Terbit: 22 September 2021 | Diperbarui: 23 September 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Obat herbal ejakulasi dini adalah salah satu metode yang bisa digunakan pria untuk mengatasi orgasme yang terjadi terlalu cepat. Beberapa pria mengungkapkan, pengobatan herbal dapat membantu mengatasi masalah, namun klaim ini belum didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Apa saja obat herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi ejakulasi dini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

5 Obat Herbal yang Dipercaya Ampuh Atasi Ejakulasi Dini

Mengatasi Ejakulasi Dini dengan Obat Herbal

Sebelum menjelaskan mengenai berbagai obat herbal ejakulasi dini pada pria yang bisa digunakan, perlu Anda ketahui bahwa orgasme yang terlalu cepat pada pria dapat dikaitkan dengan faktor mental dan fisik. Hal inilah yang membuat tindakan medis dari dokter adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan.

Meski begitu, beberapa pria ingin mencari pengobatan alami, salah satunya adalah menggunakan obat herbal. Berikut ini adalah beberapa obat herbal ejakulasi dini yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

1. Ashwagandha

Meski ashwagandha populer di kalangan binaragawan, manfaatnya juga terkait dengan kesehatan reproduksi dan seksual. Ramuan ini dipercaya sebagai penguat testosteron dan meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Kedua hal ini pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kemampuan pria di ranjang.

Selain itu, karena disfungsi ereksi pria dan ejakulasi dini paling sering dikaitkan dengan gangguan kecemasan dan stres, maka penggunaan ashwagandha menjadi sangat efektif. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kapsul ashwagandha dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

2. Kapikachhu

Kapikachhu mungkin salah satu ramuan Ayurveda yang paling terkenal untuk mengatasi ejakulasi dini. Jika Anda ingin ereksi bertahan lebih lama, kapikachhu dipercaya dapat membantu mempertahankan ereksi, meskipun mekanisme pastinya tidak dipahami dengan jelas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat kapikachhu mirip dengan ashwagandha, yaitu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Namun, jika digunakan untuk meningkatkan durasi seks, penelitian tentangnya baru terbatas pada hewan. Para peneliti menemukan bahwa dorongan seks dan waktu untuk ejakulasi dapat ditingkatkan pada tikus dengan suplementasi kapikachhu secara teratur setidaknya selama 45 hari.

Baca Juga: Berbagai Obat Ejakulasi Dini yang Bisa Anda Gunakan

3. Shilajit

Suplemen shilajit sering dipasarkan sebagai kapsul untuk meningkatkan kekuatan seksual. Shilajit merupakan bahan organik alami yang sebenarnya adalah eksudat dari batuan Himalaya. Hal ini membuatnya kaya akan senyawa terapeutik dan mineral, sehingga memberikan banyak khasiat obat yang luas.

Kemampuan kapsul shilajit untuk meningkatkan daya tahan tubuh telah didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa, bahan organik ini mampu meningkatkan kadar testosteron dan kesuburan.

Dengan kata lain, shilajit mengurangi kelelahan, meningkatkan tingkat energi, dan daya tahan. Semua hal ini adalah sesuatu yang penting untuk mempertahankan durasi ereksi dan aktivitas seksual yang lebih lama.

4. Gotu Kola

Gotu kola atau pegagan selain populer dalam dunia kuliner, ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi disfungsi ereksi. Pegagan sangat efektif untuk mengatasi ejakulasi dini yang disebabkan oleh masalah peredaran darah ke penis.

Selain meningkatkan durasi aktivitas seksual, gotu kola juga dipercaya mampu meningkatkan sensitivitas dan kesenangan.

Seperti halnya dengan banyak perawatan herbal untuk  ejakulasi dini, kemanjurannya dapat bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Baca Juga: 10 Penyebab Sakit saat Ejakulasi dan Cara Mengatasinya

5. Gokshura

Gokshura adalah suplemen herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak dan mengobati berbagai kondisi termasuk penyakit kulit, hati, dan ginjal.

Selain untuk mengembalikan fungsi normal tubuh, terdapat klaim yang mengatakan bahwa gokshura dapat meningkatkan jumlah sperma dan memperkuat jaringan penis untuk kinerja seksual yang lebih baik.

Meskipun bukti terbatas untuk membuktikan klaim ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa gokshura dapat meningkatkan waktu ejakulasi sekitar 30 detik.

Tentu saja efektivitasnya bisa kurang atau lebih, tergantung penyebab ejakulasi dini. Studi menunjukkan bahwa suplementasi gokshura dapat meningkatkan kinerja seksual pada pria dalam hal gairah, libido, dan kekuatan ereksi.

Nah, itulah berbagai perawatan herbal yang bisa Anda coba untuk mengatasi keluarnya air mani terlalu cepat. Lantas, apakah obat herbal ejakulasi dini tanpa efek samping? Penting untuk diketahui, obat-obatan herbal dapat memberikan efek pada tubuh sama halnya seperti obat-obatan konvensional.

Pengobatan herbal dapat menyebabkan efek samping dan mengganggu pengobatan lain yang sedang dijalankan. Hal itulah yang membuat penggunaannya harus hati-hati, karena obat herbal tidak selalu diatur dengan standar yang sama seperti obat medis.

Konsultasi dengan dokter diperlukan sebelum Anda mencoba untuk mengonsumsi obat herbal ejakulasi dini seperti yang dijelaskan di atas.

 

  1. Bhagwati, Surya. 5 Ayurvedic Herbs to Beat Premature Ejaculation & Improve Your Sex Life. https://drvaidyas.com/5-ayurvedic-herbs-to-beat-premature-ejaculation-improve-your-sex-life/. (Diakses pada 22 September 2021).
  2. Bodian, Caroline. 2021. Do natural remedies for premature ejaculation work?. https://www.livehealthily.com/mens-sexual-health/do-natural-remedies-for-premature-ejaculation-work. (Diakses pada 22 September 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi