Terbit: 8 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Minyak jarak atau castor oil adalah minyak yang berasal dari biji tanaman jarak. Selain digunakan sebagai bahan aktif produk pembersih, ada sejumlah manfaat minyak jarak untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Simak selengkapnya di sini.

13 Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sederet Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan

Meski pada awalnya digunakan sebagai bahan bakar lampu, pada peradaban mesir kuno minyak jarak juga telah digunakan untuk pengobatan dan perawatan kecantikan. Berikut adalah berbagai manfaatnya yang bisa Anda dapatkan, di antaranya: 

1. Mencegah Sembelit

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari minyak ini adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bagaimana tidak, minyak ini sudah lama dikenal sebagai obat sembelit atau stimulan pencahar.

Menurut American Academy of Family Physicians, stimulan pencahar dapat membuat usus bergerak, meremas, dan berkontraksi lebih keras daripada biasanya.

Dengan begitu, minyak jarak dapat membantu menangani masalah sembelit atau konstipasi.

2. Melembapkan Kulit

Sebagai obat luar, manfaat minyak jarak tidak bisa Anda sepelekan. Asam lemak minyak jarak adalah humektan alami yang dapat membantu melembapkan kulit dan mencegahnya kehilangan air.

Maka dari itu, minyak ini baik untuk meningkatkan kesehatan kulit, mencegah kekeringan, dan meredakan peradangan kulit.

Baca Juga11 Manfaat Minyak Serai, Bantu Redakan Sakit Kepala hingga Mual

3. Menyembuhkan Luka

Salah satu potensi khasiat minyak jarak adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat ini ada karena minyak jarak adalah trigliserida yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Penelitian menemukan bahwa pengolesan minyak jarak ke kulit dapat membantu mencegah infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah lokal, dan menghilangkan sel-sel kulit yang rusak.

Dengan demikian, minyak ini dapat menunjang seluruh proses penyembuhan kulit.

4. Mengurangi Nyeri Sendi

Menurut penelitian, asam risinoleat pada minyak jarak dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri akibat peradangan.

Penelitian menunjukkan, minyak jarak yang dioleskan ke kulit dapat mengurangi gejala radang sendi. Bahkan, efeknya lebih baik daripada perawatan topikal yang sudah diresepkan dokter.

Kendati demikian, penelitian lain yang mengkaji manfaat castor oil ini masih perlu dilakukan.

5. Menjaga Kebersihan Gigi Palsu

Gigi palsu yang tidak terjaga kebersihannya berisiko menyimpan sejumlah bakteri dan jamur, termasuk jamur Candida. Bila dibiarkan, bukan tidak mungkin akan timbul masalah gigi dan mulut yang mengganggu.

Agar tidak mengalaminya, pastikan untuk menjaga dan merawat kebersihan gigi palsu Anda.

Seperti dikutip dari Healthline, membersihkan gigi palsu menggunakan minyak jarak dapat membantu menurunkan risiko terkena denture stomatitis. Ini terjadi ketika mukosa mulut mengalami peradangan akibat penggunaan gigi palsu atau gigi tiruan.

Khasiat yang satu ini hadir berkat kemampuan minyak untuk membunuh bakteri dan jamur yang kemungkinan hidup di gigi palsu.

6. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat minyak jarak untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Salah satu khasiat yang sayang untuk Anda lewatkan adalah kemampuannya dalam mengatasi jerawat.

Castor oil memiliki kandungan yang bersifat antimikroba dan antiinflamasi sehingga baik untuk mengurangi jerawat. Asam risinoleat dalam minyak ini juga dapat menghambat bakteri untuk tumbuh.

7. Menangani Tekstur Kulit yang Tidak Merata

Memiliki tekstur kulit yang tidak rata alias “gradakan” tentu bisa sangat mengganggu penampilan. Anda pun kerap kali tidak percaya diri meskipun sudah menggunakan make up.

Jangan khawatir, minyak jarak diyakini dapat membantu mengatasi masalah kulit yang satu ini.

Manfaat minyak jarak untuk kulit ini hadir berkat kandungan asam lemak di dalamnya. Asam lemak tersebut berguna untuk meningkatkan kehalusan dan kelembutan pada kulit wajah.

Baca Juga10 Macam Minyak Esensial untuk Menghilangkan Stres

8. Ramah bagi Pemilik Kulit Sensitif

Minyak jarak tidak bersifat komedogenik (memicu komedo). Artinya, penggunaannya tidak akan menyumbat pori-pori kulit dan tidak akan menimbulkan komedo.

Atas alasan itu, castor oil cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif.

9. Menangani Masalah Warna kulit Belang

Punya warna kulit belang bisa sangat mengganggu, apalagi jika sampai terjadi pada kulit wajah. Salah satu penyebabnya adalah terkena paparan sinar matahari.

Asam lemak di dalam minyak jarak diketahui dapat membantu mempercepat pertumbuhan jaringan kulit sehingga dapat mengatasi warna kulit yang tidak merata.

10. Memperkuat Rambut

Selain untuk kulit, manfaat minyak jarak untuk rambut penting untuk Anda ketahui. Minyak ini memiliki kandungan yang dapat menutrisi rambut.

Susunan nutrisi pada minyak ini terdiri dari campuran protein, vitamin, antioksidan, dan asam lemak. Oleh karena itu, castor oil baik untuk memelihara kulit kepala dan folikel rambut yang rapuh.

11. Mengurangi Rambut Rontok

Sejumlah nutrisi di dalam minyak jarak diyakini berguna untuk mengatasi masalah rambut rontok. Karena alasan ini, minyak jarak banyak disukai di industri kecantikan.

Meskipun begitu, tidak ada bukti jelas yang menunjukkan manfaat minyak jarak untuk rambut rontok. Para ahli juga masih meragukannya, mengingat minimnya studi.

Persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) terkait khasiat yang satu ini juga belum ada.

12. Mengatasi Masalah Ketombe pada Rambut

Menurut ahli, kandungan minyak castor oil yang bersifat antimikroba kemungkinan berguna dalam melawan pertumbuhan bakteri berlebih atau jamur di kulit kepala Anda. Oleh karena itu, minyak jarak diyakini dapat membantu mengurangi ketombe.

Baca Juga: Minyak Esensial Terbaik yang Bisa Digunakan untuk Merawat Rambut

13. Membuat Rambut Tampak Lebih Lebat

Memiliki rambut lebat, kuat, dan sehat bukan sekadar angan-angan semata. Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan minyak jarak.

Asam risinoleat yang terkandung di dalam minyak ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Dengan begitu, folikel rambut akan mendapatkan nutrisi yang layak. Rambut pun akan lebih kuat dan terhindar dari kerusakan.

Selain pada rambut kepala, minyak ini juga dapat membantu menumbuhkan rambut di bagian tubuh lainnya, seperti bulu mata dan alis.

Itu dia beberapa manfaat minyak jarak yang bisa Anda manfaatkan. Meski umumnya aman digunakan, reaksi yang merugikan dan efek samping yang tidak diinginkan bisa muncul pada beberapa orang dan kondisi tertentu.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter terkait penggunaan minyak ini.

 

  1. Anonim. Denture Stomatitis. https://www.dentalhealth.org/denture-stomatitis. (Diakses 7 September 2022).
  2. Carter, Alan. 2018. Does Castor Oil Help Constipation? https://www.medicalnewstoday.com/articles/313523. (Diakses 7 September 2022).
  3. Jahns, Erin. 2022. Castor Oil for Hair: Benefits and How to Use It. https://www.byrdie.com/castor-oil-for-hair-growth. (Diakses 7 September 2022).
  4. Kubala, Jillian. 2022. 4 Benefits and Uses of Castor Oil. https://www.healthline.com/nutrition/castor-oil. (Diakses 7 September 2022).
  5. WebMD Editorial Contributors. 2020. Castor Oil: Are There Health Benefits? https://www.webmd.com/diet/castor-oil-health-benefits. (Diakses 7 September 2022).
  6. Wong, Cathy. 2022. Castor Oil for Hair Growth: Benefits, Side Effects, and How to Use It. https://www.verywellhealth.com/using-castor-oil-for-hair-growth-4172190. (Diakses 7 September 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi