Terbit: 8 Maret 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Minyak sereh adalah salah satu jenis minyak yang sering digunakan sebagai arometerapi karena efeknya yang menenangkan. Selain aromanya yang menenangkan, minyak ini juga memiliki manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat minyak serai untuk kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

11 Manfaat Minyak Serai, Bantu Redakan Sakit Kepala hingga Mual

Kandungan Minyak Serai

Sesuai dengan namanya, serai memiliki aroma seperti lemon, tetapi lebih lembut, lebih manis, dan jauh lebih sedikit asam. Minyak atsiri serai diekstraksi melalui proses penyulingan uap serai yang sudah kering. Minyaknya memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan.

Berikut ini kandungan utama minyak serai:

  • Myrcene.
  • Citronellal.
  • Geranyl acetate.
  • Nerol.
  • Geraniol.
  • Neral.
  • Limonene.
  • Citral .

Minyak serai juga menjadi sumber vitamin esensial seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, dan folat. Minyak ini juga mengandung mineral penting seperti magnesium, fosfor, mangan, tembaga, kalsium, kalium, zinc, dan zat besi.

Beragam Manfaat Minyak Serai untuk Kesehatan

Berkat kandungan di dalamnya, minyak serai memiliki banyak potensi kegunaan dan manfaat yang bagus untuk kesehatan. Banyak orang telah menggunakannya sebagai pengobatan tradisional untuk menghilangkan rasa sakit, masalah perut, dan demam.

Berikut adalah berbagai manfaat minyak sereh bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan sakit kepala dan migrain

Menurut sebuah penelitian, serai dapat membantu meredakan nyeri akibat sakit kepala dan migrain. Manfaat ini diduga karena senyawa eugenol yang terkandung dalam serai memiliki khasiat yang mirip dengan aspirin.

Eugenol adalah senyawa yang dipercaya mencegah trombosit darah menggumpal. Senyawa ini juga melepaskan serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

2. Membuat kulit sehat dan glowing

Minyak serai bisa ditambahkan ke dalam produk perawatan untuk mendapatkan manfaanyat bagi kulit, termasuk ke dalam sampo, kondisioner, deodoran, sabun, dan losion.

Minyak serai adalah pembersih yang efektif untuk semua jenis kulit, karena sifat antiseptik dan astringennya membuat minyak serai sempurna untuk meratakan warna kulit dan membuat kulit glowing.

Selain itu, mengoleskannya langsung ke kulit (tanpa campuran bahan lainnya) dipercaya dapat membersihkan pori-pori, berfungsi sebagai toner alami, dan memperkuat jaringan kulit. 

3. Menghambat pertumbuhan mikroba

Minyak serai memiliki sifat antimikroba sehingga dapat menghambat pertumbuhan mikroba dan bakteri dalam tubuh, baik secara internal maupun eksternal.

Khasiat minyak ini juga dikenal efektif dalam menghambat infeksi bakteri di usus besar, lambung, saluran kemih, luka, sistem pernapasan, dan organ lainnya. Minyak ini juga dipercaya mengobati penyakit akibat infeksi bakteri seperti tifus, keracunan makanan, penyakit kulit, bau badan, dan malaria.

4. Melawan infeksi

Manfaat minyak serai berikutnya adalah membantu menurunkan demam dengan melawan infeksi yang menyebabkan kondisi tersebut. Selain itu, minyak ini dapat meningkatkan produksi keringat tubuh, sehingga membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat. 

Minyak serai memiliki sifat fungisida yang baik dan bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur, baik eksternal maupun internal.

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Daun Serai untuk Tubuh yang Jarang Diketahui!

5. Menghilangkan stres dan kecemasan

Tidak sedikit penelitian telah menunjukkan bahwa aromaterapi dapat meredakan stres dan kecemasan. Misalnya, menggabungkan aromaterapi dengan pijat dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

Sebuah penelitian mengevaluasi efek minyak pijat serai dan almond selama pijatan berlangsung. Partisipan dalam penelitian yang menerima pijatan dengan minyak seminggu sekali selama 3 minggu memiliki tekanan darah diastolik yang lebih rendah.

6. Meredakan sakit

Seperti analgesik yang mengurangi rasa sakit dan peradangan, minyak serai membantu meredakan nyeri pada otot dan persendian. Selain itu, minyak ini juga dipercaya meredakan sakit gigi dan sakit kepala akibat infeksi virus seperti batuk, pilek, influenza, demam, dan berbagai penyakit cacar.

Minyak sereh juga dapat membantu mengurangi nyeri di tubuh secara umum akibat aktivitas berat dan olahraga atletik.

7. Mengontrol gula darah dan lipid

Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, minyak ini dapat membantu mengurangi gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Dalam penelitian ini, tikus diberi dengan dosis oral harian sebanyak 125 hingga 500 miligram minyak serai selama 42 hari.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minyak serai dapat menurunkan kadar gula darah. Minyak ini juga mengubah parameter lipid sambil meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

8. Menyehatkan rambut

Manfaat minyak sereh lainnya adalah dapat memperkuat folikel rambut, hal ini cocok untuk Anda yang sedang mengalami kerontokan rambut atau kulit kepala yang gatal serta iritasi.

Caranya, pijatkan beberapa tetes minyak serai ke kulit kepala selama dua menit dan kemudian bilas. Minyak ini dapat menenangkan dan membunuh bakteri yang pada akhirnya akan membuat rambut berkilau, segar, dan bebas bau.

Baca Juga: 10 Macam Minyak Esensial untuk Menghilangkan Stres

9. Menurunkan demam

Minyak serai bersifat antipiretik sehingga dipercaya dapat menurunkan demam. Sifat ini sangat mirip dengan obat penurun panas. Antipiretik adalah golongan obat berfungsi sebagai antidemam sekaligus antinyeri.

10. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Salah satu caranya adalah menggunakan minyak serai

Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak serai secara signifikan mengurangi kolesterol pada tikus yang telah diberi diet kolesterol tinggi. Respons positif tergantung dosis, yang berarti bahwa efeknya berubah ketika dosis diubah.

11. Meredakan mual

Serai dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk beberapa masalah pencernaan, seperti sakit perut hingga tukak lambung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, minyak esensial serai dapat membantu mencegah tukak lambung yang menjadi penyebab sakit perut.

Serai juga sering digunakan untuk teh herbal dan suplemen untuk mengatasi mual. Meskipun sebagian besar produk herbal menggunakan daun serai kering.

Nah, itulah berbagai manfaat minyak serai yang sangat bagus untuk pengobatan maupun pencegahan penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

   

  1. Anonim. 2020. Why Using Lemongrass Essential Oil Benefits You. https://www.healthline.com/health/lemongrass-essential-oil#stress-and-anxiety. (Diakses pada 8 maret 2022)
  2. Axe, Josh. 2018. 16 Lemongrass Essential Oil Uses & Benefits, for Skin, Hair & Even House!. https://draxe.com/essential-oils/lemongrass-essential-oil/ (Diakses pada 8 maret 2022)
  3. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 11 Health Benefits Of Lemongrass Essential Oil. https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-lemongrass-essential-oil.html (Diakses pada 8 maret 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi