Terbit: 20 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Brahmi adalah tanaman yang telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Tanaman ini menyimpan sejumlah khasiat bagi kesehatan. Apa saja manfaat brahmi untuk kesehatan? Temukan jawabannya dalam artikel berikut!

7 Manfaat Brahmi bagi Kesehatan

Manfaat Brahmi untuk Kesehatan

Brahmi atau Bacopa monnieri adalah tanaman pokok dalam pengobatan Ayurveda tradisional. Pengobatan Ayurveda adalah salah satu pengobatan tertua di dunia yang berasal dari India.

Melansir Healthline, tanaman brahmi telah lama digunakan untuk pengobatan Ayurveda karena kemampuannya dalam meningkatkan memori, mengurangi kecemasan, dan mengobati epilepsi.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat brahmi untuk kesehatan:

1. Sumber antioksidan yang baik

Radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh merupakan cikal bakal dari munculnya sejumlah masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker tertentu.

Selain diproduksi sendiri oleh tubuh, gaya hidup tertentu dapat meningkatkan produksi radikal bebas, seperti:

  • Kebiasaan merokok.
  • Konsumsi alkohol.
  • Paparan bahan kimia beracun, misalnya polusi udara dan pestisida.
  • Konsumsi gorengan.

Antioksidan dapat mengurangi dan mencegah efek radikal bebas. Brahmi merupakan tanaman dengan kandungan senyawa kuat yang kemungkinan memiliki efek antioksidan.

Oleh karena itu, Bacopa monnieri dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit di atas.

Baca JugaPotensi Manfaat Qusthul Hindi Sebagai Obat Herbal

2. Membantu mengurangi peradangan

Peradangan merupakan efek alami tubuh dalam melawan penyakit. Namun, peradangan kronis berkaitan dengan berbagai kondisi kesehatan, seperti kanker, diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Kabar baiknya, brahmi memiliki potensi untuk membantu mengurangi peradangan. Dengan begitu, risiko berbagai masalah kesehatan tersebut berkurang.

3. Mampu meningkatkan fungsi otak

Menurut berbagai penelitian, brahmi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Baik penelitian pada hewan maupun manusia, keduanya menunjukkan khasiat serupa.

Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa suplemen dengan kandungan Bacopa monnieri dapat meningkatkan pembelajaran spasial dan kemampuan menyimpan informasi pada tikus.

Di sisi lain, sebuah studi pada 60 orang dewasa yang lebih tua menunjukkan khasiat serupa.

Menurut studi tersebut, konsumsi 300 mg atau 600 mg ekstrak Bacopa monnieri setiap hari dapat meningkatkan memori, perhatian, dan kemampuan memproses informasi, ketimbang pengobatan plasebo.

4. Mengurangi gejala ADHD

Salah satu manfaat brahmi berikutnya adalah mengurangi gejala attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). ADHD adalah kondisi kesehatan mental yang dapat menyebabkan tindakan hiperaktif dan perilaku impulsif.

Menurut studi pada 31 anak berusia 6-12 tahun, konsumsi ekstrak Bacopa monnieri sebanyak 225 mg setiap hari selama 6 bulan secara signifikan mengurangi gejala ADHD.

Gejala tersebut, di antaranya kegelisahan, kontrol diri yang buruk, kurangnya perhatian, dan tindakan impulsif pada 85 persen anak.

Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lain yang mendukung manfaat brahmi untuk mengatasi ADHD.

5. Memiliki sifat antikanker

Telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda, tanaman ini dianggap memiliki kemampuan menurunkan risiko kanker.

Berdasarkan uji tabung dan penelitian pada hewan, Bacopa monnieri kemungkinan memiliki sifat antikanker. Khasiat yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan dan senyawa seperti bacosides di dalam tanaman brahmi.

Baca Juga10 Manfaat Tanaman Agave, Kandungan Nutrisi, dan Cara Menggunakan

6. Mengurangi stres dan kecemasan

Bacopa monnieri dianggap sebagai ramuan adaptogenik. Artinya, tanaman ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres.

Brahmi dapat menurunkan stres dengan cara meningkatkan mood dan menurunkan kadar kortisol. Tubuh memproduksi hormon ini ketika stres.

Kendati demikian, penelitian terhadap manusia masih menunjukkan hasil yang bervariasi. Oleh karena itu, penelitian dengan skala besar terhadap manusia masih diperlukan guna mendukung khasiat brahmi untuk stres dan kecemasan.

7. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk kondisi kesehatan yang serius dan memerlukan perhatian khusus. Bila Anda membiarkannya, tekanan darah tinggi bisa berujung pada melemahnya jantung dan meningkatnya risiko penyakit jantung.

Kabar baiknya, brahmi dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.

Menurut penelitian, Bacopa monnieri dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Sayangnya, penelitian mengenai khasiat yang satu ini terbatas hanya pada hewan. Sementara itu, penelitian pada manusia masih kurang.

Itu dia sejumlah manfaat brahmi untuk kesehatan. Meski tergolong aman, bagi sebagian orang, Bacopa monnieri kemungkinan dapat menimbulkan efek samping masalah pencernaan, seperti mual, kram perut, dan diare.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan herbal atau menjalani pengobatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

 

  1. Anonim. 2020. What Is Cortisol? https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-cortisol. (Diakses pada 19 Mei 2022).
  2. Anonim. 2021. What Is Ayurveda? https://www.webmd.com/balance/guide/ayurvedic-treatments. (Diakses pada 19 Mei 2022).
  3. Angel, Traci. 2021. Everything You Need to Know About ADHD. https://www.healthline.com/health/adhd. (Diakses pada 19 Mei 2022).
  4. Arnarson, Atli. 2019. 7 Emerging Benefits of Bacopa monnieri (Brahmi). https://www.healthline.com/nutrition/bacopa-monnieri-benefits#. (Diakses pada 19 Mei 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi