Terbit: 24 September 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Daun perilla adalah tanaman herbal yang populer di Korea dan China yang kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Kepopuleran daun ini karena manfaatnya untuk berbagai penyakit. Simak berbagai manfaatnya dalam penjelasan di bawah ini!

10 Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Daun Perilla

Daun perilla atau Kkaennip memiliki beragam nutrisi dan wangi aromatik yang kuat, maka tak heran daun ini sering dijadikan bahan pengobatan. Beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya, antara lain:

  • Kalori.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Vitamin C.

Dalam ekstrak daun perilla mengandung sejumlah senyawa, termasuk:

  • Antioksidan.
  • Antialergi.
  • Antiinflamasi.
  • Antidepresan.
  • Anoreksigenik.
  • Pencegah tumor.

Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatan

Daun perilla sering kali dijadikan sebagai salah satu bahan obat dan makanan, terutama hidangan Korea. Hal ini karena sejumlah kandungan di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menyehatkan Pencernaan

Serat dalam daun perilla juga dapat membantu meningkatkan pencernaan yang sehat. Daun ini diketahui mengandung flavonoid, senyawa yang membantu meringankan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan mual.

Daun yang telah diekstrak menjadi minyak juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

2. Mengatasi Gangguan Mood

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa elemen bioaktif dari perilla seperti asam rosmarinic dan apigenin, memiliki efek anti-depresi.

Mengonsumsi ramuan daun ini dalam jumlah sedikit dapat membantu menjaga gangguan suasana hati (mood). Gangguan mood adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan emosi tidak stabil.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Afrika, Turunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker

3. Menurunkan Berat Badan

Satu porsi atau setara 100 gram daun perilla mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, yakni sebanyak 7 gram. Daun ini juga bebas gula dan memiliki 7 gram serat makanan per porsinya.

Berkat kandungan seratnya yang melimpah, daun ini dapat membantu menurunkan berat badan karena serat bisa meningkatkan rasa kenyang.

4. Menangkal Paparan Sinar Matahari

Daun perilla yang dihaluskan dan dioleskan pada kulit cenderung mencegah kulit terbakar sinar matahari. Mengonsumsi daun yang sudah direbus juga diketahui bermanfaat dalam mencegah heatstroke akibat sinar matahari.

5. Mengatasi Nyeri Sendi dan Peradangan

Asam lemak yang terkandung dalam daun perilla sangat membantu terutama untuk orang-orang yang sering mengalami pegal dan bengkak pada persendian.

Faktanya, lemak bermanfaat menopang persendian sehingga mencegah terjadinya nyeri dan peradangan. Mengonsumsinya dapat membantu seseorang yang rentan terhadap radang sendi untuk mengurangi ketergantungan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, ramuan perilla dikenal memiliki sifat anti-mikroba dan cenderung mampu menjaga kesehatan mulut. Tanaman ini dipercaya mencegah masalah mulut seperti pendarahan gusi.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Daun Berlangkas untuk Kesehatan

7. Menyehatkan Kulit

Perilla dalam bentuk minyak esensial telah digunakan dalam kosmetik dan sangat cocok untuk kulit yang bermasalah. Hal tersebut didukung oleh semua kandungan antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan kemampuan untuk membantu menahan lebih banyak air di kulit.

Berbagai senyawa tersebut membantu penyembuhan ruam, jerawat, dan membantu menghilangkan kerutan, serta membuat kulit tampak awet muda.

8. Mengurangi Gejala Alergi

Tanaman perilla juga dikenal dapat membantu orang yang menderita alergi. Ramuan perilla terbukti membantu mengontrol pelepasan histamin dalam tubuh, zat kimia yang diprodukso saat tubuh terpapar pemicu alergi.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa perilla memang efektif untuk mengendalikan berbagai gejala alergi, termasuk mata gatal dan berair, pilek, bersin, dan sesak napas.

9. Menurunkan Kolesterol

Daun perilla mengandung flavonoid, antioksidan yang memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tanaman ini untuk menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular, serangan jantung, stroke, hingga kanker.

10. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan lemak sehat yang luar biasa dalam perilla membuatnya bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Khasiat ini membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, menjaganya agar tidak menjadi keras dan rentan terhadap penumpukan plak.

Baca Juga: 13 Manfaat Daun Mint, Meredakan Asma Hingga Depresi

Efek Samping Daun Perilla

Perilla mungkin aman untuk sebagian besar orang, namun mengoleskan ramuan perilla ke kulit dapat menyebabkan reaksi alergi dan ruam pada kulit. Ramuan daun ini juga harus dihindari oleh ibu hamil.

Apabila Anda ingin menggunakan daun ini sebagai bahan makanan, konsumsi sewajarnya dan jangan terlalu banyak. Bila digunakan untuk pengobatan, alangkah baiknya bekonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itu dia berbagai manfaat kesehatan daun perilla yang bisa Anda dapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat! 

 

  1. Anonim. 2022. Perilla. https://www.drugs.com/npp/perilla.html. (Diakses pada 23 September 2022)
  2. Anonim. Health benefits of Perilla. https://www.healthbenefitstimes.com/perilla-2/. (Diakses pada 23 September 2022)
  3. Anonim. Perilla – Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-477/perilla. (Diakses pada 23 September 2022)
  4. Feng, Li-Jun et al. 2011. Hypolipidemic and antioxidant effects of total flavonoids of Perilla Frutescens leaves in hyperlipidemia rats induced by high-fat diet. https://www.researchgate.net/publication/251628886_Hypolipidemic_and_antioxidant_effects_of_total_flavonoids_of_Perilla_Frutescens_leaves_in_hyperlipidemia_rats_induced_by_high-fat_diet. (Diakses pada 23 September 2022)
  5. Willett, Brian. Nutritional Content of Perilla Leaves. https://www.livestrong.com/article/458097-nutritional-content-of-perilla-leaves/. (Diakses pada 23 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi