Terbit: 22 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Minyak biji anggur (grapeseed oil) memiliki sifat yang mirip dengan minyak sayur atau minyak zaitun yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, minyak ini juga bagus untuk kecantikan kulit. Selengkapnya simak berbagai manfaat minyak biji anggur di bawah ini!

13 Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Gizi Minyak Biji Anggur

Dalam 1 sendok makan minyak biji anggur mengandung sejumlah nutrisi, berikut di antaranya:

  • Kalori: 120.
  • Kalori dari lemak: 122.
  • Jumlah lemak: 14 gram.
  • Lemak jenuh: 1 gram.
  • Asam lemak tak jenuh ganda.
  • Asam lemak omega-6.
  • Asam linoleat.
  • Antioksidan fenolik.
  • Vitamin E.

Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan bahwa minyak biji anggur kaya akan nutrisi; itu berarti ada potensi manfaat kesehatan hingga kecantikan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini berbagai manfaatnya,di antaranya:

1. Antiinflamasi

Kandungan antioksidan di dalamnya bisa membantu mengatasi inflamasi kronis.

Peradangan adalah respons terhadap segala hal mulai dari infeksi hingga kondisi autoimun. Akan tetapi, jika tubuh terbakar karena stres oksidatif atau obesitas, senyawa antioksidan dalam minyak ini dapat membantu peningkatan respons peradangan.

2. Antimikroba

Penelitian di tahun 2019 tentang ekstrak biji anggur—produk yang mirip seperti minyak biji anggur—menyimpulkan bahwa ekstrak ini mampu melawan bakteri, virus, dan jamur.

Perlu diingat bahwa ekstrak biji anggur mungkin lebih manjur daripada dalam bentuk minyak. Ekstraknya tersedia sebagai suplemen, sedangkan minyaknya bisa dikonsumsi dalam jumlah sedikit sebagai bahan memasak.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Minyak biji anggur tinggi kandungan vitamin E dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut telah terbukti membantu mengurangi sel-sel yang rusak akibat radikal bebas dalam tubuh.

Perlindungan tersebut membantu mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Mengganti makanan kadar lemak jenuh tinggi dengan yang mengandung lemak tak jenuh ganda; juga terbukti bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Memudarkan Bekas Luka dan Kerutan

Manfaat minyak biji anggur berikutnya adalah kemampuannya memudarkan bekas luka dan kerutan. Mengutip laman Livestrong, hal ini disebabkan oleh adanya kandungan beta-carotene serta vitamin C, D, dan E.

Tidak hanya itu saja, minyak ini juga dilengkapi dengan beragam asam lemak yang menjadikan kulit tetap kenyal dan sehat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya membantu melembapkan kulit, tetapi sifat antioksidan dari kandungan polyphenol dapat menghancurkan radikal bebas yang menurunkan produksi kolagen, suatu zat yang penting untuk mencegah penuaan sel-sel kulit.

Anda cukup mengoleskan grapeseed oil ke wajah sebelum tidur dan biarkan meresap. Pastikan minyak tidak mengenai mata. Mengoleskan minyak setelah mandi air hangat akan membantunya meresap lebih dalam. Penggunaannya secara rutin akan memberikan hasil yang maksimal.

6. Menstimulasi Kolagen

Manfaat minyak biji anggur juga ampuh dalam mengembalikan kekencangan dan elastisitas kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan oligomeric proanthocyanidins (OPC), yang berfungsi menstimulasi produksi kolagen yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Minyak ini sendiri sudah banyak dijual dalam bentuk minyak esensial maupun jenis-jenis skincare. Maka tidak heran jika hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan khasiatnya.

Kendati demikian, jangan lupa untuk melakukan perawatan lainnya seperti rajin membersihkan wajah dengan produk dan bahan yang tepat.

7. Mencegah Jerawat

Dikarenakan sifat anti-inflamasinya, khasiat minyak biji anggur dipercaya membantu mengatasi jerawat. Minyak ini menggantikan fungsi sebum, zat yang diproduksi secara alami oleh kulit untuk mencegah dehidrasi

Perlu diketahui, sebum adalah yang memberi makan bakteri penyebab jerawat. Setiap jerawat yang menyakitkan atau ruam kulit lainnya dapat diatasi oleh sifat anti-inflamasi dari minyak ini.

8. Melembapkan Kulit

Mengoleskan grapeseed oil sangat bermanfaat jika Anda memiliki kulit kering selama musim dingin atau musim panas.  Minyak ini akan dengan cepat melembapkan kulit kering.

Minyak ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit, jadi tidak akan menyebabkan kulit berjerawat. Vitamin E dan antioksidan di dalamnya mampu mencegah kulit kering.

Kulit yang sangat kering mungkin membutuhkan minyak yang banyak. Minyak biji anggur ini juga bisa dibuat menjadi pasta, memungkinkan dosis yang lebih banyak pada kulit sekaligus.

9. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Meskipun tidak sepenuhnya mengganti krim tabir surya untuk menghindari paparan sinar matahari, manfaat minyak biji anggur telah terbukti memiliki beberapa resistensi terhadap radiasi ultraviolet.

Vitamin E yang terkandung dalam minyak ini juga dapat mencegah peradangan kulit akibat sengatan matahari.

Jenis minyak ini memiliki ketahanan air yang cukup, sehingga bagus untuk kegiatan di dalam air. Namun, cenderung menyerap lebih cepat dalam kulit, sehingga perlu sesering mungkin menggunakannya sebagai tabir surya.

10. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung di bawah mata tidak hanya dialami orang tua, tetapi Anda yang masih muda juga dapat mengalaminya. Hal ini karena gaya hidup seperti stres dan kurang tidur dapat menyebabkan munculnya kantung mata.

Anda dapat mengoleskan minyak biji anggur pada kantung mata untuk membantu menyamarkannya. Selain itu, minyak ini dapat mengatasi garis-garis kulit di sekitar mata.

11. Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark adalah kondisi kulit yang disebabkan karena rusaknya dermis, bagian kulit yang paling tebal. Pertumbuhan yang cepat dan tiba-tiba, seperti pubertas dan kehamilan dapat menyebabkan stretch mark.

Manfaat minyak biji anggur pada kulit stretch mark dapat menyamarkan sampai taraf tertentu, terutama jika Anda sering mengoleskannya.

Mengoleskan minyak ini sebelum kehamilan dapat mencegah dan mengatasi kondisi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan minyak ini  ke dalam bak mandi.

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain mengatasi kulit kering, jerawat, keriput, dan kantung mata, manfaat grapeseed oil juga bisa membantu angiogenesis pada luka—proses di mana kulit menciptakan pembuluh darah baru dan pertumbuhan sel.

Sifat antioksidan dan antibakteri dari minyak ini dianggap bertanggung jawab untuk membantu penyembuhan luka.

Secara keseluruhan, minyak ini menjadi penyembuh luka dermal yang luar biasa. Oleskanlah minyak pada luka hingga sembuh.

13. Mengatasi Ketombe dan Dermatitis

Ketombe yang disertai dengan dermatitis (peradangan kulit) disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang berlebihan, biasanya terjadi akibat tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).

Anda bisa mengatasinya dengan melembapkan kulit kepala, karena kandungan antioksidan dan sifat antibakteri yang ditemukan dalam minyak biji anggur dapat mencegah penumpukan sel-sel kulit mati dengan cepat.

Menggunakan minyak ini untuk ketombe yang parah mungkin akan membutuhkan berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Baca Juga: 10 Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan, Bukan Hanya Lezat Buahnya Saja!

Efek Samping Minyak Biji Anggur

Tidak banyak efek saming yang diketahui dari minyak biji anggur karena telah dianggap sehat dan mirip dengan minyak zaitun. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam terkait manfaat dan risikonya bagi kesehatan.

Adapun efek samping yang parut diwaspadai, di antaranya:

1. Meningkatkan Risiko Kanker

Risiko dari minyak ini adalah bahwa beberapa jenisnya mungkin mengandung Hidrokarbon Aromatik Polisiklik (PAH) tingkat tinggi, yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. PAH telah ditemukan dapat menyebabkan kanker pada beberapa hewan.

2. Meningkatkan Berat Badan

Seperti kebanyakan minyak, minyak biji anggur juga tinggi lemak, dan karena itu jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

Makan makanan berlemak tinggi bisa menyebabkan kenaikan berat badan berlebih yang meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

3. Risiko Lainnya

Grapeseed oil mungkin tidak aman untuk orang dengan kondisi tertentu, termasuk orang yang akan menjalani operasi dan orang yang menggunakan obat pengencer darah, seperti warfarin atau aspirin.

Nah, itulah dia penjelasan tentang berbagai manfaat minyak biji anggur untuk kesehatan dan kecantikan. Bila Anda ingin mendapatkan khasiatnya, akan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2020. Grapeseed Oil: Are There Health Benefits?. https://www.webmd.com/diet/grapeseed-oil-health-benefits. (Diakses pada 22 September 2022)
  2. Beabout, Leandra. 2022. Grapeseed Oil Benefits: The Need-to-Know on this Health and Beauty Oil. https://greatist.com/health/grapeseed-oil-benefits. (Diakses pada 22 September 2022)
  3. Garone, Sarah. 2021. Grapeseed Oil Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/grapeseed-oil-nutrition-facts-and-health-benefits-5097670. (Diakses pada 22 September 2022)
  4. Watson, Kathryn. 2019. Grapeseed Oil for Skin: Benefits and Uses. https://www.healthline.com/health/grapeseed-oil-for-skin#skin-benefits. (Diakses pada 22 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi