Terbit: 17 June 2022 | Diperbarui: 23 September 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Meski populer karena aroma khasnya, banyak orang tidak mengetahui bahwa dibalik wanginya, bunga sedap malam memiliki banyak manfaat. Ketahui lebih jauh seputar khasiat bunga ini lewat ulasan berikut!

8 Manfaat Bunga Sedap Malam yang Jarang Diketahui

Manfaat Bunga Sedap Malam

Sedap malam atau Tuberose adalah tanaman yang mudah Anda jumpai di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Namun, tanaman ini tumbuh dengan baik di Amerika bagian tengah dan India.

Selain diolah menjadi parfum karena wanginya yang enak, sedap malam juga bermanfaat untuk keperluan lain, seperti bahan masakan atau pewangi ruangan.

Bunga dengan nama ilmiah Polianthes tuberosa ini juga sering kali digunakan sebagai essential oil. Tentunya hal tersebut berkat manfaatnya yang beragam.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat bunga sedap malam yang sayang untuk Anda lewatkan:

1. Mengurangi stres

Sedap malam memiliki aroma yang enak. Oleh karena itu, tanaman ini sering menjadi bahan parfum ataupun minyak esensial.

Aroma yang menyenangkan ditambah berbagai komponen kimia dari minyak esensial ini dapat memberikan efek relaksasi terhadap beberapa bagian tubuh, seperti otak, saraf, dan otot.

Menurut studi tahun 2016, efek tersebut akan membantu meredakan stres, ketegangan, kecemasan, depresi, rasa marah, masalah saraf, kejang, kram, batuk-batuk, dan diare.

2. Melawan radikal bebas di tubuh

Manfaat lain dari bunga sedap malam adalah membantu mengatasi radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh.

Radikal bebas akan membentuk stres oksidatif. Pada gilirannya, kondisi tersebut dapat berujung pada berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah kanker.

Bunga sedap malam mengandung antioksidan yang berperan penting dalam memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan akan menghambat pembentukan radikal bebas sehingga dapat mengurangi kerusakan yang ditimbulkannya.

Baca Juga11 Manfaat Bunga Saffron yang Harus Anda Ketahui

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Tanaman ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Manfaat bunga sedap malam ini hadir berkat kandungan polifenol di dalamnya.

Senyawa ini dapat mencegah pemecahan pati menjadi gula sederhana sehingga dapat menurunkan kemungkinan gula darah naik.

Selain itu, polifenol juga dapat membantu merangsang sekresi insulin. Insulin merupakan hormon yang membantu pemindahan gula dari aliran darah ke seluruh sel dan berperan dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Menjaga kesehatan saluran pernapasan

Manfaat bunga sedap malam di dalam rumah yang Anda gunakan sebagai essential oil dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Minyak esensial ini bekerja dengan menenangkan saluran pernapasan. Efek menghangatkan dari minyak ini juga dapat membantu mencegah pengendapan dahak dan radang selaput lendir.

5. Membantu mendukung jaringan tubuh bekerja

Siapa sangka, bunga sedap malam yang terkenal karena aromanya dapat memberikan khasiat yang satu ini bagi kesehatan.

Manfaat bunga sedap malam untuk membantu berbagai fungsi tubuh hadir berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C berguna dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, dan pengoptimalan sistem imun tubuh.

6. Menjaga kelembapan kulit

Salah satu manfaat bunga sedap malam untuk kecantikan ini bisa Anda peroleh dengan menggunakannya sebagai essential oil.

Pijat kulit menggunakan larutan yang terbuat dari beberapa tetes minyak sedap malam dan air hangat. Ini akan membantu mengunci kelembapan kulit sekaligus merawat keremajaan kulit.

Tak hanya itu, minyak bunga sedap malam memiliki sifat menyembuhkan dan melembapkan. Oleh karena itu, menggunakannya sebagai pelembap juga dapat membantu mengatasi tumit kering dan pecah-pecah.

7. Mengurangi peradangan

Sedap malam mengandung polifenol. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Essential oil bunga sedap malam dapat mendatangkan khasiat ini, terutama yang berhubungan dengan sistem saraf dan sistem pernapasan.

Kendati demikian, untuk memperoleh manfaat bunga sedap malam yang satu ini, minyak esensial harus melalui proses pengenceran yang relatif tinggi.

Baca Juga7 Manfaat Brahmi bagi Kesehatan

8. Meredakan mual

Khasiat lain yang bisa Anda peroleh dari minyak esensial bunga sedap malam adalah mengurangi rasa mual. Kabarnya, menghirup minyak sedap malam sekitar beberapa menit dapat memberikan kelegaan yang luar biasa.

Berbagai manfaat sedap malam di atas bisa Anda peroleh dengan menjadikannya sebagai dekorasi di dalam rumah, minyak esensial, ataupun sebagai bahan makanan.

Manfaat bunga sedap malam kering bisa Anda olah menjadi berbagai jenis masakan, misalnya sup bunga sedap malam, cap cay, sup kimlo, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, pada beberapa orang, penggunaan bunga sedap malam kemungkinan bisa menyebabkan alergi. Jika mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter.

 

  1. Anonim. Health Benefits of Tuberose Essential Oil. https://www.healthbenefitstimes.com/tuberose-essential-oil/. (Diakses pada 17 Juni 2022).
  2. Eldridge, Lynne. 2022. Free Radicals: Definition, Causes, Antioxidants, and Cancer. https://www.verywellhealth.com/information-about-free-radicals-2249103. (Diakses pada 17 Juni 2022).
  3. Ghorat, Fereshteh., dkk. 2016. The Effect of Inhalation of Essential Oils of Polianthes Tuberosa on Test Anxiety in Students: A Clinical Trial. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27840479/. (Diakses pada 17 Juni 2022).
  4. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 5 Best Benefits Of Tuberose Essential Oil. https://www.organicfacts.net/tuberose-essential-oil.html. (Diakses pada 17 Juni 2022).
  5. Petre, Alina. 2019. What Are Polyphenols? Types, Benefits, and Food Sources. https://www.healthline.com/nutrition/polyphenols. (Diakses pada 17 Juni 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi