Terbit: 10 September 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Tidak sedikit kaum pria yang percaya bahwa khasiat bawang putih dapat memperbesar ukuran penis jika dioleskan secara langsung ke alat vital. Namun, benarkah bawang putih bisa memperbesar penis pria? Simak faktanya di bawah ini!

Oleskan Bawang Putih ke Alat Vital Bisa Memperbesar Penis?

Benarkah Mengoleskan Bawang Putih Memperbesar Penis?

Ukuran alat vital yang kecil kerap membuat pria tidak percaya diri terhadap pasangan seksualnya. Atas alasan itulahbeberapa pria mencoba berbagai cara untuk memperbesar ukuran penis yang dianggap bisa memuaskan pasangan.

Banyak informasi beredar mengatakan, bawang putih adalah salah satu bahan alami yang dipercaya mampu menambah ukuran penis. Caranya hanya dengan mengoleskan bawang putih langsung ke kulit penis.

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan khasiat bawang putih jika dioleskan ke alat vital pria—dalam hal ini memperbesar ukuran penis. Jadi, dapat dikatakan tidak tepat bahwa mengoleskan bawang putih bisa memperbesar alat vital pria.

Mengoleskan bawang putih langsung pada kulit hanya akan memberi efek yang berbahaya pada kulit penis. Menurut penelitian, mengoleskan bawang putih pada kulit dapat menimbulkan sejumlah efek samping, di antaranya:

  • Iritasi.
  • Ruam
  • Reaksi alergi.
  • Melepuh.
  • Zosteriform dermatitis.
  • Urtikaria kontak (pembengkakan dan kemerahan pada kulit).

Selain beberapa efek samping seperti di atas, efek samping yang paling sering terjadi adalah luka bakar. Hal ini karena kulit penis lebih rawan mengalami iritasi karena termasuk anggota tubuh yang sangat sensitif.

Dalam jurnal ilmiah National Center for Biotechnology Information (NCBI) menyebutkan bahwa bawang putih dapat menyebabkan luka bakar kimia yang serius. Beberapa kandungan bahan kimia ini adalah diallyldisulfide, allicin, dan allylpropyldisulfide.

Pada dasarnya penis yang sehat dan normal itu jauh lebih penting ketimbang ukuran penis untuk kepuasan seksual. Untuk itu, jangan berkecil hati apabila memiliki ukuran penis yang kecil.

Perlu Anda ketahui, rata-rata ukuran penis pria adalah 13 sentimeter saat ereksi, ini adalah ukuran yang khas. Sedangkan penis dianggap kecil jika ukurannya di bawah 7,5 sentimeter saat ereksi atau disebut mikropenis.

Jika Anda tergiur dengan berbagai cara memperbesar alat vital pria, termasuk dengan bawang putih, sebaiknya konsultasikan dengan dokter  urologi atau dokter andrologi.

Baca Juga: 6 Cara Memperbesar Penis Secara Alami, Efektifkah?

Manfaat Bawang Putih untuk Seksualitas Pria

Meskipun cara membesarkan alat kelamin pria dengan bawang putih tidak terbukti secara ilmiah, Anda masih bisa memanfaatkan untuk seksualitas. Mengonsumsi bawang putih dipercaya dapat mengatasi permasalahan keperkasaan pria.

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk pria, di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Impotensi

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa manfaat bawang putih untuk penis dapat membantu mencegah terjadinya disfungsi ereksi atau impotensi. Untuk mendapatkan manfaatnya, makan tiga sampai empat siung bawang putih setiap hari.

Jika Anda sudah mengalami masalah ereksi, makan siung bawang putih mentah dapat memberikan perbaikan yang signifikan dalam kurun waktu sekitar tiga bulan.

2. Meningkatkan Jumlah Sperma

Bawang putih mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma. Kandungan allicin dalam bawang putih dapat memastikan jumlah sperma tubuh pria tetap sehat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, konsumsi bawah putih mentah.

Baca Juga: Minyak Lintah Berkhasiat Memperbesar Ukuran Penis, Benarkah?

3. Meningkatkan Libido Pria

Bawang putih tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat meningkatkan gairah seksual Anda. Hal ini karena senyawa allicin yang meningkatkan aliran darah ke organ seksual pria.

Menurut beberapa penelitian, bawang putih bisa membantu meningkatkan aliran darah, yang mungkin bermanfaat untuk mengobati disfungsi ereksi.

Mengonsumsi bawang putih setiap hari selama sekitar satu bulan dipercaya dapat meningkatkan libido.

4. Meningkatkan Kesuburan Pria

Antioksidan dalam bawang purih tidak hanya akan membantu mencegah penyakit kronis, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan seksual dan kesuburan pria.

Bawang putih kaya akan kandungan allicin dan selenium. Allicin dapat meningkatkan sirkulasi darah di organ seksual dan mencegah kerusakan sperma. Sedangkan selenium adalah antioksidan yang membantu motilitas. Agar sperma subur dan sehat, makanlah satu atau dua siung bawang putih per hari.

Meskipun memberikan manfaat untuk seksualitas pria, konsumsi bawang putih sewajarnya dan konsultasikan ke dokter apabila ingin menggunakannya sebagai pengobatan untuk mencegah efek yang tidak diinginkan.

 

  1. Anonim. 2022. Sexual health. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/sexual-health/in-depth/penis/art-20045363. (Diakses pada 9 September 2022)
  2. Keles, M.K. et al. 2015. How fast can a naturopathic medicine cause skin burn? a case report of garlic burn. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4883610/. (Diakses pada 9 September 2022)
  3. Usman, Aiman. 2022. 5 Garlic Benefits For Men – What Are Garlic Benefits For Men’s Sexually?. https://www.marham.pk/healthblog/garlic-benefits-for-men/. (Diakses pada 9 September 2022)
  4. Wells, Diana. 2018. How to Treat Acne and Some Other Skin Conditions with Garlic. https://www.healthline.com/health/garlic-for-acne. (Diakses pada 9 September 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi