Terbit: 14 December 2019 | Diperbarui: 14 December 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi nutrisi harian adalah dengan minum susu. Jenis susu tidak populer yang bisa Anda konsumsi adalah susu unta. Apa saja manfaat minum susu unta bagi kesehatan? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

5 Manfaat Susu Unta, Tingkatkan Fungsi Otak hingga Imunitas Tubuh

Susu Unta dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Susu unta diketahui memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, seperti natrium, potasium, zat besi, tembaga, zinc, magnesium, dan vitamin C. Selain itu, susu ini juga memiliki kandungan kolesterol dan gula yang rendah. 

Berikut adalah beberapa manfaat susu unta untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Susu unta mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi dalam bentuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, dan zinc. Antioksidan ini membantu dalam mengurangi tingkat stres oksidatif dalam tubuh, yang menjadi penyebab dari penyakit neurologis.

Beberapa orang tua yang memiliki anak autisme mengaku bahwa susu unta dapat membuat autisme dan kondisi kelainan perilaku lain pada anak menjadi lebih baik. 

Selain itu, susu unta juga diketahui dapat memiliki manfaat untuk penyakit neurodegeneratif lain, seperti Parkinson dan Alzheimer.  

Baca JugaApa Saja Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Hamil? Cek di Sini

2. Aman Bagi Orang dengan Alergi Susu Sapi

Intoleransi laktosa (lactose intolerance) merupakan kondisi umum yang terjadi akibat kurangnya enzim laktase. Enzim ini diperlukan untuk mencerna laktosa, yang merupakan gula dalam susu. 

Oleh sebab itu, orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami kembung, diare, dan nyeri perut setelah konsumsi susu sapi.

Susu unta diketahui memiliki jumlah laktosa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi, sehingga susu ini lebih bisa diterima oleh orang dengan lactose intolerance.

Selain itu, susu unta juga diketahui memiliki profil protein yang berbeda dengan susu sapi dan lebih bisa ditoleransi oleh seseorang yang memiliki alergi susu.

3. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Susu unta memiliki kandungan selenium dan zinc, dua kombinasi mineral terbaik untuk memelihara kesehatan pencernaan. Kedua mineral ini memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu, mineral ini dapat membantu meregulasi mikroflora dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Susu unta juga diketahui memiliki kandungan bakteri asam laktat di dalamnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam susu unta mentah terdapat bakteri asam laktat dan efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit, seperti Staphylococcus aureus.  

Pencernaan yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat karena lebih banyak nutrisi yang terserap ke dalam darah. Kondisi ini membuat tubuh menghasilkan lebih banyak vitamin K2 dan vitamin B. 

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Susu unta diketahui dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang menderita diabetes melitus tipe 1 dan 2. 

Susu ini memiliki protein yang menyerupai insulin, sehingga mampu memberikan efek anti-diabetes. Insulin merupakan hormon yang membantu regulasi kadar gula dalam darah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang konsumsi 500 ml susu unta mengalami peningkatan sensitivitas insulin jika dibandingkan dengan seseorang yang konsumsi susu sapi.  

Ketika sensitivitas insulin meningkat, maka sel tubuh dapat memakai gula dalam darah secara lebih efektif. Dengan demikian, kadar gula dalam darah akan menurun.

Baca Juga: Manfaat Minum Susu sebelum Berolahraga Ternyata Baik untuk Tubuh

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Susu unta mengandung komponen aktif yang dapat membantu melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Komponen aktif ini adalah lactoferrin dan immunoglobulin, yang memiliki sifat penambah kekebalan tubuh. 

Lactoferrin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan. Komponen aktif ini akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit seperi E. coli, S. aureus, dan C. albicans

Selain itu, whey protein dalam susu unta mampu bertindak dalam melawan organisme berbahaya pada susu. Nutrisi ini juga memiliki kemampuan dalam membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Nah, itulah berbagai manfaat susu unta untuk kesehatan. Meskipun diketahui memiliki banyak khasiat, tetapi susu ini termasuk mahal jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya. 

Jika Anda ingin mencoba susu unta tetapi sulit menemukannya dalam bentuk segar, Anda dapat mencobanya dalam bentuk beku atau bubuk. 

 

  1. Edalati, E, et al. 2019. Isolation Of Probiotic Bacteria From Raw Camel’s Milk And Their Antagonistic Effects On Two Bacteria Causing Food Poisoning. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6317326/. (Diakses pada 13 Desember 2022). 
  2. Ejtahed, Hanieh Sadat, et al. 2015. Effect of Camel Milk on Blood Sugar and Lipid Profile of Patients With Type 2 Diabetes: A Pilot Clinical Trial. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4338669/. (Diakses pada 13 Desember 2022). 
  3. Galali, Yaseen dan Al-Dmoor, Hanee M. 2019. Miraculous Properties of Camel Milk and Perspective of Modern Science. https://clinmedjournals.org/articles/jfmdp/journal-of-family-medicine-and-disease-prevention-jfmdp-5-095.php?jid=jfmdp. (Diakses pada 13 Desember 2022).
  4. Lilis, Charlotte. 2022. 4 Natural Ways To Improve Insulin Sensitivity. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323027. (Diakses pada 13 Desember 2022).
  5. Panoff, Lauren. 2019. 6 Surprising Benefits of Camel Milk (And 3 Downsides). https://www.healthline.com/nutrition/camel-milk-benefits. (Diakses pada 13 Desember 2022).


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi