Terbit: 2 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Aloisia Permata Sari Rusli

Kiwi adalah salah satu jenis buah yang cukup populer. Tak hanya rasanya yang enak, kiwi juga kaya akan vitamin C dan serat. Maka tak heran, konsumsi buah ini mendatangkan khasiat tersendiri untuk tubuh. Simak berbagai manfaat buah kiwi bagi kesehatan di bawah ini.

Tak Disangka, Ini 13 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Manfaat Konsumsi Buah Kiwi

Berkat sejumlah kandungan nutrisi di dalamnya, buah ini disebut-sebut baik untuk menjaga kesehatan jantung hingga kesehatan pencernaan. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan di dalam buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Perlu diketahui, tekanan darah yang stabil dapat mengurangi berbagai risiko penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular, misalnya penyakit jantung dan stroke.

Tak hanya itu, kiwi juga tinggi akan kandungan serat sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein). Penurunan jenis kolesterol ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Perlu diketahui, kolesterol tinggi berhubungan dengan aterosklerosis. Ini adalah kondisi ketika arteri jantung mengeras.

Baca Juga13 Manfaat Buah Matoa, Melawan Infeksi Bakteri hingga Virus

2. Melawan Radikal Bebas

Antioksidan dalam buah kiwi dapat membantu menangkal radikal bebas yang pada akhirnya menurunkan stres oksidatif.

Penting diketahui, stres oksidatif bisa memicu berbagai masalah kesehatan, misalnya masalah neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa suplemen kiwi dapat membantu DNA untuk memperbaiki diri sendiri setelah diberikan peroksida. Dengan begitu, buah ini dianggap dapat mencegah penyakit terkait kerusakan DNA.

3. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Manfaat buah kiwi ini berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C dapat merangsang sistem imun tubuh Anda. Faktanya, kiwi mengandung sekitar 230 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan zeaxanthin dan lutein di dalam buah kiwi berfungsi sebagai antioksidan untuk membentuk vitamin A. Seperti diketahui, vitamin ini merupakan salah satu nutrisi penting untuk mata karena dapat menurunkan risiko katarak dan berbagai penyakit mata lainnya.

Tak hanya itu, buah berwarna hijau ini mengandung tembaga. Nutrisi ini penting untuk mendukung sistem saraf yang akan menunjang fungsi mata.

5. Mengobati Asma

Siapa yang sangka, manfaat buah kiwi juga bisa dirasakan penderita asma, lho. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C dianggap mampu mengurangi gejala mengi pada pasien asma, terutama pada anak-anak.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah ini secara teratur mengalami peningkatan fungsi paru-paru.

Baca Juga10 Manfaat Buah Bilberry bagi Kesehatan

6. Mencegah Pembekuan Darah

Manfaat lain dari buah kiwi adalah membantu mencegah terjadinya pembekuan darah dan mengatur tekanan darah. Buah ini bekerja dengan mengurangi jumlah lemak di dalam darah.

Penelitian menemukan bahwa konsumsi 2-3 buah kiwi dalam satu hari dapat menggantikan fungsi aspirin sebagai pengencer darah, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung dalam periode waktu tertentu.

Aspirin sendiri biasa digunakan sebagai obat untuk mencegah masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular. Sayangnya, penggunaan secara terus-menerus menyebabkan peradangan dan ulkus di saluran pencernaan.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Penelitian tahun 2011 melaporkan bahwa kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur orang dewasa yang mengalami masalah tidur.

Para peneliti menduga bahwa manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan serta serotonin yang terkandung di dalamnya.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil diperoleh dari kandungan folat di dalam buah ini. Nutrisi penting bagi kehamilan ini terkandung sekitar 17.2 mikrogram atau lebih dari 4 persen kebutuhan harian orang dewasa.

Wanita hamil harus mengonsumsi folat tambahan untuk melindungi janin dari berbagai masalah perkembangan, misalnya kelainan tabung saraf.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah kiwi memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi. Nutrisi ini merupakan komponen penting dalam sintesis kolagen dalam tubuh.

Konsumsi kiwi dapat membantu menghidrasi kulit dan membuat struktur kulit terjaga. Alhasil, kulit Anda akan tampak lebih sehat.

10. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan rambut hadir berkat kandungan zinc di dalamnya. Kandungan ini membantu membentuk dan memperbaiki jaringan rambut, seta memastikan bahwa kelenjar minyak di sekitar folikel bekerja dengan lancar.

Oleh sebab itu, konsumsi buah kiwi secara tidak langsung dapat membantu mencegah rambut rontok.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kiwi mengandung air dan serat yang cukup tinggi, tetapi rendah akan kalori. Oleh sebab itu, buah ini bisa Anda tambahkan ke dalam menu makanan saat menjalani program diet. Anda bisa menjadikan buah ini sebagai camilan sehat atau mengolahnya menjadi smoothie.

Baca JugaManfaat Buah Gowok, Buah Langka Kaya Vitamin

12. Menjaga Kesehatan Tulang

Konsumsi kiwi dianggap baik untuk kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan vitamin K dan sedikit kalsium serta fosfor di dalamnya.

Asupan vitamin K yang cukup dapat membantu mencegah osteoporosis. Tak hanya itu, vitamin ini juga ikut berperan penting dalam pembekuan darah.

13. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat buah kiwi adalah menjaga kesehatan pencernaan. Khasiat ini hadir berkat kandungan kaya serat makanan di dalamnya yang bisa membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Selain serat, buah ini juga mengandung enzim aktinik yang berfungsi memecah protein di dalam usus.

Sebagai catatan, setelah mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, kiwi dapat membantu memecah protein dari makanan yang dikonsumsi sehingga Anda akan terbebas dari perut kembung.

Nah, itulah sederet manfaat buah kiwi yang bisa Anda dapatkan. Mulai sekarang, jangan ragu menambahkan buah buah ini dalam menu makanan Anda, Teman Sehat!

 

  1. Anonim. 2022. Health Benefits of Kiwi. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-kiwi. (Diakses pada 1 November 2022).
  2. Bansal, Sonali. 2021. Life Isn’t Perfect But Your Hair Can Be! Here’s How Zinc Can Help. https://www.healthshots.com/beauty/hair-care/benefits-of-zinc-for-hair/. (Diakses pada 1 November 2022).
  3. Hatanaka, Miho. 2019. What Are the Health Benefits of Kiwifruit? https://www.medicalnewstoday.com/articles/271232. (Diakses pada 1 November 2022).
  4. Kubala, Jillian. 2022. 4 Health Benefits of Kiwi. https://www.healthline.com/nutrition/kiwi-benefits. (Diakses pada 1 November 2022).
  5. Nutritious Life Editors. 5 Beauty-Boosting Foods for Healthy Hair. https://nutritiouslife.com/nurture-yourself/5-beauty-boosting-foods-for-healthy-hair/. (Diakses pada 1 November 2022).
  6. Patel, Hiral. 2022. Kiwi Fruit – Benefits, Nutrition & Kiwi for Weight Loss. https://www.healthifyme.com/blog/kiwi-fruit-benefits/. (Diakses pada 1 November 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi