi ibu hamil di trimester ketiga antara lain yoga, berenang dan melakukan senam hamil.

Bagaimana Moms, banyak kan yang bisa dilakukan saat hamil? Selain melakukan berbagai aktivitas di atas, jangan lupa melakukan pemeriksaan rutin kehamilan untuk memantau kondisi kesehatan janin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi