Terbit: 28 March 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Daun gurmar atau Gymnema sylvestre adalah tumbuhan yang telah lama digunakan sebagai pengobatan Ayurveda.  Apa saja manfaat daun gurmar bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini

7 Manfaat Daun Gurmar untuk Kesehatan

Kandungan Daun Gurmar

Gurmar termasuk tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah Asia Tropis, seperti India, Australia, Sri Lanka, dan Cina.

Daun gurmar memiliki sifat antidiabetik karena mampu menghancurkan gula di dalam tubuh. Khasiat ini tidak terlepas dari berbagai kandungan senyawa di dalamnya.

Adapun senyawa yang terkandung dalam daun gurmar, di antaranya:

  • Gymnemic acid.
  • Tartaric acid.
  • Gurmarin.
  • Kalsium oksalat.
  • Glukosatigmasterol.
  • Betaine.
  • kolin.

Manfaat Daun Gurmar bagi Kesehatan

Secara umum, gurmar memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Menurut penelitian, Gymnema sylvestre mampu mengurangi gejala diabetes, termasuk kelelahan dan haus.

Selain itu, tanaman ini dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah, menekan keinginan untuk makan makanan manis, dan meningkatkan produksi insulin pada diabetesi (penderita diabetes).

Kendati demikian, masih banyak khasiat lain yang disuguhkan oleh herbal ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengurangi keinginan untuk konsumsi manis

Ingin mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis? Anda bisa mendapatkan manfaat dari tanaman herbal yang satu ini.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di PubMed, ekstrak Gymnema sylvestre dapat membantu menekan keinginan untuk konsumsi makanan manis. Cara kerjanya adalah dengan membuat makanan tersebut menjadi kurang menarik.

Manfaat daun gurmar yang satu ini hadir berkat kandungan gymnemic acid di dalamnya. Melansir Very Well Health, kandungan ini akan menekan rasa manis, tanpa memengaruhi rasa lainnya.

Baca Juga10 Manfaat Daun Stevia untuk Kesehatan, Kandungan Nutrisi, dll

2. Menurunkan berat badan

Gymnema sylvestre akan mengurangi keinginan Anda untuk konsumsi manis. Karena alasan ini, kalori yang Anda konsumsi bisa berkurang. Pada akhirnya berat badan Anda akan berkurang.

Manfaat ini didukung oleh penelitian yang dilakukan terhadap tikus selama tiga minggu. Tikus tersebut kemudian diberikan ekstrak daun gurmar. Hasilnya, terjadi penurunan berat badan pada tikus.

Sementara pada manusia, 6 orang dengan obesitas (kelebihan berat badan) yang mengonsumsi ekstrak Gymnema sylvestre mengalami penurunan berat badan sebanyak 5-6%. Hal ini berdasarkan penelitian lampau di tahun 2004.

Selain itu, penderita obesitas yang mengonsumsi gurmar sebelum makan akan makan lebih sedikit.

Tanaman ini akan merangsang sistem saraf pusat dengan membantu kelola stres, mengatasi gangguan tidur, dan mengubah kadar kortisol.

Hormon kortisol bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Tubuh kemudian akan menggunakannya sebagai sumber energi.

3. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun gurmar untuk diabetes mungkin sudah banyak yang tahu. Sebab, penggunaannya sudah bertahun-tahun sebagai antidiabetik alami.

Gurmar sendiri dalam bahasa Hindi (bahasa masyarakat India) berarti ‘destroyer of sugar’ atau dalam bahasa Indonesia artinya ‘penghancur gula’.

Diabetes alias kencing manis merupakan penyakit kronis (berlangsung lama) yang membuat kadar gula darah seseorang menjadi tinggi. Kondisi ini pada gilirannya akan memicu kondisi kesehatan lain, misalnya penyakit jantung.

Nah, daun gurmar bermanfaat untuk orang dengan diabetes ataupun prediabetes. Gymnema sylvestre dalam bentuk suplemen dapat dikombinasikan dengan obat diabetes lain untuk menunjang pengobatan.

Menurut penelitian yang termuat dalam Journal of Dietary Supplements, suplementasi diet dengan Gymnema sylvestre mampu menurunkan kadar gula darah, termasuk kadar gula darah puasa, dan kadar gula  setelah makan.

4. Meningkatkan produksi insulin

Manfaat gurmar yang satu ini masih berkaitan dengan diabetes. Pada penderita penyakit gula, tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup, atau tubuh tidak bisa menggunakan insulin sebagaimana mestinya.

Insulin sendiri adalah hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Apabila kadar insulin kurang, atau sel berhenti merespons insulin, gula dalam darah akan melonjak.

Gymnema sylvestre mampu meningkatkan produksi insulin dengan meningkatkan pertumbuhan sel di pankreas, tempat insulin diproduksi. Pada akhirnya, kadar insulin yang stabil akan membantu gula darah menurun.

5. Menjaga kesehatan kandung kemih

Saluran kemih rentan terkena infeksi bakteri. Jika tidak tertangani dengan baik, komplikasi berbahaya kemungkinan akan muncul.

Daun gurmar dapat membantu menjaga kesehatan kandung kemih Anda, termasuk ketika Anda susah buang air kecil.

Penelitian menunjukkan bahwa Gymnema sylvestre memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melawan infeksi bakteri.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat daun gurmar selanjutnya berhubungan dengan kolesterol dalam tubuh. Tanaman herbal ini dapat memblokir penyerapan lipid (lemak) sehingga dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, Gymnema sylvestre juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik alias high-density lipoprotein (HDL).

Menurut penelitian, tumbuhan ini menurunkan LDL sebanyak 20,2% dan kolesterol sebanyak 19%. Sementara itu, HDL naik sebesar 22%.

Kadar LDL yang tinggi berisiko terhadap penyakit jantung. Oleh karena itu, manfaat Gymnema sylvestre dalam menurunkan kolesterol dan LDL dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Mengurangi peradangan

Salah satu khasiat gurmar bagi tubuh lainnya adalah mengurangi peradangan. Efek antiinflamasi ini hadir berkat kandungan tanin dan saponin dalam tanaman ini. Keduanya merupakan senyawa yang bermanfaat.

Penting untuk Anda ketahui, asupan gula berlebih dalam tubuh dapat meningkatkan peradangan. Hal ini berdasarkan tiga penelitian dalam jurnal PubMed.

Nah, Gymnema sylvestre mampu mengurangi penyerapan gula di usus Anda sehingga risiko peradangan pun berkurang.

Baca JugaPotensi Manfaat Qusthul Hindi Sebagai Obat Herbal

Agar tidak mengalami efek samping, gunakan gurmar dalam batas wajar.

Melansir Healthline, dosis yang dianjurkan akan bergantung pada sumber Gymnema sylvestre yang Anda gunakan. Berikut penjelasannya:

  • Teh: Rebus daun selama 5 menit. Sebelum minum, tunggu selama 10-15 menit.
  • Bubuk: Mulailah dengan 2 gram. Setelah itu, secara bertahap tingkatkan menjadi 4 gram jika tidak ada efek samping yang terjadi.
  • Kapsul: 100 mg, 3-4 kali sehari.

Hindari konsumsi daun gurmar secara berlebihan. Selain itu, apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan herbal jenis apa pun.

 

  1. Aeberli, Isabelle, dkk. 2011. Low to Moderate Sugar-Sweetened Beverage Consumption Impairs Glucose and Lipid Metabolism and Promotes Inflammation in Healthy Young Men: A Randomized Controlled Trial. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21677052/. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  2. Anonim. Health Benefits of Gurmar (Gymnema Sylvestre). https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-gurmar/. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  3. Anonim. What is Diabetes? https://www.cdc.gov/diabetes/basics/diabetes.html. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  4. Bruun, J, dkk. 2015. Consumption of Sucrose-Sweetened Soft Drinks Increases Plasma Levels of Uric Acid in Overweight and Obese Subjects: A 6-Month Randomised Controlled Trial. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26081486/. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  5. Chirstiansen, Sherry. 2022. The Health Benefits of Gymnema Sylvestre. https://www.verywellhealth.com/gymnema-sylvestre-4692940. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  6. Frazier, Thomas. 2011. Gut Microbiota, Intestinal Permeability, Obesity-Induced Inflammation, and Liver Injury. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21807932/. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  7. Goodsoon, Amy. 2018. 6 Impressive Health Benefits of Gymnema Sylvestre. https://www.healthline.com/nutrition/gymnema-sylvestre-benefits. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  8. Kanetkar, Parijat, dkk. 2007. Gymnema sylvestre: A Memoir. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2170951/. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  9. Kumar, Smriti. 2011. An Open Label Study on the Supplementation of Gymnema Sylvestre in Type 2 Diabetics. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.3109/19390211.2010.505901. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  10. Kumar, V. 2013. Anti-obesity Effect of Gymnema Sylvestre Extract on High Fat Diet-induced Obesity in Wistar Rats. https://www.thieme-connect.de/products/ejournals/abstract/10.1055/s-0033-1349852. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  11. Preuss, H. G., dkk. 2004. Effects of A Natural Extract Of (-)-Hydroxycitric Acid (Hca-Sx) and A Combination of Hca-Sx Plus Niacin-Bound Chromium and Gymnema Sylvestre Extract on Weight Loss. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15056124/. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  12. Sophie, Turner, dkk. 2022. Consuming Gymnema sylvestre Reduces the Desire for High-Sugar Sweet Foods. https://www.mdpi.com/2072-6643/12/4/1046. (Diakses pada 28 Maret 2022).
  13. Tiwari, Pragya. 2017. Gymnema sylvestre for Diabetes: From Traditional Herb to Future’s Therapeutic. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27834124/. (Diakses pada 28 Maret 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi