Terbit: 29 November 2022
Ditulis oleh: Wulan Anugrah | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu produk yang wajib Anda gunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Agar produk perawatan kulit ini bekerja dengan maksimal, Anda harus menggunakannya berulang. Lantas, sebaiknya reapply sunscreen berapa jam sekali, ya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Jangan Salah, Ini Cara Reapply Sunscreen yang Tepat

Panduan Reapply Sunscreen yang Benar

Anda mungkin sudah tahu bahwa sunscreen memegang peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya mencegah tanda penuaan, penggunaan yang tepat juga bisa mencegah penyakit kanker.

Namun tak jarang, sebagian orang menggunakannya dengan cara yang salah, termasuk tidak mengaplikasikan ulang sunscreen setelah beberapa jam beraktivitas.

Padahal, reapply sunscreen sangatlah penting dilakukan guna memaksimalkan manfaatnya. Jika belum tahu cara menggunakan kembali tabir surya yang tepat, simak panduannya berikut ini:

1. Pilih Produk yang Tepat

Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan dulu produk yang Anda gunakan sudah tepat. Umumnya, dermatolog merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih.

SPF bisa menjadi ukuran kemampuan suatu produk untuk membantu melindungi bagian kulit tertentu dari sinar ultraviolet (UV).

Tak hanya memperhatikan kandungan SPF-nya, Anda juga sebaiknya memilih produk yang antiair dan memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari spektrum yang luas. Ini artinya, sunscreen bisa melindungi Anda dari paparan sinar UVA dan UVB.

Baca JugaPerbedaan SPF dan PA yang Umum Ditemukan di Produk Tabir Surya

2. Pastikan Kulit Wajah Bebas dari Minyak dan Kotoran

Cara reapply sunscreen selanjutnya adalah memastikan bahwa kulit benar-benar bersih. Jadi, sebelum menggunakan ulang tabir surya, pastikan Anda sudah membersihkan wajah terlebih dahulu, ya!

Jangan hanya menggunakan tabir surya pada area wajah. Ingatlah untuk menggunakannya secara merata pada leher, bahu, dan bagian tubuh lainnya yang sulit dijangkau.

Jika kesulitan untuk menjangkau area tersebut, Anda bisa meminta bantuan dari orang lain untuk mengaplikasikannya pada kulit Anda.

Namun, jika produk yang digunakan memiliki SPF 30, tahan air, dan spektrumnya luas; biasanya Anda tidak harus membersihkan wajah lebih dulu sebelum reapply sunscreen.

Bila masih ragu terkait boleh atau tidaknya pakai ulang sunscreen di atas make up, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter kulit.

3. Bersihkan Tangan Sebelum Apply Ulang Sunscreen

Satu hal yang sebaiknya tidak Anda lupakan, cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan kembali tabir surya.

Ingat, ya, meskipun Anda tidak punya kesempatan untuk membersihkan seluruh wajah, pastikan tangan Anda tetap dalam keadaan bersih saat akan apply ulang tabir surya. Cara ini dilakukan untuk mencegah kuman dari tangan berpindah ke kulit wajah. 

4. Gunakan Secukupnya

Perhatikan jumlah tabir surya yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menggunakan secukupnya, tidak kurang ataupun berlebih.

Mengutip American Academy of Dermatology Association, kebutuhan sunscreen orang dewasa biasanya sekitar 25 gram. Jumlah ini sudah lebih dari cukup untuk menutup permukaan kulit tangan dari paparan sinar matahari.

Sementara itu, untuk bagian wajah dan leher, Anda bisa menuangkan sekitar setengah sendok teh atau sebanyak empat hingga lima ruas jari tangan.

Setelah menuangkan dalam jumlah cukup ke telapak tangan, segera oleskan tabir surya ke seluruh tubuh secara menyeluruh. Ingatlah untuk tidak melupakan area yang sulit dijangkau sekalipun, ya!

Baca Juga6 Tips Memilih Sunscreen yang Aman untuk Kulit Anak

5. Tentukan Waktu untuk Reapply

Mungkin Anda bertanya-tanya, reapply sunscreen baiknya berapa jam sekali? Secara umum, tabir surya harus Anda gunakan kembali setiap dua jam, apalagi jika selesai berenang atau beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

Jika Anda gampang lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen, tidak ada salahnya untuk memasang alarm pada gawai.

Selain menggunakan kembali tabir surya setiap dua jam sekali, lakukan beberapa tindakan berikut agar terhindar dari paparan sinar matahari yang mengganggu:

  • Hindari berada di luar ruangan di antara pukul 10.00 – 14.00.
  • Jika aktivitas di luar tidak bisa dihindari, cobalah untuk mengenakan perlindungan ekstra, seperti pakaian lengan panjang, topi, dan kacamata.
  • Sebisa mungkin cari tempat teduh ketika berada di luar ruangan. Bila perlu, Anda bisa menggunakan payung.

Nah, itulah penjelasan seputar cara reapply sunscreen yang tepat. Jangan lupa pilih produk yang sesuai dengan tipe kulit dan kebutuhan kulit Anda, ya!

 

  1. Anonim. 2022. Sun Safety. https://www.cdc.gov/cancer/skin/basic_info/sun-safety.htm. (Diakses 28 November 2022).
  2. Chien, Anna Lien-Lun. Sunscreen and Your Morning Routine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/sunscreen-and-your-morning-routine. (Diakses 28 November 2022).
  3. Lorre, Rose Maura. 2022. Lots of People Apply Sunscreen Wrong. Here’s How to Do It Right. https://www.nytimes.com/wirecutter/blog/how-to-apply-sunscreen/. (Diakses 28 November 2022).
  4. White, Taneasha. 2022. Do You Really Need Sunscreen Every Day? https://www.healthline.com/health/sunscreen-explained. (Diakses 28 November 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi