Terbit: 28 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Olahan daging dengan beragam bumbu dapat membuat rasanya semakin lezat. Hal inilah yang membuat beberapa orang kalap saat mengonsumsinya. Padahal, asupan daging berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol yang pada akhirnya memengaruhi kesehatan jantung. Lantas, bagaimana tips makan daging untuk jantung sehat? Simak penjelasannya di bawah ini.

7 Tips Makan Daging agar Jantung Anda Tetap Sehat

Tips Mengolah Daging yang Sehat untuk Jantung

Jika Anda tetap ingin memakan daging tanpa rasa khawatir, berikut tips yang penting untuk Anda lakukan, di antaranya: 

1. Pilih Daging dengan Sedikit Lemak

Daging rendah lemak yang bisa Anda jadikan pilihan terbaik untuk jantung antara lain; daging ayam, ikan salmon, dan tuna

Selain itu, jika Anda ingin mengonsumsi daging merah, pastikan untuk membatasi porsinya. Pilihlah potongan daging yang tepat, setidaknya 93% tanpa lemak; seperti potongan lean cut, bagian has dalam (tenderloin), has luar (sirloin), dan T-bone dengan kadar lemak yang paling sedikit. 

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, daging sapi tanpa lemak dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, kolesterol dan tekanan darah tinggi.  

2. Perhatikan Porsi dan Waktu Makan

Konsumsi daging merah sebaiknya dibatasi, sebaiknya tidak lebih dari 350 gram per minggu. Namun, Anda tetap direkomendasikan konsumsi daging minimal 100 gram per minggu. Itu artinya Anda masih makan daging 2-3 kali setiap minggunya.

Baca Juga: Mengenal Flexitarian, Diet Semi-Vegetarian Tapi Boleh Makan Daging

3. Olah Daging Dengan Cara yang Lebih Sehat

Agar risiko penyakit jantung dapat diminimalisir, sebaiknya mengonsumsi daging yang diolah secara direbus atau di panggang.  

Hindari olahan daging dengan minyak berlebih. Bila memang harus menggunakan minyak, pastikan menggunakan minyak zaitun. Untuk menambah rasa gurih tambahkan rempah-rempah, hindari menggunakan santan. 

4. Mengurangi Porsi Garam 

Tips makan daging untuk jantung sehat selanjutnya yakni usahakan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam pada hidangan daging Anda. Konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan risiko naiknya tekanan darah dan berisiko meningkatkan masalah jantung.

5. Perbanyak Porsi Sayuran

Konsumsi daging dalam jumlah banyak tidak hanya berdampak pada kolesterol tinggi, tetapi juga bisa menimbulkan gangguan pada usus dan saluran pencernaan lainnya. 

Oleh karena itu, makan daging juga perlu diimbangi dengan asupan sayuran. Akan lebih baik jika tidak menjadikan daging sebagai makanan pendamping. Contohnya, tambahkan irisan daging ke dalam semangkuk salad atau semangkuk krim sup yang terbuat dari sayuran. 

Baca juga: Mudah Dibuat, Inilah 10 Menu Makanan Sehat untuk Jantung

6. Dibarengi Dengan Konsumsi Buah 

Setelah atau sebelum makan daging, pastikan tubuh mendapat asupan serat yang cukup dari buah. Beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi yaitu alpukat, jeruk, atau apel. 

Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan mencegah penumpukan kolesterol jahat. Sedangkan zat beta glucan yang terkandung dalam buah apel mampu mengontrol produksi kolesterol dalam darah. 

7. Menambahkan Biji-bijian atau Gandum 

Biji-bijian utuh adalah sumber serat dan nutrisi yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. 

Anda dapat menggunakan biji-bijian utuh seperti quinoa, barley, atau gandum sebagai sumber karbohidrat pada hidangan daging.

Nah, itulah berbagai tips makan daging agar jantung Anda tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat.

 

  1. Anonim. 2022. Heart-Healthy Diet: 8 Steps to Prevent Heart Disease. https://www.german-heart-centre.com/news/heart-healthy-diet-8-steps-to-prevent-heart-disease/. (Diakses 25 November 2022) 
  2. Anonim. 2021. Heart-Healthy Foods: Shopping List. https://health.gov/myhealthfinder/health-conditions/heart-health/heart-healthy-foods-shopping-list. (Diakses pada 25 November 2022) 
  3. Anonim. 2022. Lean Beef as Part of a Heart-Healthy Lifestyle. https://www.beefitswhatsfordinner.com/nutrition/beef-and-heart-health. (Diakses pada 25 November 2022) 
  4. Anonim. 2022. Heart-Healthy Foods: Shopping List. https://health.gov/myhealthfinder/health-conditions/heart-health/heart-healthy-foods-shopping-list. (Diakses pada 25 November 2022) 
  5. Nickie Hursthouse. 2022. Is Meat Good for You?. https://www.heartfoundation.org.nz/wellbeing/healthy-eating/nutrition-facts/is-meat-good-for-you. (Diakses pada 25 November 2022)
  6. Robin Madell. 2022. The Best Proteins for Your Heart. https://www.healthline.com/health/heart-disease/heart-healthy-proteins. (Diakses pada 25 November 2022) 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi