Terbit: 17 October 2022 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat membuat kulit anak bermasalah. Hal itulah yang membuat orang tua harus menyadari pentingnya penggunaan tabir surya. Lantas, bagaimana tips memilih sunscreen yang tepat untuk anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

6 Tips Memilih Sunscreen yang Aman untuk Kulit Anak

Tips Memilih Tabir Surya yang Tepat untuk Anak

Pada dasarnya, anak yang berusia di atas 6 bulan bisa menggunakan sunblock untuk melindungi kulitnya dari sengatan sinar matahari. Namun, beberapa anak dengan kulit sensitif ada yang alergi terhadap bahan kimia yang terdapat di dalam tabir surya

Berikut tips aman memilih sunscreen untuk anak, di antaranya:

1. Pilih Sunscreen Khusus untuk Anak

Saat memilih tabir surya yang tepat untuk anak, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah membeli sunscreen khusus diperuntukan bagi anak-anak. Itu berarti pilihlah tabir surya yang dengan jelas mengatakan bahwa produk tersebut khusus diperuntukan untuk anak.

Tabir surya khusus untuk anak biasanya terasa lebih lembut di kulit dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit anak.

2. Sunscreen Berbahan Mineral

Tips memilih sunscreen untuk anak berikutnya yang harus orang tua pahami adalah kandungan yang ada di dalamnya. Pilihlah tabir surya dengan kandungan mineral daripada yang berbahan kimia. Menurut Food and Drug Administration (FDA), dua kandungan yang dianggap aman dan efektif adalah seng oksida dan titanium dioksida.

Sementara tabir surya berbahan kimia mungkin mengandung oxybenzone, bahan kimia yang dapat mengganggu hormon. Senyawa ini bisa menimbulkan efek hormonal pada anak. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan pubertas dini.

3. Minimal SPF 30

Hal penting lainnya yang harus orang tua waspadai adalah level SPF (Sun Protection Factor), yaitu pelindung kulit dari sinar ultraviolet B (UVB). Sinar UVB adalah sinar UV yang paling berisiko menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

National Health Service (NHS) merekomendasikan bahwa bayi di bawah usia 6 bulan jangan terpapar sinar matahari terlalu lama.

Baca Juga: Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Mana yang Lebih Baik?

4. Perlindungan UVA dan UVB

Setelah memilih tingkat SPF yang baik, perhatikan apakah yang Anda pilih cakupan spektrum luas, yakni dapat melindungi terhadap sinar ultraviolet A (UVA) dan UVB.

UVA dan UVB adalah dua jenis sinar ultraviolet yang mencapai permukaan bumi. UVA dapat menyebabkan penuaan kulit dan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn) dan berisiko menyebabkan kanker kulit.

5. Sunscreen Krim

Produk tabir surya memiliki beberapa pilihan; dalam bentuk krim, spray, dan bedak. Tips memilih jenis sunscreen yang terbaik untuk anak adalah dalam bentuk krim. Tabir surya krim memungkinkan kulit terlapisi dengan baik dan merata.

Sebaiknya tidak memilih tabir surya dalam bentuk spray dan bedak; karena dapat meningkatkan risiko terhirup.

6. Sunscreen Waterproof

Pilihlah tabir surya yang memiliki kemampuan untuk menahan air 40 sampai 80 menit. Informasi mengenai daya tahan tersebut menunjukkan berapa lama tabir surya tetap efektif ketika berenang atau berkeringat. Itu artinya setelah melewati waktu tersebut, Anda harus mengoleskannya kembali tabir surya.

Baca Juga: 9 Cara Memilih Sunscreen yang Bagus dan Cara Memakainnya

Cara Penggunaan Sunscreen untuk Anak

Setelah memilih sunscreen yang aman untuk ana, langkah selanjutnya adalah bagaimana menerapkannya dengan benar agar memberikan perlindungan yang efektif. Berikut cara menggunakannya:

1. Oleskan Setiap Hari

Gunakan tabir surya tidak hanya saat ke pantai atau cuaca terik. Gunakan kapan pun ketika anak akan berada di luar ruangan. Meski tidak cerah, 80% sinar UV masih menembus kulit.

2. Oleskan Secukupnya

Penggunaan tabir surya biasanya membutuhkan sekitar 28 gram atau setara dua sendok makan untuk menutupi kulit yang terbuka. Sementara untuk anak-anak gunakan lebih sedikit. Jadi, pastikan bagian penting seperti hidung, telinga, leher, tangan dan kaki mendapatkan perlindungan.

3. Menerapkan Lebih Awal dan Sering Diulangi

Oleskan tabir surya 30 menit sebelum anak terpapar sinar matahari dan ulangi proses tersebut setiap satu hingga dua jam—atau lebih cepat—terutama jika anak telah berada di dalam air.

4. Jangan Hanya Mengandalkan Tabir Surya

Meskipun penggunaan tabir surya efektif untuk mengurangi efek paparan sinar UV, penting untuk menghindari aktivitas di luar ruangan selama terik sinar matahari dan berlindung di tempat teduh. Gunakan juga pakaian berlengan panjang dan topi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Nah, itu dia tips aman memilih sunscreen untuk anak dan cara menggunakannya dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 5 Tips For Choosing The Right Sunscreen For Your Child. https://momsandmamas.com/choosing-the-right-sunscreen-for-your-child/. (Diakses pada 17 Oktober 2022)
  2. Anonim. How to choose the best sunscreen for kids. https://www.childrens.com/health-wellness/facts-about-summer-sun-safety. (Diakses pada 17 Oktober 2022)
  3. Anonim. 2021. How to Choose & Use Sunscreen. https://kidshealth.org/en/parents/sunscreen.html. (Diakses pada 17 Oktober 2022)
  4. Bailey, Eileen. 2014. What is Water-Resistant Sunscreen?. https://www.healthcentral.com/article/what-is-waterresistant-sunscreen. (Diakses pada 17 Oktober 2022)
  5. Hartshorn, Jessica. 2022. Baby Sunscreen Guide: Sun Protection Safety Tips. https://www.parents.com/baby/gear/registries-buying-guides/safe-sunscreen/. (Diakses pada 17 Oktober 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi