Terbit: 30 December 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat gangguan hormon insulin. Hingga kini pengobatan kondisi hanya sebatas pada pengendalian penyakit. Selain obat medis, obat berbahan herbal juga bisa digunakan untuk membantu mengontrol kadar gula darah penderita. Apa saja obat alami untuk mengatasi diabetes? Simak daftarnya di bawah ini.

10 Obat Herbal yang Dipercaya Mengobati Diabetes

Ragam Obat Herbal untuk Mengontrol Gula Darah Diabetesi

Penderita diabetes alias diabetesi cenderung memiliki kadar gula darah yang terlampau tinggi. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol asupan makanan harian agar lonjakan gula darah tidak terjadi.

Selain memperbaiki pola makan, ada juga cara alami yang dapat membantu mengontrol gula darah. Beberapa obat alami diabetes tersebut, di antaranya:

1. Kayu Manis

Selain populer, rempah yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti gula alami. Oleh sebab itu, diabetesi bisa mengganti gula biasa dengan bahan alami ini untuk mencegah gula darah naik.

Manfaat kayu manis untuk diabetesi tidak cukup sampai di situ. Penelitian  tahun 2016 menemukan bahwa herbal ini dapat menurunkan gula darah puasa (FPG) dan kadar gula darah rata-rata (HbA1c).

2. Ginseng

Tanaman yang satu ini tidak kalah populer dari kayu manis. Ya, ginseng sudah banyak dikenal sebagai obat diabetes alami.

Kemampuannya untuk mengontrol kadar gula darah sudah diujicobakan pada sejumlah penelitian. Salah satu studi menemukan bahwa berbagai jenis ginseng dapat menurunkan kadar gula darah puasa.

Hanya saja, tinjauan studi yang dimuat dalam buku Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects mengungkap, meskipun ginseng mampu menurunkan kadar gula darah, hasil temuan dinilai tidak konsisten.

Mengetahui fakta tersebut, penelitian lain yang lebih mendalam masih perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitas ginseng sebagai herbal untuk diabetes.

Baca JugaPotensi Manfaat Qusthul Hindi Sebagai Obat Herbal

3. Jahe

Obat herbal untuk diabetes selanjutnya adalah jahe. Tanaman ini memiliki kandungan anti-diabetes sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah.

Selain itu, jahe dapat membantu diabetesi untuk meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan mengurangi oksidasi.

4. Lidah Buaya

Tanaman ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk diabetes di berbagai negara, seperti India dan Arab. Khasiatnya berasal dari kandungan serat larut di dalamnya yang dikenal sebagai glukomanan.

Serat larut tersebut diketahui memiliki efek hipoglikemik sehingga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Selain itu, glukomanan juga dapat merangsang sensitivitas insulin pada diabetesi.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang mudah ditemukan di dapur. Tanaman yang satu ini menyimpan berbagai khasiat untuk tubuh, termasuk bagi penderita diabetes.

Kunyit disebut-sebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah, serta membantunya tetap berada dalam ambang batas normal. Pada akhirnya, hal ini akan membantu diabetesi terhindar dari berbagai risiko kesehatan yang berbahaya.

6. Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman yang memiliki kemampuan dalam mengatasi penyakit metabolik. Pada pengidap diabetes, tanaman herbal ini memberikan efek hipoglikemik (mengurangi gula darah).

Fenugreek bekerja dengan meningkatkan toleransi gula yang masuk ke dalam tubuh, sekaligus menurunkan kadar gula di dalam darah.

Tak hanya itu, tanaman ini mengandung serat yang akan membantu memperlambat proses pencernaan gula dan karbohidrat.

7. Milk Thistle

Tanaman dengan nama latin Silibum marianum ini bisa menjadi salah satu obat herbal untuk diabetes. Hal ini berkat kandungan silymarin di dalamnya.

Silymarin menyimpan konsentrasi antiinflamasi dan antioksidan sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Selain itu, silymarin juga bersifat hipoglikemik sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

8. Gurmar

Gymnema sylvestre atau gurmar adalah tanaman yang telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda (pengobatan tradisional India).

Penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak gurmar dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah, sekaligus meningkatkan sekresi insulin.

9. Jintan Hitam

Jintan hitam atau yang lebih dikenal dengan nama habbatussauda termasuk salah satu obat herbal diabetes. Berbagai penelitian telah membuktikan hal ini.

Salah satu tinjauan penelitian tahun 2016 yang terbit di British Journal of Pharmaceutical Research menemukan bahwa jintan hitam dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Khasiat jintan hitam untuk diabetesi diketahui berasal dari kandungan thymoquinone yang memiliki efek hipoglikemik. Hal ini dikemukakan oleh tinjauan studi dalam jurnal medis tahun 2015.

Baca Juga: Menilik Manfaat Habbatussauda untuk Penderita Diabetes

10. Bawang Putih

Bawang putih sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Manfaat ini diperoleh karena berbagai kandungan di dalamnya yang memberikan efek penting bagi tubuh, seperti antihipertensi, antioksidan, dan antimikroba.

Penelitian tahun 2006 mengungkapkan bahwa bawang putih mentah dapat membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus mencegah aterosklerosis.

Di sisi lain, senyawa belerang yang terkandung di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol berlebihan dan mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif. 

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan tahun 2014, bawang putih diketahui mampu membantu pengobatan penyakit kardiovaskular yang berkaitan dengan diabetes.

Sayangnya, penelitian pada hewan ditemukan lebih konsisten dibandingkan dengan studi klinis. Oleh sebab itu, penelitian lain yang lebih mendalam masih perlu dilakukan.

Kini Anda sudah mengetahui berbagai obat herbal untuk diabetes yang bisa digunakan. Penting diingat, jangan hanya mengandalkan cara tersebut untuk mengontrol kadar gula darah, ya!

Pastikan Anda mengimbanginya dengan penerapan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang sesuai aturan, serta rutin berolahraga. Jangan lupa cek gula darah secara rutin. Semoga bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2019. Herbal and Natural Therapies. https://www.diabetes.co.uk/Diabetes-herbal.html. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  2. Anonim. 2019. Milk Thistle For Type-2 Diabetes: How This Herb Can Help Regulate Blood Sugar Levels In Patients. https://www.ndtv.com/food/milk-thistle-for-type-2-diabetes-how-this-herb-can-help-regulate-blood-sugar-levels-in-patients-1997793. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  3. Anonim. 2022. What is Diabetes? https://www.cdc.gov/diabetes/basics/diabetes.html. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  4. Bamosa, Abdullah O. 2015. A Review on the Hypoglycemic Effect of Nigella Sativa and Thymoquinone. https://www.sjmms.net/text.asp?2015/3/1/2/149649. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  5. Cefalu, William T., dkk. Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92755/. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  6. Frothingham, Scott. 2019. Black Seed Oil for Diabetes: Is It Effective? https://www.healthline.com/health/black-seed-oil-for-diabetes. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  7. Saleem, Uzma, dkk. 2016. How Nigella sativa Seeds Treat Diabetes and Ameliorates Diabetes Complications and Safety Studies: An Overview. http://www.journalrepository.org/media/journals/BJPR_14/2017/Jan/Saleem1432016BJPR30684_1.pdf. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  8. Singh, Manya. 2022. Diabetes Diet: 7 Herbs That Can Help Control Blood Sugar Levels. https://www.ndtv.com/health/diabetes-diet-7-herbs-that-can-help-control-blood-sugar-levels-3498158. (Diakses pada 28 Desember 2022).
  9. Thomson Martha, dkk. 2006. Including Garlic in the Diet May Help Lower Blood Glucose, Cholesterol, and Triglycerides. http://jn.nutrition.org/content/136/3/800S.full.pdf+html. (Diakses pada 28 Desember 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi