Terbit: 30 September 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Jantung adalah salah satu organ paling penting di dalam tubuh. Agar organ ini bekerja sesuai dengan fungsinya, Anda tentu harus selalu menjaganya tetap sehat. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung yang tepat? Simak dalam ulasan berikut!

Penting, Inilah Sejumlah Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Tips untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung senantiasa harus dijaga agar fungsinya tetap optimal. Jika organ ini mengalami gangguan, ada sejumlah penyakit yang berisiko terjadi, seperti jantung koroner, gagal jantung, gangguan irama jantung, henti jantung, dan lain-lain.

Penyakit yang menyangkut organ ini tidak boleh disepelekan. Pasalnya, jantung memiliki peran yang sangat besar bagi tubuh, khususnya dalam distribusi darah ke seluruh tubuh.

Berikut ini adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung:

1. Jaga Asupan Makanan

Tips yang pertama adalah dengan menjaga asupan makanan. Pilih makanan dengan gizi seimbang dan perbanyak asupan serat untuk menjaga kadar kolesterol dan gula dalam darah.

Jangan lupa juga untuk menjaga asupan air putih agar tubuh terhidrasi dan organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

Sebaliknya, hindari makanan dengan kandungan lemak berbahaya karena dapat meningkatkan kolesterol. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh merupakan salah satu pemicu gangguan jantung.

Selain itu, hindari juga makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi karena dapat menyebabkan kenaikan gula darah

2. Rutin Berolahraga

Selain menjaga asupan makanan, olahraga rutin juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang bisa mulai Anda lakukan. Olahraga berguna untuk melatih jantung agar dapat tetap berfungsi dengan baik.

Idealnya, olahraga dilakukan selama 30 menit, paling tidak lima kali dalam seminggu. Anda bisa memulai kebiasaan dengan olahraga yang ringan seperti berjalan, joging, atau bersepeda.

Baca JugaTelapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung? Cek di Sini!

3. Atur Pola Tidur

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya adalah dengan menjaga pola tidur. Tidur yang cukup dapat menjaga tubuh bekerja lebih baik, termasuk juga melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung.

Mengatur pola tidur dapat membantu Anda tidak hanya terhindar dari penyakit jantung, tapi juga banyak gangguan tubuh lainnya.

Selain mendapatkan tidur yang cukup, pastikan juga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan ikut berkontribusi terhadap kesehatan jantung Anda. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Seperti yang Anda ketahui, berat badan berlebih dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, termasuk penyakit jantung.

Cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan berat badan yang ideal yaitu dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Jika belum mengetahui apakah berat badan Anda tergolong ideal atau belum, hitung saja menggunakan kalkulator BMI (body mass index).

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulailah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Pasalnya, keduanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Merokok dan mengonsumsi alkohol mungkin sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang sulit untuk dilepaskan bagi sebagian orang. Namun, berusahalah untuk menjauhi kebiasaan ini agar kesehatan jantung senantiasa terjaga.

6. Kelola Stres dengan Baik

Cara menjaga jantung sehat berhubungan dengan cara Anda mengelola stres. Penting untuk diketahui, stres yang dialami tidak hanya memengaruhi psikologis, melainkan juga fisik.

Saat sedang stres, tubuh bisa mengalami sejumlah gejala, seperti sakit perut, sakit kepala. otot tegang, dan insomnia. Tak hanya itu, secara tidak langsung stres yang tidak ditangani dengan baik juga berisiko menyebabkan penyakit jantung.

Perlu Anda ketahui, stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Kondisi ini merupakan cikal bakal munculnya risiko serangan jantung dan stres.

Stres juga dapat ikut menambah faktor risiko seseorang terkena masalah kardiovaskular, terutama jika orang tersebut memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok dan tidak aktif bergerak.

7. Jangan Sepelekan Gejala

Jangan pernah menyepelekan gejala penyakit, sekecil apa pun itu, apalagi jika hal ini berhubungan dengan jantung Anda.

Jika merasakan gejala seperti nyeri dada atau jantung berdebar, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Ingatlah, gejala yang hanya muncul sebentar, kemudian hilang dengan cepat bukan berarti tidak berbahaya.

Baca Juga10 Tanda Jantung Sehat dan Minim Risiko Penyakit

8. Periksakan Diri Secara Rutin

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang tak kalah penting adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Pasalnya, beberapa jenis penyakit kemungkinan tidak bergejala sehingga baru diketahui setelah kondisinya sudah parah.

Maka dari itu, untuk meminimalkan efek buruk yang dapat terjadi, lakukan pemeriksaan rutin. Periksakan tekanan darah dan kolesterol Anda untuk mengontrol keduanya.

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi merupakan dua penyebab utama seseorang memiliki penyakit jantung.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga jantung tetap sehat. Perhatikan sejumlah tips di atas, terutama bagi Anda yang berisiko besar mengalami masalah jantung. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2020. Chronic Stress Can Cause Heart Trouble. https://www.heart.org/en/news/2020/02/04/chronic-stress-can-cause-heart-trouble. (Diakses pada 30 September 2022).
  2. Anonim. 2019. 5 Things to Do Every Day to Keep Your Heart Healthy. https://health.clevelandclinic.org/5-things-to-do-every-day-to-keep-your-heart-healthy/. (Diakses pada 30 September 2022).
  3. Anonim. 2021. Heart. https://my.clevelandclinic.org/health/body/21704-heart. (Diakses pada 30 September 2022).
  4. Anonim. 2022. Keep Your Heart Healthy. https://health.gov/myhealthfinder/health-conditions/heart-health/keep-your-heart-healthy/. (Diakses pada 30 September 2022).
  5. Hellicar, Lauren. 2022. How to Improve Heart Health. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-improve-heart-health. (Diakses pada 30 September 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi